Parjiati (zainal arifin)

Belum menuliskan informasi profilenya.

Selengkapnya
Navigasi Web
Situs Ratu Boko

Situs Ratu Boko

Menikmati keindahan sunset dan lanskap Kota Yogyakarta di situs Ratu Boko, situs Keraton kuno era Mataram Hindu secara administratif masuk wilayah Kabupaten Sleman, DIY. Situs Ratu Boko berada di daerah perbukitan bernama Bukit Boko yang terletak di ketinggian 110-229 m di atas permukaan air laut.

Situs Ratu Boko merupakan salah satu situs permukiman dari masa klasik di Jawa, yang mengandung beragam tinggalan. Situs permukiman kuno seluas 25 hektar itu memilik ragam tinggalan berupa gapura, batur, talud, kolam, dan gua. Situs Ratu Boko ditemukan pertama kali oleh van Boeckholtz pada tahun 1790. Pada tahun 1814 Makenzie, Junghun, (1884), dan Brumund (1854) melakukan pencatatan terhadap tinggalan-tinggalan di situs tersebut. Pada tahun 1915 F.D.K Bosch juga melakukan observasi di Situs Ratu Boko. Ia menyimpulkan bahwa Situs Ratu Boko

merupakan sebuah keraton.

Riwayat pendirian dan penggunaan bangunan di Situs Ratu Boko dapat diketahui dari isi sejumlah prasasti yang telah ditemukan di situs tersebut. Berdasarkan sumber prasasti daerah ini pada masa lalu bernama Walaing. Prasasti tertua yang ditemukan berangka tahun 792 M, berisi tentang peringatan pendirian Abhayagiriwihara oleh Rakai Panangkaran.

Source: http://kebudayaan.kemdikbud.go.id/bpcbjateng/candi-lumbung-2/

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Mantap ulasannya, bun. Salam kenal!

18 Jul
Balas



search

New Post