Khairun Nisa

Belum menuliskan informasi profilenya.

Selengkapnya
Navigasi Web

Pengaruh kemajuan IPTEK Terhadap aspek Sosial Budaya di Indonesia

MAKALAH,

PENGARUH KEMAJUAN PENGETAHUAN DAN TEKNOLOGI TERHADAP ASPEK SOSIAL BUDAYA MASYARAKAT INDONESIA

Di susun oleh,

Nama ; KHAIRUN NISA, S.Sos

NIP : 19770325202221 2 004

SMA NEGERI 1 BAJUIN

KABUPATEN TANAH LAUT

KALIMANTAN SELATAN

2022

KATA PENGANTAR

Tiada kalimat yang pantas penulis ucapkan kecuali rasa syukur kepada Tuhan yag maha Esa atas selesainya makalah yang berjudul “pengaruh Kemajuan IPTEK terhadap aspek Sosial Budaya Masyarakat Indonesia” tidak lupa pula dukungan baik secara materiil dan non materiil yang diberikan kepada penulis dalam penyusunan makalah ini. Oleh karena itu penulis mengucapkan rasa terimakasih kepada :

1. Ibu Aminah, S.Pd, M.Pd selaku kepala Sekolah SMA Negeri 1 Bajuin yang telah mendukung dan memberikan kesempatan bagi penulis untuk menggunakan fasilitas internet sekolah.

2. Bapak Ahmad Mudzakkir,S.ST selaku suami yang memberikan inspirasi, motivasi dan dukungan dalam penulisan makalah ini.

3. Rekan-rekan sejawat di SMA Negeri 1 Bajuin yang telah membantu melaksanakan tugas sehari-hari dan memberikan indormasi pendukung.

Penulis sadar bahwa makalah yang disusun ini belum sempurna, oleh karena itu dengan rendah hati penulis mohon kritik dan saran yang membangun dari pembaca untuk menyempurnakan makalah ini.

Bajuin, Desember 2022

Khairun Nisa,S.Sos

DAFTAR ISI

HALAMAN JUDUL i

KATA PENGANTAR ii

DAFTAR ISI iii

BAB I PENDAHULUAN A. Latar Belakang …………………………………………………………………… 1

B. Permasalahan ……………………………………………………………………... 1

C. Manfaat dan Tujuan ……………………………………………………………... 1

BAB II LANDASAN TEORI

A. Pengertian Ilmu Pengetahuan dan Teknologi …………………………………… 2

B. Pengertian Sosial Budaya………………………………………………………….. 2

BAB III PEMBAHASAN

A. Pengaruh Kemajuan IPTEK Terhadap Aspek Sosial dan Budaya …………….. 4

B. Menghadapi Pengaruh Kemajan IPTEK Terhadap Aspek Sosial Budaya ……. 5

BAB IV PENUTUP

A. Kesimpulan …………………………………………………………………………. 6

B. Saran …………………………………………………………………………………7

Daftar Pustaka

PENDAHULUAN

A. LATAR BELAKANG

Seiring dengan perkembangan zaman, berkembang pula pola pikir manusia untuk terus bereksperimen dan menciptakan inovasi-inovasi baru untuk membantu aktivitas kehidupan manusia. Hasil pola pikir manusia yang sangat populer saat ini adalah Ilmu Pengetahuan dan Teknologi (IPTEK). Kemajuan IPTEK tentunya memberi pengaruh ke berbagai aspek kehidupan di masyarakat, salah satunya adalah aspek Sosial Budaya. Kemajuan IPTEK dapat berpengaruh pada aspek sosial dan budaya di masyarakat karena ilmu pengetahuan dan teknologi tidak dapat dilepaskan dari kehidupan masyarakat sehari-hari, dengan IPTEK juga memudahkan interaksi, tersebarluasnya informasi dan juga masuk dan keluarnya berbagai hal dari dan ke seluruh penjuru dunia.

B. PERMASALAHAN

1. Apa saja pengaruh positif dan negatif pada aspek sosial budaya dengan adanaya kemajuan IPTEK?

2. Bagaimana menghadapai pengaruh dari kemajuan IPTEK terhadap aspek sosial budaya ?

C. MANFAAT DAN TUJUAN

1. Untuk mengetahui pengaruh positif dan negatif kemajuan IPTEK terhadap aspek sosial budaya .

2. Untuk mengetahui bagaimana menghadapi pengaruh dari kemajuan IPTEK terhadap sosial dan budaya ?

BAB II

LANDASAN TEORI

A. Pengertian Ilmu Pengetahuan dan Teknologi

IPTEK artinya Ilmu Pengetahuan dan Teknologi. IPTEK merupakan ilmu yang mempelajari tentang perkembangan teknologi berdasarkan ilmu pengetahuan. Dalam perkembangan global, ilmu pengetahuan dan teknologi berjalan beriringan membentuk sebuah kemajuan.

Ilmu pengetahuan adalah studi tentang alam dan perilaku dunia fisik dan alam melalui metode ilmiah. Ilmu pengetahuan didefinisikan sebagai pengamatan, identifikasi, deskripsi, eksperimen, penyelidikan, dan penjelasan teoretis tentang fenomena alam.

Teknologi adalah kumpulan teknik dan proses yang digunakan dalam produksi barang atau jasa atau pencapaian tujuan seperti penyelidikan ilmiah. Teknologi mengacu pada metode, sistem, dan perangkat yang merupakan hasil dari pengetahuan ilmiah yang digunakan untuk tujuan praktis.

Ilmu pengetahuan mencakup studi sistematis tentang struktur dan perilaku dunia fisik dan alam melalui pengamatan dan eksperimen. Sementara teknologi adalah penerapan pengetahuan ilmiah untuk tujuan praktis.

Hubungan antara pengetahuan dan teknologi adalah teknologi menggunakan ilmu pengetahuan untuk memecahkan masalah, dan ilmu pengetahuan menggunakan teknologi untuk membuat penemuan baru. Tujuan ilmu pengetahuan adalah untuk menjawab pertanyaan dan menambah pengetahuan. Tujuan teknologi adalah untuk menemukan solusi untuk masalah praktis.

B. Pengertian sosial budaya

Pengertian sosial budaya adalah suatu tatanan dan interaksi dalam kehidupan masyarakat yang meliputi elemen-elemen seperti adat istiadat, pengetahuan, kepercayaan, juga moral. Sosial budaya yang berkembang dalam suatu masyarakat dapat mengalami perubahan yang didorong oleh faktor-faktor seperti globalisasi serta pengaruh dari luar yang antara lain mengakibatkan terjadinya akulturasi dan asimilasi. Sementara faktor penghambat dalam perubahan sosial budaya adalah situasi masyarakat yang terisolasi serta sifat konservatif.

Andreas Eppink (1946), seorang ahli berbagai bidang yang menciptakan model Eppink dan mengembangkan analisis psikologi kebudayaan, mengemukakan pengertian sosial budaya sebagai segala sesuatu yang berlaku dalam suatu masyarakat tertentu dan menjadi ciri khasnya.

Edward Burnett Tylor (1871), seorang ahli antropologi lampau, melalui bukunya Primitive Culture and Anthropology ia menerangkan bahwa sosial budaya adalah keseluruhan elemen masyarakat yang berupa adat istiadat, kesenian, kepercayaan, moral, pengetahuan, berpikir, kemampuan, dan hukum yang diperoleh seseorang sebagai bagian dari masyarakat yang bersifat kompleks.

Paul Ernest, seorang pakar filosofi matematika, menyinggung akan arti sosial budaya, yakni individu-individu yang membentuk suatu tatanan masyarakat dan terlibat dalam kegiatan bersama-sama.

David Lewis (1982) berpendapat bahwa sosial adalah segala sesuatu yang dihasilkan, diraih, dan ditetapkan dalam interaksi keseharian antar warga negara dengan pemerintahannya.

Seorang pekerja sosial dan profesor sosial politik bernama Lena Dominelli menjelaskan bahwa sosial budaya adalah bagian yang kurang dari sebuah ikatan dan interaksi manusia sehingga memerlukan adanya pemakluman atas hal-hal lemah di dalamnya.

Ki Hajar Dewantara, Bapak Pendidikan Indonesia, mengeluarkan pendapatnya tentang apa itu sosial budaya. Beliau menekankan pada kata budayanya, yaitu hasil perjuangan manusia baik terhadap alam maupun waktu yang membuktikan adanya kejayaan dan kesejahteraan dari suatu masyarakat. Ia bisa berbentuk beragam macam asalkan bisa mencapai kebahagiaan, kemakmuran, dan kesejahteraan masyarakatnya.

Parsudi Suparian, seorang antropolog, berpendapat bahwa budaya adalah landasan bagi perilaku dan kehidupan manusia pada umumnya karena budaya merupakan hasil dari akal manusia yang difungsikan untuk memahami lingkungan sekitar dan pengalaman hidupnya.

Koentjaraningrat, ilmuwan sekaligus penulis buku Pengantar Ilmu Antropologi (2005), memberikan pengertian tentang kebudayaan, yaitu suatu tanggapan, gagasan, tindakan, dan karya yang dibuat oleh manusia di dalam kehidupan bermasyarakat dan bisa dipelajari dan dimiliki nantinya.

R. Soekmono, arkeolog dan sejarawan, kebudayaan ialah usaha atau hasil kerja manusia yang berupa pemikiran, benda, atau perilaku manusia semasa hidupnya.

Menurut Engine Fahri I., kata sosial berarti inti bagaimana seorang individu berinteraksi dan melakukan hubungan dengan individu yang lain meskipun masih ada perdebatan tentang bagaimana mereka melakukan hubungan tersebut, seberapa intim, dan konflik yang terjadi.

BAB III

PEMBAHASAN

A. Pengaruh Kemajuan IPTEK Terhadap Aspek Sosial dan Budaya

Ada beberapa pengaruh positif kemajuan IPTEK terhadap sosial budaya masyarakat, yaitu :

1. Mempermudah komunikasi dan memperoleh informasi

Perangkat teknologi yang diciptakan mampu memberikan pengalaman berkomunikasi dengan jaringan yang lebih luas.

Dimana artinya kita bisa di dekatkan dengan teman, kerabat, atau saudara yang jauh baik diluar kota hingga diluar negeri.

Selain itu akses informasi yang cepat mampu membuat kita mengetahui kabar/informasi baik di media sosial maupun artikel.

Peran IPTEK disini membantu manusia supaya memperluas koneksi dan membantu dalam menyuguhkan informasi.

2. Membantu memenuhi kebutuhan hidup

Perkembangan IPTEK memberikan pilihan kepada manusia untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari.

Seperti yang kita ketahui kita dapat memesan makanan, belanja pakaian dan keperluan rumah, hingga memesan transportasi untuk melakukan bepergian.

Teknologi hadir dalam mempermudah dan mempersingkat urusan manusia.

3. Meningkatkan potensi daerah

Teknologi menjadi ruang kesempatan bagi masyarakat daerah dalam mengenalkan potensi daerah masing-masing.

Seperti mengenalkan hasil bumi suatu daerah, tarian dan alat musik daerah, keindahan alam hingga inovasi masyarakat daerah.

Sehingga hadirnya teknologi memberikan kesempatan dalam meningkatkan ekonomi dan juga sektor pariwisata.

4. Membantu sistem tata kelola pemerintahan

Pemerintah melakukan inovasi dalam memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat.

Seperti melakukan pengurusan administrasi secara online hingga publikasi program pemerintahan supaya memiliki transparansi kepada masyarakat.

5. Memangkas waktu dan biaya

Hadirnya teknologi memberikan solusi kepada manusia dalam mengakses informasi kapan saja dan dimana saja (Cahyono, 2021).

Selain itu pemenuhan kebutuhan sehari-hari, transportasi, hingga komunikasi dan informasi disatukan dalam perangkat teknologi.

Tidak perlu pergi membeli makan tetapi dari perangkat HP bisa memesan makanan dan bisa mendapatkan potongan harga.

Hingga tidak perlu jauh-jauh ke luar kota atau negeri untuk bertemu dengan saudara. Sehingga semua menjadi dekat dan hemat untuk memenuhi semua keinginan manusia.

Adapun Dampak buruk atau pengaruh negatif kemajuan IPTEK pada bidang sosial budaya antara lain :

1. Timbulnya kesenjangan sosial

Teknologi yang menghadirkan segala kebutuhan yang memberikan status sosial antara kaya dan miskin (Hendro Setyo Wahyudi, 2014).

Contohnya semakin berkembangnya teknologi akan menciptakan mesin yang canggih dalam memproduksi barang atau jasa.

Sehingga hal ini juga menimbulkan berkurangnya tenaga kerja yang digantikan oleh mesin.

2. Perubahan Budaya

Perubahan gaya hidup, dan tata nilai masyarakat adalah pengaruh negatif IPTEK (Kemendikbud, 2020).

Bercampurnya informasi di internet membuat seseorang bertukar informasi dan budaya sehingga seseorang akan mudah meniru terhadap apa yang mereka tonton.

Seperti contohnya adalah cara berpakaian yang stylish sehingga menggeser populernya baju daerah dan juga menggerus kebiasaan berbahasa derah.

Karena sering menggunakan atau mencampur dengan bahasa asing.

3. Memunculkan sifat individualisme

Setiap individu akan kehilangan kepeduliannya terhadap lingkungan yang ada disekitarnya.

Teknologi menyita waktu manusia sehingga mengurangi sosialisasi individu terhadap orang disekitarnya.

Selain itu teknologi yang mendekatkan yang jauh sehingga mengurangi interaksi secara langsung.

4. Memberikan efek candu

IPTEK yang terus melakukan inovasi dan berkembang semakin praktis dan mudah sehingga individu akan terus menerus menggunakan teknologi.

Kecanduan teknologi bisa berupa gaya hidup yang konsumtif dan tontonan baik/buruk dan dianggap lebih seru dibanding dunia nyata.

Sehingga individu akan terus menggunakan, membeli dan berinteraksi dengan menggunakan teknologi.

5. Rentan terhadap konflik dan kriminalitas

Dunia teknologi yang bersifat maya, masayarakat akan mudah mengeluarkan opini, pendapat, ide serta gagasannya baik dalam bentuk komentar atau pun artikel.

Pendapat atau opini yang di lontarkan tidak dapat terkontrol sehingga bisa menimbulkan perbedaan pendapat yang menimbulkan konflik (Cahyono, 2021). Selain itu juga pembullyan dan juga pemalsuan identitas juga sering terjadi di internet.

B. Menghadapi Pengaruh Kemajuan IPTEK terhadap aspek Sosial dan Budaya

Bidang IPTEK yang sangat berpengaruh pada sosial budaya adalah kemajuan teknologi informasi dan komunikasi, mulai dari internet, televisi, media sosial, dan sebagainya. Kemudahan akses terhadap teknologi informasi dan komunikasi menjadikan masyarakat dunia fleksibel untuk berinteraksi satu sama lain. Bagi masyarakat Indonesia, pengaruh tersebut harus disaring menggunakan nilai-nilai Pancasila sebagai jati diri bangsa. Berikut ini beberapa nilai dan perilaku yang harus diterapkan bangsa Indonesia untuk bersikap selektif terhadap kemajuan IPTEK di bidang sosial budaya :

Terbuka terhadap inovasi dan perubahan. Merawat kearifan lokal, budaya, dan adat istiadat masyarakat Indonesia yang beragam. Berorientasi pada masa depan daripada masa lampau. Dapat memanfaatkan kegunaan IPTEK secara efektif dan efisien, bukan hanya silau dengan tampilan, misalnya gaya berpakaian atau gaya hidup konsumtif. Menghargai pekerjaan sesuai dengan prestasi. Menggunakan potensi lingkungan secara tepat untuk pembangunan berkelanjutan. Menghargai dan menghormati hak-hak asasi manusia. Menyambut perubahan zaman, gaya hidup, dan kebiasaan baru, namun tidak melupakan budaya masa silam.

BAB IV

PENUTUP

A. Kesimpulan

Berdasarkan pembahasan di atas diperoleh kesimpulan sebagai berikut ;

1. Pengaruh postif dan negatif kemajuan Ilmu pengetahuan dan teknologi terhadap aspek sosial budaya di Indonesia terutama kemajuan teknologi informasi dan komunikasi, mulai dari internet, televisi, media sosial, dan sebagainya membuat.masyarakat mudah melakuan komunikasi dan memperoleh informasi, membantu dan memudahkan dalam memenuhi kebutuhan hidup sehari-hari, membantu mengenalkan potensi daerah dan yang sangat penting adalah membantu menghemat waktu dan biaya. Semua kemudahan yang dirasakan dengan adanay kemajuan IPTEK tesebut membuat masyarakat dunia fleksibel untuk berinteraksi satu sama lain, sehingga terjadi pertukaran budaya yang masif seperti dalam hal gaya hidup, gaya pakaian, dan dasar ikatan hidup bermasyarakat. Dan dengan kemudahan yang diberikan teknologi informasi tersebut terjadi pergeseran kearifan lokal Indonesia oleh pengaruh budaya luar. Sebagian remaja bisa jadi memandang rendah kebudayaan sendiri dan mengagung-agungkan budaya negara lain, terkhusus negara-negara maju di dunia. Tidak jarang, muncul mental rendah (inlander) di hadapan budaya lain. Sebagian budaya Indonesia atau pakaian adat dianggap primitif dan tidak sejalan dengan nilai-nilai modern zaman sekarang. Muncul pula gaya hidup hedonis dan permisif karena tontonan atau informasi yang mudah diperoleh.

2. Untuk menghadapi berbagai penngaruh negatif dari kemajuan IPTEK dengan lebih mengembangkan kembali IPTEK menjadi tepat guna, dengan cara menyaring setiap ilmu pengetahuan yang masuk. Saringan dalam konteks Negara Kesatuan Republik Indonesia adalah mengamalkan nilai-nilai Pancasila. Terbuka terhadap inovasi dan perubahan. Merawat kearifan lokal, budaya, dan adat istiadat masyarakat Indonesia yang beragam. Berorientasi pada masa depan daripada masa lampau. Dapat memanfaatkan kegunaan IPTEK secara efektif dan efisien. Menghargai pekerjaan sesuai dengan prestasi. Menggunakan potensi lingkungan secara tepat untuk pembangunan berkelanjutan. Menghargai dan menghormati hak-hak asasi manusia. Menyambut perubahan zaman, gaya hidup, dan kebiasaan baru, namun tidak melupakan budaya masa silam.

B. Saran

Untuk menghadapi pengaruh positif dan negatif kemajuan IPTEK maka hal yang dapat dilakuan adalah dengan terus mensosialisasikan nilai-nilai Pancasila di kehidupan masyarakat Indonesia, dengan menfaatkan dan mengembangkan ilmu pengetahuan dan teknologi yang ada.

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Mantap, salam sukses Bu Khairun Nisa

15 Dec
Balas

mantap Ulasannya. Salam Literasi Dari papua Tengah

09 Feb
Balas

Mantap ulasannya

17 Jan
Balas



search

New Post