Yudi Aryanto

Sebab menulis salah satu usaha memotret kehidupan..........

Selengkapnya
Navigasi Web
Bermain Belajar Bersosialisasi (2)
Ilustrasi: Yudi Aryanto

Bermain Belajar Bersosialisasi (2)

Bermain: Belajar Bersosialisasi (2)

Ketika bermain dilihat sebagai kebutuhan, maka ketika itu pulalah sebenarnya anak belajar banyak dari lingkungannya. Artinya, selama ia dapat bermain di luar rumah, di sekolah, dan di ruang terbuka hijau, ia akan dapat lebih mengenal teman atau orang lain yang ada di sekelilingnya. Selain itu, jalinan komunikasi yang intens dapat memperluas wawasan anak.

Peran orang tua di dalam pendampingan pada saat bermain juga tidak kalah penting. Dalam hal ini orang tua tetap mengawasi dan mengarahkan serta mengajari hal-hal yang baru, seperti berkenalan, bersikap santun, mengajarkan makna antre (bergiliran) di suatu pusat perbelanjaan, bersikap hormat, bekerja sama, dan sebagainya. Dengan adanya pendampingan yang hangat, tentu saja anak akan merasakan kenyamanan dan kebahagiaan.

Bermain menjadi sarana belajar bersosialisasi dengan cara 'trial and error'. Mereka dikenalkan konsep bahwa belajar itu merupakan upaya yang dilakukan tidak dalam sekali waktu untuk mengarah kepada keberhasilan. Sebaliknya, setiap upaya pastilah menemui "kegagalan", yang pada intinya bisa dijadikan sebagai bahan pembelajaran. Inilah poin penting yang ingin dicapai ketika bermain. Pada waktunya anak bisa mengatasi kesulitan yang dia hadapi kelak.

Bersambung

Batununggal Indah, 3 Agustus 2022 11:14

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Ulasan yang bermakna. Mengajarkan tentang karakter yang harus dimiliki anak sejak dini. Salam sehat Pak Yudi.

03 Aug
Balas



search

New Post