Abdul Kadir Hamid

Nama saya Abdul Kadir Hamid anak Desa yang lahir di sebuah Kampung di Kajang Kab. Bulukumba Sulawesi Selatan 15 Juli 1968. Anak keempat dari sebelas bersaudara....

Selengkapnya
Navigasi Web
Yang Terlupakan (Tagur H-85)

Yang Terlupakan (Tagur H-85)

Yang Terlupakan

Oleh. : Abdul Kadir Hamid

Ada empat kata, kelihatannya sederhana tetapi sangst membantu dan menunjang kesuksesan seseorang dalam aktivitas sehari-hari. Hal ini, terkadang dilupakan manusia sehingga mengganggu komunikasi antar sesama. Adapun empat kata tersebut adalah sebagai berikut :

1. Permisi atau Tabe

Permisi dalam bahasa daerah Bugis dan Makassar disebut "tabe". Di daerah Bugis -Makasssr, anak-anak sejak kecil diajarkan, jika kalian ingin lewat di depan orang yang di sedang duduk-duduk atau orang yang sedang bincang-bincang maka permisilah. Ucapkan tabe sambil membungkukkan badan sedikit. Ini bermakna penghormatan.

Lebih dari itu, orang-orang tuapun mengajarkan, jikalau kalian memasuki kawasan perumahan dengan berkendaraan dan melewati kerumunan orang maka permisilah. Tebe, permisi maka dijamin perjalanan anda lancar. Ini adalah lambang persaudaraan untuk mempererat tali persaudaraan. Bagaimana menurut anda?

Sebaliknya, jika anda memasuki kawasan perumahan melewati sekumpulan orang tanpa permisi ditambah lagi suara kendaraan yang menggelegar maka orang-orang akan dongkol dengan anda. Perjalanan andspun akan terganggu. Mari budayakan hidup saling hormat-menghormati, harga-menghargai. Dalam ungkapan bahasa Bugis "sipakalebbi" dan dalam ungkapan bahasa Makassar "Sipakatau".

2. Maaf

Kata maaf bermakna pengakuan kesalahan seseorang terhadap orang lain atau pihak lain. Seseorang terkadang sangat berat menyampaikan permohonan maaf, walau sadar sebenarnya dirinyalah yang salah. Akibatnya, interaksi sosialnyapun terganggu

Orang bijak mengatakan, salah satu ciri orang cerdas adalah tak sungkam untuk meminta maaf jika dia bersalah terlepas apapun status sosialnya. Terlepas, dia lebih tua, lebih kaya, lebih berpendidikan serta sederet kelebihan lainnya.

(Bersambung)

Makassar, 18 Juli 2021

Salam Literasi

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar




search

New Post