Aan Frimadona Roza

Lahir di Way Kanan, 22 Februari 1982, Saat ini mengajar dan mendapat tugas tambahan sebagai Kepala Sekolah di SMPN 2 Kasui Kabupaten Way Kanan,Lampung....

Selengkapnya
Navigasi Web
Humas FOGIPSI: Rumah Membangun Konektivitas Guru IPS Indonesia

Humas FOGIPSI: Rumah Membangun Konektivitas Guru IPS Indonesia

FOGIPSI Rumah Membangun Konektivitas Guru IPS Indonesia

Jakarta (17/01) Di era globalisasi seperti kehadiran forum guru sangat penting perannya sebagai rumah belajar bersama sekaligus pemersatu guru dalam peningkatan mutu Pembelajaran salah satunya guru mata pelajaran IPS. Organisasi Forum Guru IPS Seluruh Indonesia atau disingkat dengan FOGIPSI yang lahir atas inisiatif dari guru IPS seluruh Indonesia memberikan ruang belajar positif bersama walau baru tetapi memberikan dampak kebermanfaatan bagi guru IPS guna pengembangan kognitif dalam proses kegiatan belajar peserta didik. FOGIPSI memiliki legalitas formal dengan surat keputusan Kemenkumham Nomor AHU-0044226.AH.01.07 tahun 2016 ditetapkan di Jakarta 11 april 2016.

Sebagai forum guru IPS yang telah disaksikan pengukuhannya oleh mantan Dirjen GTK kemendikbud Bapak Sumarna supranata beserta staff GTK di gedung kemendikbud pada bulan januari 2017 ini diharapkan menjadi sarana memperoleh kecepatan informasi dan komunikasi serta peningkatan profesionalisme antara sesama pengurus dan anggotanya baik pengurus pusat, pengurus wilayah maupun pengurus kota atau kabupaten. yang akan menjaga dan melestarikan budaya lokal sebagai landasan dalam menghadapi era digital, era globalisasi dan implementasi kecakapan abad 21. Melalui FOGIPSI ini juga diharapkan para anggota dapat saling bertemu, belajar dan berbagi pengalaman tentang pembelajaran IPS di sekolah masing-masing

Sebagai organisasi profesi guru IPS FOGIPSI memiliki motto Membangun 3K (Konektivitas,Komitmen,Kompetensi) dengan visi menjadi wadah pemersatu guru IPS seluruh Indonesia yang sinergis kompeten, komitmen, dan konektifitas tahun 2025 lalu mengemban misi membangun jejaring guru IPS seluruh Indonesia melalui lembaga profesi tingkat pusat sampai daerah, melalui sarana Teknologi Informasi dan Komunikasi dalam meningkatkan kompetensi guru melalui pendidikan dan pelatihan berkelanjutan berskala pusat dan daerah bersama membangun komitmen atas dasar profesionalisme dalam bingkai NKRI.

FOGIPSI sebagai organisasi semi virtual mengikuti perkembangan era digital saat ini mengembangkan sebagai organisasi kegiatan utama dengan fokus dalam menyelenggarakan Pendidikan dan Pelatihan (Diklat), Training Of Trainer (TOT), Workshop, Seminar lalu membangun Network dengan forum MGMP IPS seluruh Indonesia, Dinas Pendidikan, LPMP, P4TK IPS serta Direktorat teknis Kemendikbud bahkan membangun konektivitas dengan luar negeri dalam peningkatan mutu guru IPS.

Ada pun yang tidak kalah pentingnya FOGIPSI akan memperjuangkan adanya Laboraturium IPS disetiap sekolah SMP/MTs untuk memfasilitasi siswa dalam kegiatan pembelajaran,Mengadakan kegiatan Karya Ilmiah, Karya Inovatif,Publikasi Ilmiah dalam bentuk Buku atau Jurnal,Mengadakan kegiatan peningkatan mutu pendidikan peserta didik yang kreatif, Inovatif, Inspriratif Kompetitif,Menciptakan konektifitas seluruh guru IPS di Wilayah Indonesia,Memelihara dan mengembangkan potensi – potensi yang dimiliki oleh guru, peserta didik dan masyarakat dalam menghadapi menyongsong generasi emas 2025 serta menciptakan masyarakat yang sejahtera dengan menggalang potensi untuk memberikan kontribusi pada pembangunan baik yang bersifat Sumber Daya Manusia maupun infrastrukur dalam mengembangkan pembelajaran IPS masing – masing daerah di seluruh Wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia.

FOGIPSI dalam berorganisasi menjadikan wadah rumah belajar yang semi virtual karena dalam berdiskusi untuk saling berbagi, yang terwujud dalam bentuk pengembangan diri untuk saling membangun yang kemudian memunculkan ide-ide atau gagasan yang be inspiring, be creating and be inovating yang terwujud dalam sebuah karya-karya ilmiah. FOGIPSI juga memberikan kesempatan kepada siapapun guru untuk ikut seminar, diklat, workshop tanpa memandang jabatan agar terus tumbuh dan berkembang bersama jaringan sosial seperti milis, facebook, blog, whatapps, telegram, Vicom, kelas maya serta messengger dan sebagainya sehingga nantinya FOGIPSI menjadi wadah guru untuk saling berdiskusi, berbagi dan saling menumbuhkembangkan potensi yang dimiliki.

Pada akhirnya rumah belajar guru IPS yang bernama FOGIPSI diharapkan bisa menuntaskan dan memperjuangkan semua masalah yang dihadapi oleh guru-guru terutama di daerah terpencil,terluar dan terdalam yang sangat kekurangan fasilitas atau sarana dalam peningkatan kompetensi guru dan menginspirasi guru-guru lainnya untuk bergerak maju demi pendidikan serta membangun kekuatan yang akan mengembalikan martabat dan kesejahteraan guru serta memajukan pendidikan dan peningkatan kualitas moral intelektual guru.Semoga.

Edi Sumardi,S.Pd

Ketua FOGIPSI Pusat

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Luar biasa pak, salam dari guru IPS Geografi Banten, mau tanya kalau FOGIPSI provinsi Banten sekretariatnya dimana?

17 Jan
Balas

Salam dari guru IPS jawa timur, semoga Fogipsi selalu jaya

17 Jan
Balas

Terima kasih Pak Aan , terus berkarya. Tks Pak Syaihu yg terus produktif. Pak Mulya untuk Banten Belum ada, Boleh juga bpk sebagai pionirnya..he..he..

17 Jan
Balas

Pak Aan, Mhn ijin saya share di group Fb Fogipsi tks

17 Jan
Balas

Ada ralat, Edi SUMARDI, M.Pd Ketua Umum he..he..

17 Jan
Balas

Pak Aan, agenda kegiatan FOGIPSI Lampung 2018 dishare ya...

17 Jan
Balas



search

New Post