Aan Nurchayati, M.Pd

Berjuang demi cita-cita itu tidak mudah jendral....

Selengkapnya
Navigasi Web
Pentingkah Anak PAUD Manasik Haji?

Pentingkah Anak PAUD Manasik Haji?

Tantangan Hari ke – 5

#TantanganGurusiana

By : ANA

Hello guys,

Adakah disini yang menjadi guru PAUD? Baik dari KB, TK maupun TPQ? Tentu saja banyak bukan? Pernah tidak kita sebagai guru PAUD bertanya dan menemukan jawaban, kenapa anak-anak PAUD, TK, TPQ harus melakukan kegiatan Manasik Haji? Sementara ketika mereka memasuki jenjang Sekolah Dasar sampai menengah tidak ada sama sekali kegiatan tersebut diadakan.

Entah siapa yang mengawali kegiatan Manasik Haji diadakan oleh satuan pendidikan paling dasar yaitu Pendidikan Anak Usia Dini. Anak usia 5-6 tahun diwajibkan mengikuti kegiatan Manasik Haji sekali dalam setahun atau selama dia bersekolah di jenjang Taman Kanak-kanak. Pengenalan kegiatan ini menurut Saya cukup penting. Karena, Saya yakin anak - anak itu sendiri banyak belajar mengenal islam dengan mengikuti kegiatan manasik haji.

Sebagaimana kita ketahui bersama, Manasik haji adalah kegiatan yang dilakukan para jema'ah calon haji yang akan melaksanakan ibadah haji ke Tanah suci. Dikenalkan dari tata cara berpakaian, tata cara bertalbiyah dan juga pelaksanaan rukun haji serta syarat sah haji. Sehingga para calon jema'ah haji tidak lagi kesulitan dan bingung ketika nanti sudah sampai di Tanah Suci Mekkah. Mereka akan hafal apa itu istilah wukuf, tahalul, sa'i dan lain sebagainya.

Untuk kegiatan anak Usia Dini sendiri, kegiatan ini dikenalkan untuk pembelajaran rukun islam. Dari mulai bersyahadat, mengerjakan sholat, mengerjakan puasa di bulan suci ramadhan, membayar zakat fitrah dan terakhir adalah mengerjakan ibadah haji bagi mereka yang mampu. Pengenalan rukun islam itu sendiri harus diberikan secara dini kepada anak-anak Taman kanak-kanak. Sehingga ketika kelak menjadi anak yang sudah dewasa, mereka tidak asing lagi dengan isi daripada syariat islam yang tertuang didalam Rukun Islam.

Dan pelaksanaan Manasik Haji sendiri, hanya dilakukan pada jenjang PAUD. Diatas sudah Saya sampaikan hal tersebut untuk mengenalkan konsep dasar rukun islam. Lepas dari itu semua, terkadang pihak penyelenggara sedikit memaksakan kehendak, karena dalam kegiatan tersebut kita ketahui ada biaya yang harus dibayarkan. Mengingat acara tersebut terkadang diadakan secara serentak baik tingkat kecamatan, kabupaten/kota, maupun tingkat provinsi. Tidak sedikit biaya yang harus orang tua murid keluarkan. Mengingat acara ini diikuti oleh ribuan siswa, maka orang tua murid harus ikut serta mendampingi putra putrinya melaksanakan kegiatan tahunan tersebut.

Tentu kita semua tahu, kondisi ekonomi orang tua murid tidak semua mampu dan mau membayar. Ada kalanya kita sebagai guru malah harus memberikan penjelasan dan simulasi disekolah kepada anak-anak didik kita, dan orang tua murid agar tidak absen dalam melaksanakannya. Untuk organisasi sendiri, kegiatan ini merupakan income untuk kegiatan peningkatan kualitas guru PAUD itu sendiri. Dengan adanya momen manasik haji tentu saja mutu para pendidik dituntut untuk lebih baik lagi. Dalam mengkoordinir siswa, orang tua, kegiatan dan dalam bekerja sama dengan sesama guru lainnya. Budaya antri juga diterapkan dalam kegiatan ini.

Jadi menurut hemat Saya, kegiatan Manasik Haji memang penting diberikan di jenjang anak usia dini. Hal tersebut banyak manfaat yang bisa diambil. Diantaranya; ajang silaturahmi antar guru, siswa dan orang tua murid, melatih kesabaran, melatih dalam antri, berbagi dengan sesama, rekreasi religi, dan terutama sekali adalah penanaman nilai-nilai moral aqidah akhlak serta rukun islam yang harus dipenuhi sebagai seorang muslim.

Tangerang, 02 Februari 2020

Tangerang, 01 Februari 2020

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Pendapat dan saran dari saya,kegiatan tersebut kurang pas untuk anak paud/tk bila belajar manasik haji dg alasan dari saya1.jauhnya jarak bahkan ada yg 150km ke kota dari desa yg dapat menyebabkan kelelahan buat anak dan ortunya2.ongkos kemungkinan mahal(bagi kurang mampu3.anak se umur itu kalo mau perkenalan rukun islam ya kan bisa di sekolah;dan untuk kegiatan menasiknya bisa juga di sekalah kan?4.pendapat saya gak ngaru acara tersebit.karena tuk apa manasik haji belajarnya dg anak se usia itu..lebih baik belajar sholat.doa pendek lebih penting buat anak se usia itu

09 Nov
Balas

Manasik itu buat yg mau berangkat haji atw umroh, masih bnyak pilihan lain jika acuanya rukun islam, pilihan yg lebih bijak bagi org tua murid, manasik just 4 bisnis

10 Jun
Balas



search

New Post