Suherman, C.DAI., M.A., M.Pd

Riwayat Pendidikan : S.1 Fakultas Dirosat Islamiyyah UIN Syarief Hidayatullah Jakarta S.2 Dirosat Islamiyyah SPS UIN Syarief Hidayatullah Jakarta S.2 Pendidi...

Selengkapnya
Navigasi Web
Kenali Dirimu dalam Al-Qur'an
"Orang-orang yang mengakui dosa-dosa mereka. Mereka mencampurkan amal yang baik dan amal yang buruk. Semoga Allah mengampuni mereka. Sesungguhnya Allah Maha Pengampun lagi Maha Penyayang."

Kenali Dirimu dalam Al-Qur'an

Suatu ketika Ahnaf bin Qais membaca al Quran. Ayat yang dibacanya adalah:

لَقَدْ أَنزَلْنَا إِلَيْكُمْ كِتَاباً فِيهِ ذِكْرُكُمْ أَفَلَا تَعْقِلُونَ [الأنبياء: ١٠]

"Sungguh telah Kami turunkan padamu sebuah kitab yang di dalamnya ada penyebutan tentangmu. Apakah kamu tidak berpikir?"

Ahnaf berkata pada dirinya, "Aku akan mencari diriku dalam al Quran. Aku ingin tahu siapa diriku dan dengan siapa aku mirip."

Kemudian Ia mulai membaca ayat demi ayat. Ia bertemu dengan ayat berikut:

الَّذِينَ يُنْفِقُونَ فِي السَّرَّاءِ وَالضَّرَّاءِ وَالْكَاظِمِينَ الْغَيْظَ وَالْعَافِينَ عَنِ النَّاسِ وَاللَّهُ يُحِبُّ الْمُحْسِنِينَ [آل عمران: ١٣٤]

"Orang-orang yang berinfak di waktu senang dan susah, menahan emosi dan memaafkan manusia. Allah mencintai orang-orang yang berbuat baik."

Ia berkata dalam dirinya, "Aku tidak ada di sini."

Ia membaca lagi dan menemukan ayat ini:

وَيُؤْثِرُونَ عَلَى أَنْفُسِهِمْ وَلَوْ كَانَ بِهِمْ خَصَاصَةٌ وَمَنْ يُوقَ شُحَّ نَفْسِهِ فَأُولَئِكَ هُمُ الْمُفْلِحُونَ [الحشر: ٩]

"Mereka mendahulukan orang lain dari diri mereka meskipun mereka sendiri membutuhkan. Siapa yang menjaga dirinya dari sifat kikir maka mereka itulah orang-orang yang beruntung."

Ia berkata dalam dirinya, "Aku tidak ada di sini."

Ia membaca lagi lalu menemukan ayat ini:

كَانُوا قَلِيلًا مِنَ اللَّيْلِ مَا يَهْجَعُونَ (١٧) وَبِالْأَسْحَارِ هُمْ يَسْتَغْفِرُونَ (١٨) وَفِي أَمْوَالِهِمْ حَقٌّ لِلسَّائِلِ وَالْمَحْرُومِ (١٩) [الذاريات]

"Mereka sedikit sekali tidur di malam hari. Di waktu sahur mereka beristighfar. Dalam harta mereka ada hak untuk orang yang meminta-minta dan orang yang menjaga harga dirinya."

Ia pun berkata dalam dirinya, "Aku tidak ada di sini."

Ia terus mencari. Ia lalu menemukan ayat berikut:

إِنَّهُمْ كَانُوا إِذَا قِيلَ لَهُمْ لَا إِلَهَ إِلَّا اللَّهُ يَسْتَكْبِرُونَ [الصافات: ٣٥]

"Ketika dikatakan pada mereka, tidak ada Tuhan selain Allah, mereka bersikap sombong."

Ia berkata pada dirinya, "Aku tidak ada disini dan aku berlepas diri dari mereka."

Kemudian ia membaca lagi dan menemukan ayat berikut:

مَا سَلَكَكُمْ فِي سَقَرَ (٤٢) قَالُوا لَمْ نَكُ مِنَ الْمُصَلِّينَ (٤٣) وَلَمْ نَكُ نُطْعِمُ الْمِسْكِينَ (٤٤) وَكُنَّا نَخُوضُ مَعَ الْخَائِضِينَ (٤٥) وَكُنَّا نُكَذِّبُ بِيَوْمِ الدِّينِ (٤٦) [المدثر]

"Apa yang menyebabkan kalian masuk neraka? Mereka menjawab, " Kami dulu tidak shalat. Kami juga tidak memberi makan orang miskin. Kami ikut melakukan keburukan bersama orang-orang yang melakukannya. Kami juga mendustakan hari kemudian."

Ia berkata pada dirinya, "Aku tidak ada disini dan aku berlepas diri dari mereka."

Sampai akhirnya ia menemukan ayat berikut:

{وَآخَرُونَ اعْتَرَفُوا بِذُنُوبِهِمْ خَلَطُوا عَمَلًا صَالِحًا وَآخَرَ سَيِّئًا عَسَى اللَّهُ أَنْ يَتُوبَ عَلَيْهِمْ إِنَّ اللَّهَ غَفُورٌ رَحِيمٌ} [التوبة: ١٠٢]

"Orang-orang yang mengakui dosa-dosa mereka. Mereka mencampurkan amal yang baik dan amal yang buruk. Semoga Allah mengampuni mereka. Sesungguhnya Allah Maha Pengampun lagi Maha Penyayang."

Ia pun berkata, "Disinilah diriku."

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Kereeen ulasannya, Pak. Salam literasi

19 Apr
Balas

Mantap ulasannya, salam sukses

19 Apr
Balas



search

New Post