ZUYYINAH

Sebaik-baik manusia adalah yang bermanfaat bagi manusia lainnya, itulah mottonya. Lahir di Kudus 9 Januari 1964. Sebagai anak pertama dari delapan bers...

Selengkapnya
Navigasi Web
GENERASI MUDA DIAJAK TELADANI SUNAN KUDUS (Hari ke-266)

GENERASI MUDA DIAJAK TELADANI SUNAN KUDUS (Hari ke-266)

Tema hari jadi Kota Kudus ke-473 tanggal 23 September 2022, yaitu Kudus berdaya guna dengan masyarakatnya yang semakin sejahtera. Sesuai dengan tema tersebut, masyarakat Kudus melaksanakan do’a bersama pada Kamis 22 September 2022, dengan harapan agar Kudus tercinta, selalu dalam lindungan Allah Ta’ala.

Kudus memiliki semboyan "Semarak". Apa itu? sehat, elok, maju, aman, rapi, asri, dan konstitusional.

Hari jadi Kota Kudus sangat erat dengan kisah perjalanan Sunan Kudus Raden Ja'far Shodiq ketika menyebarkan agama Islam. Nama Kudus berasal dari bahasa arab Al-Quds yang merupakan sebutan lain kota Yerusalem dengan masjidnya bernama Al-Aqsha. Maka masjid di menara Kudus juga dinamakan masjid Al-Aqsha.

Untuk meneladani jejak Sunan Kudus, para pemuda pemudi diajak tahlil dan ziarah Sunan Kudus Raden Ja’far Shodiq, pada Kamis 22 September 2022, dalam menyambut Hari Jadi Kudus ke-473 di halaman Menara Kudus.

Peringatan hari jadi Kota Kudus dimaknai sebagai momen untuk meneladani kembali ajaran-ajaran Sunan Kudus. Generasi muda sebagai penerus bangsa diajak memahami filosofi Gusjigang yang memiliki makna berakhlak bagus, pintar mengaji dan berdagang.

Peringatan hari jadi Kota Kudus pada tahun ini dapat terselenggara lebih meriah, berbeda dengan tahun sebelumnya yang masih terbatas pandemi. Kini seluruh pihak ikut berpartisipasi menyambut peringatan hari jadi Kota Kudus, termasuk Yayasan Masjid Menara dan Makam Sunan Kudus (YM3SK).

Sunan Kudus adalah sosok panutan dan inspirasi untuk warga Kudus, semoga Kudus dapat semakin maju di usianya yang ke-473 tahun.

Setelah tahlil dan ziarah di makam Sunan Kudus, dilanjutkan dengan khataman AlQur’an dan kenduren lima ratus ingkung pada pukul delapan malam di alun-alun simpang tujuh Kudus.

Kemudian Jum’at 23 September 2022 pukul tujuh pagi adalah puncak acara peringatan hari jadi Kota Kudus ke-473 yaitu apel Hari Jadi Kota Kudus. Malamnya akan dilanjut dengan acara Kudus Fashion Art dan pasar rakyat.

Dan kegiatan terakhir yaitu Mlaku Sehat Bareng Pak Hartopo, bekerja sama dengan Jawa Pos Radar Kudus pada Ahad 25 September 2022 pukul enam pagi, start di alun-alun simpang tujuh Kudus.

Bagaimanakah hukum merayakan dan mengucapkan selamat hari raya, selamat ulang tahun? Imam Bukhari meriwayatkan bahwa sewaktu sahabat Ka’ab bin Malik menerima kabar gembira dari Nabi Shallallahu ‘alaihi wa Sallam mengenai penerimaan taubatnya, maka sahabat Thalhah bin Ubaidillah menyampaikan kepadanya ucapan selamat (tahni’ah).

Berdasarkan riwayat tersebut, maka hukum peringatan ulang tahun adalah mubah, bahkan sebagian ulama mengatakan sunnah hukumnya, namun dengan catatan: selama tidak ada hal-hal yang munkar di dalamnya. Misalnya: menyalakan lilin, memasang gambar patung (walaupun berukuran kecil) di tengah-tengah kue yang dihidangkan atau alatul malahi (alat permainan musik) yang diharamkan.

قَالَ الْقَمُوْلِيْ: لَمْ أَرَ لأَحَدٍ مِنْ أَصْحَابِنَا كَلاَمًا فِي التَّهْنِئَةِ بِالْعِيْدِ وَاْلأَعْوَامِ وَاْلأَشْهُرِ كَمَا يَفْعَلُهُ النَّاسُ، لَكِنْ نَقَلَ الْحَافِظُ الْمُنْذِرِيُّ عَنِ الْحَافِظِ الْمُقَدَّسِيِّ أَنَّهُ أَجَابَ عَنْ ذَلِكَ بِأَنَّ النَّاسَ لَمْ يَزَالُوْا مُخْتَلِفِيْنَ فِيْهِ وَالَّذِيْ أَرَاهُ أَنَّهُ مُبَاحٌ لاَ سُنَّةٌ فِيْهِ وَلاَ بِدْعَةٌ وَأَجَابَ الشِّهَابُ ابْنُ حَجَرٍ بَعْدَ اطِّلاَعِهِ عَلَى ذَلِكَ بِأَنَّهَا مَشْرُوْعَةٌ وَاحْتَجَّ لَهُ بِأَنَّ الْبَيْهَقِيَّ عَقَّدَ لِذَلِكَ بَابًا فَقَالَ: بَابُ مَا رُوِيَ فِيْ قَوْلِ النَّاسِ بَعْضِهِمْ لِبَعْضٍ فِي الْعِيْدِ تَقَبَّلَ اللهُ مِنَّا وَمِنْكَ، وَسَاقَ مَا ذُكِرَ مِنْ أَخْبَارٍ وَآثَارٍ ضَعِيْفَةٍ لَكِنْ مَجْمُوْعُهَا يُحْتَجُّ بِهِ فِيْ مِثْلِ ذَلِكَ ثُمَّ قَالَ وَيُحْتَجُّ لِعُمُوْمِ التَّهْنِئَةِ بِمَا يَحْدُثُ مِنْ نِعْمَةٍ أَوْ يَنْدَفِعُ مِنْ نِقْمَةٍ بِمَشْرُوْعِيَّةِ سُجُوْدِ الشُّكْرِ وَالتَّعْزِيَةِ وَبِمَا فِي الصَّحِيْحَيْنِ عَنْ كَعْبِ بْنِ مَالِكٍ فِيْ قِصَّةِ تَوْبَتِهِ لَمَّا تَخَلَّفَ عَنْ غَزْوَةِ تَبُوْكَ أَنَّهُ لَمَّا بُشِّرُ بِقَبُوْلِ تَوْبَتِهِ وَمَضَى إِلَى النَّبِيِّ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ فَقَامَ إِلَيْهِ طَلْحَةُ بْنُ عُبَيْدِ اللهِ فَهَنَّأَهُ.

“Imam Qommuli berkata: kami belum mengetahui pembicaraan dari salah seorang ulama kita tentang ucapan selamat hari raya, selamat ulang tahun tertentu atau bulan tertentu, sebagaimana yang dilakukan oleh banyak orang, akan tetapi alhafidz al-Mundziri memberi jawaban tentang masalah tersebut: memang selama ini para ulama berselisih pendapat, menurut pendapat kami, tahni’ah itu mubah, tidak sunnah dan tidak bid’ah.

Imam Ibnu Hajar setelah mentelaah masalah itu mengatakan bahwa tahni’ah itu disyari’atkan, dalilnya yaitu bahwa Imam Baihaqi membuat satu bab tersendiri untuk hal itu dan dia berkata : “Maa ruwiya fii qaulin nas” dan seterusnya, kemudian meriwayatkan beberapa hadits dan atsar yang dla’if-dla’if. Namun secara kolektif riwayat tersebut bisa digunakan dalil tentang tahni’ah.

Secara umum, dalil dalil tahni’ah bisa diambil dari adanya anjuran sujud syukur dan ucapan yang isinya menghibur sehubungan dengan kedatangan suatu mikmat atau terhindar dari suatu mala petaka, dan juga dari hadits riwayat Imam Bukhari dan Imam Muslim bahwa sahabat Ka’ab bin Malik sewaktu ketinggalan/tidak mengikuti perang Tabuk dia bertaubat, ketika menerima kabar gembira bahwa taubatnya diterima, dia menghadap kepada Nabi Shallallahu ‘alaihi wa sallam maka sahabat Thalhah bin Ubaidillah berdiri untuk menyampaikan ucapan selamat kepadanya”. (keterangan dari kitab “al-iqna’” juz I hal. 162).

Wallahu a’lam,

Semoga barakah, manfaat.

Kudus, 23 September 2022 (Hari ke-266)

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Alhamdulillaah, segala puji hanya bagi Engkau Yaa Allah

23 Sep
Balas

Barakallaah semuanya

23 Sep

Luar biasa Bunda penuh inspirasi dan mencerahkan

23 Sep
Balas

Alhamdulillaah, Barakallaah Pak Trianto, salam sukses

23 Sep

Ulasan yang menginspirasi, sukses Bu Zuyyinah

23 Sep
Balas

Aamiin Yaa Allah, Barakallaah Pak Rochadi, salam sehat dan sukses

23 Sep

Tulisannya sangat keren. Barokalloh

23 Sep
Balas

Alhamdulillaah, Barakallahu lakuma Bu Wulandari, salam sehat dan sukses ya Bu

23 Sep

Selamat Hari Jadi ke-473 Kota Kudus. Semoga semakin hebat kotanya.

23 Sep
Balas

Aamiin Yaa Allah, Barakallaah Pak Isak, salam sehat dan sukses ya Pak

23 Sep

Selamat Hari Jadi ke-473 Kota Kudus. Semoga semakin hebat kotanya.

23 Sep
Balas



search

New Post