ZUYYINAH

Sebaik-baik manusia adalah yang bermanfaat bagi manusia lainnya, itulah mottonya. Lahir di Kudus 9 Januari 1964. Sebagai anak pertama dari delapan bers...

Selengkapnya
Navigasi Web
GARANG ASEM SARI RASA KUDUS, MAK NYUS

GARANG ASEM SARI RASA KUDUS, MAK NYUS

Hemmm..... baru melihat fotonya langsung “mak nyus”. Apalagi kalau mencoba langsung, uenak pedes, mantap.

Itulah “Garang Asem Sari Rasa Kudus”. yang berada di Jl. Raya Agil Kusumadya No 20 Jati Kulon Kudus, tepat di depan Gedung Jamaah Haji Kudus (JHK). Atau di depan Polres Kudus di Jl. Raya Kudus-Pati km 10 Klaling Jekulo Kudus Jateng.

Sebutan kota Kudus di antaranya: kota Santri, kota Kretek, dan kota Wali. Kudus juga menjadi tempat tujuan para peziarah wali sembilan yaitu sunan Muria dan sunan Kudus dengan Menara Kudusnya. Hasil industri yang terkenal adalah jenang Kudus, batik Kudus, dan bordir Kudus.

Kota Kudus juga menyimpan kuliner enak dan unik yaitu soto Kudus, garang asem Kudus, lentog tanjung dan sate kerbau. Yang pasti, saat melewati kota kecil di jalur pantura ini, silakan untuk mencoba satu kuliner khas Kudus, yaitu garang asem Sari Rasa Kudus.

Garang asem Sari Rasa Kudus memilih ayam kampung, bukan ayam broiler, sebagai bahan utama pembuatan garang asem. Garang asem ayam kampung membuat cita rasa jadi lebih nikmat, sedap, dan wangi. Daging ayam kampung memang cenderung lebih alot ketimbang ayam broiler, tetapi rasanya mantap habis. Jika anda ingin menikmati garang asem yang paling nikmat di kota ini, cobalah mampir ke Rumah Makan Sari Rasa Kudus!

Nama garang asem ini merujuk pada rasa dan cara memasaknya. Dikukus bisa juga disebut digarang (dalam bahasa jawa), yang berarti dipanaskan. Makanan ini memiliki cita rasa asam (berasal dari potongan tomat segar dan belimbing wuluh), maka jadilah nama garang asem.

Kuliner garang asem ini memiliki cita rasa asam, pedas, gurih, dan segar. Bahan pembuatan garang asem yang terdiri potongan ayam kampung, garam, gula, bawang merah, bawang putih, blimbing wuluh, tomat, dan cabai, dibungkus dalam daun pisang, kemudian dikukus hingga matang. Proses memasaknya membutuhkan waktu sekitar satu setengah jam lamanya.

Garang asem Sari Rasa Kudus, selalu menggunakan ayam kampung yang dikenal lebih gurih cita rasanya. Ada tiga pilihan garang asem yaitu garang asem ayam (daging), garang asem jeroan, dan garang asem ceker. Ketiga-tiganya sama-sama menggiurkan, hemmm.

Saat bungkusan daunnya dibuka, aroma bumbu bisa langsung tercium. Uniknya, meski menggunakan ayam kampung, dagingnya empuk. Penyajiannya dalam keadaan panas dan baru diangkat dari kukusan. Maka dari itu, untuk bisa mendapatkan garang asem yang dipesan, membutuhkan beberapa menit menunggu.

Nasi garang asem akan bertambah nikmat, apabila kita juga memesan es timun suri yang dingin. Pelayan akan keluar membawa gerobak meja untuk mengantarkan pesanan.

Nah, untuk menghilangkan rasa penasaran dengan cita rasa garang asem Sari Rasa Kudus ini, silakan datang dari jam tujuh pagi sampai jam sembilan malam. Satu porsi garang asem ini, harganya sekitar 30 ribu rupiah.

Ayolah sobat, tetap semangat untuk menulis artikel dengan tema "Makan Enak, Murah Sehat" dari Ceo Mediaguru Indonesia Bapak Muhammad Ihsan, semoga bermanfaat untuk kesemuanya dan untuk diri kita terutama yang menjadikan kita semakin bersemangat dalam berkiprah mengikuti Lomba Menulis Gurusiana MediaGuru Periode Juli 2022, dengan harapan menjadikan inspirasi bagi guru-guru di negeri Indonesia tercinta ini.

"Kuliner tradisional Indonesia" pokoknya benar-benar nikmat dapat menumbuhkan semangat menulis para Guru Penulis Indonesia yang sangat mengagumkan. Ayolah para guru Indonesia tetap “Semangat”, jangan lupa “Hati Senang, Nyaman, Aman, dan Tentunya Bahagia!”

Keren hebat Guru Penulis Indonesiaaa...! Alhamdulillaah, Barakallaah.

Semoga bermanfaat!

Kudus, 20 Juli 2022

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Semoga bisa berkunjung ke sini mbakyu. Sekalian menjajal kuliner khas Kudus.. Sukses selalu

21 Jul
Balas

Ayo dik ke Kudus, sekaliyan mampir ke gubug kami, sehat dan sukses selalu ya dik

21 Jul

Alhamdulillaah, segala puji hanya bagi Allah

20 Jul
Balas

Barakallaah semuanya

20 Jul

Kuliner yang enak bunda

21 Jul
Balas

Alhamdulillaah, Barakallaah bu Sofiawati, sukses selalu

21 Jul

Waduh serasa melewati tenggorokkkkkk yummy

20 Jul
Balas

Ayo bu Andi ke Kudus ya, sehat dan sukses selalu ya bu

21 Jul

Pasti mantap rasa garang asemnya Bu Zuyyinah. Salam sehat selalu.

20 Jul
Balas

Aamiin Yaa Allah, Alhamdulillaah, sukses selalu bu Umi Salamah

20 Jul

Pasti mantap rasa garang asemnya Bu Zuyyinah. Salam sehat selalu.

20 Jul
Balas

Pasti mantap rasa garang asemnya Bu Zuyyinah. Salam sehat selalu.

20 Jul
Balas

Pasti mantap rasa garang asemnya Bu Zuyyinah. Salam sehat selalu.

20 Jul
Balas

Pasti mantap rasa garang asemnya Bu Zuyyinah. Salam sehat selalu.

20 Jul
Balas

Pasti mantap rasanya. Semoga lolos ya Bun.

21 Jul
Balas

Aamiin Allahumma Aamiin, Barakallaah bu Nanik, sukses selalu

21 Jul



search

New Post