Dr. Atikah Sari, M.Pd

Belum menuliskan informasi profilenya.

Selengkapnya
Navigasi Web

Technological Pedagogical Content Knowledge (TPACK)

T. 117

Untuk dapat menyajikan sebuah proses belajar mengajar dengan baik, seorang guru penting untuk memiliki kompetensim pedagogik. Kompetensi pedagogik adalah kemampuan dalam pengelolaan pembelajaran, meliputi: pemahaman terhadap siswa, perancangan dan pelaksanaan pembelajaran, evaluasi hasil belajar, dan mengembangkan berbagai potensi yang dimiliki siswa. Guru harus memiliki kompetensi pedagogik karena tugas utama guru adalah memberikan pembelajaran yang mendidik. Tanpa kompetensi pedagogik, guru akan kehilangan arah dalam menjalankan tugasnya.

Perkembangan teknologi yang demikian pesat, memaksa guru untuk dapat menyajikan pembelajaran berkualitas tinggi dengan memanfaatkan teknologi. Karenanya, penguasaan terhadap Technological Pedagogical Content Knowledge (TPACK) sangat penting bagi guru, dimana guru dapat menerapkan teknologi ke dalam pembelajaran sehingga pembelajaran menjadi lebih efektif dan efisien. Peningkatan kualitas pembelajaran tersebut, akan memudahkan siswa memahami materi pembelajaran dan membantu siswa untuk dapat berpikir tingkat tinggi. Selain itu, akan membantu guru untuk lebih inovatif dan dapat berpikir reflektif.

Penguasaan TPACK oleh guru akan memadukan antara teknologi, pedagogi, dan konten pengerahuan dalam pembelajaran. Penguasaan terhadap teknologi, akan membantu guru dalam mendukung strategi pedagogi atau metode pembelajaran yang digunakan. Penguasaan pedagogi oleh guru akan membantu guru dalam menggunakan cara yang efektif dalam mengajar. Penguasaan konten pengetahuan akan membantu guru dalam menyampaikan materi pembelajaran. .

Dalam perencanaan pembelajaran, penggunaan teknologi akan membantu guru dalam: (1) memudahkan dalam merancang pembelajaran yang PAKEM dan bermakna; (2) mendapatkan berbagai sumber dan media pembelajaran serta metode pembelajaran yang bervariasi dan terkini; (3) memudahkan dalam merancang pembelajaran yang inklusif; (4) memudahkan dalam melakukan evaluasi dan tindak lanjut pembelajaran; (5) memudahkan dalam menghadapi perubahan kurikulum, fleksibel; (6) memudahkan monitoring dan pendokumentasian.

Dalam pelaksanaan pembelajaran, penggunaan TPACK dapat membantu guru dalam: (1) menciptakan pembelajaran PAKEM; (2) memudahkan pemahaman siswa; (3) memudahkan pembelajaran inklusif; (4) mengembangkan pembelajaran kolaboratif dan interaktif; (5) memudahkan pembelajaran berbasis proyek; (6) akses pembelajaran luas dan fleksibel; (7) memudahkan dalam memberi umpan balik; (8) memudahkan akses sumber belajar dan media pembelajaran yang bervariasi dan terkini; (9) meningkatkan kreativitas dan inovasi pembelajaran oleh guru.

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar




search

New Post