Yayu Arundina

Saya adalah guru Bahasa Indonesia di SMP Negeri 1 Cimahi. Suka juga ikut-ikutan acara blogger dan motret untuk refreshingnya. Menikmati hidup itu favorit...

Selengkapnya
Navigasi Web
Pecahnya Teka-teki AKM
Konsentrasi guru saat menjawab soal-soal AKM

Pecahnya Teka-teki AKM

Hai Sobat Yayu Arundina, kita ngobrol lagi yuuuk. Kali ini, kita ngobrol tentang AKM. Ada yang belum tahu AKM? AKM itu adalah Asesmen Kompetensi Minimum. Sebuah bentuk ujian yang akan menggantikan UNBK. Rencananya tahun depan, siswa kelas 8 akan menjalankan AKM dan survey karakter.

Tadi pagi, saya dan teman-teman melaksanakan percobaan tes AKM ini. Ujian berlangsung selama kurang lebih dua jam pelajaran alias sekitar 90 menit.

Bentuk soalnya dibagi dua. Pertama, soal-soal AKM sebanyak 9 buah. Kedua, survey dalam bentuk soal juga. Pengerjaan ujian ini dibuat dalam dua sesi juga secara berkesinambungan. Selesai soal pertama, tutup soal. Lanjut ke soal yang kedua.

Kesan awal saya tentang soal ini adalah mirip dengan soal cerita zaman SD dulu. Soalnya panjang-panjang, lebih panjang daripada soal-soal UNBK Bahasa Indonesia.

Seperti yang diberitakan, soal-soal AKM ini lebih fokus untuk mengembangkan kemampuan literasi dan numerasi. Soal-soalnya bersifat aplikatif. Bahkan, ada loh yang sesuai dengan hobi para kaum hawa, yaitu diskon belanja 😆

Nah, jadi buat kalian yang akan naik ke kelas 8 nanti, saatnya lebih serius dalam meningkatkan kemampuan literasi dan berhitung.

Salam

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Alhamdulillaah..jadi lega

04 Mar
Balas



search

New Post