Abu Husen

Guru Biologi di SMAN 1 Kasiman Bojonegoro sejak tahun 2005. Lulus S-1 dari Jurusan Biologi FMIPA Univeritas Negeri Malang Tahun 2004. Saat ini tinggal di sebuah...

Selengkapnya
Navigasi Web

KELAS TERAKHIR

KELAS TERAKHIR

Oleh Abu Husen

Hari itu Andi jengkel sekali dengan teman-temannya. Sebagai siswa SMP tentu dia dan teman-temannya mendapatkan pelajaran saling menghargai dan menghormati sesama. Pelajaran budi pekerti yang telah diajarkan oleh guru PKn sekaligus guru PAI-nya. Andi merasa bahwa dia telah mengamalkan perbuatan mulia tersebut. Buktinya dia suka menolong dan selalu mengucapkan selamat kepada teman-temannya yang berhasil meraih peringkat 10 besar di kelasnya setiap kali pembagian rapor di sekolahnya.

Andi merasa bukan anak yang pintar secerdas teman-temannya dalam memahami pelajaran. Hingga tiga semester berlalu, dia tidak mendapatkan sekalipun ucapan selamat dari guru dan teman-temannya karena tidak pernah masuk 10 besar kelas. Namun di semester keempat, dia bertekad dan belajar dengan sungguh-sungguh hingga selesai menghadapi ulangan akhir semester genap. Dia ingin memperbaiki peringkatnya agar mendapatkan ucapan selamat dari teman-temannya.

Kini setelah penerimaan rapor semester empat, dia berhasil meraih peringkat 10 di kelasnya dan mendapatkan ucapan selamat dari gurunya. Namun hingga sore hari, tidak ada satupun teman sekolah yang juga teman sepermainannya mengucapkan selamat kepadanya. Sepanjang bermain bola dia lebih banyak diam. Seusai bermain, teman-temannya yang memahami keinginan Andi-pun berkata, “Selamat Andi, kamu berhasil meraih peringkat 10 dari 11 siswa di kelas terakhir sekolah kita.” Ucap mereka sambil memandang papan nama sekolah yang telah lusuh dan hampir jatuh dari tiang penyangganya.

Pinggiran Bojonegoro, 23 Juni 2020.

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Terima kasih sudah berkenan berkunjung Bu Rosmalinda. Salam Literasi dan sukses untuk Ibu.

23 Jun
Balas

Keren Pak. Suskes ya. Salam literasi.

24 Jun
Balas

Keren pak,,si Andi masih dapat 10 besar, dulu saya dapat 10 besar aja perjuangan belajarnya sungguh berat,,berat diongkos,,

23 Jun
Balas

Inggih Pak.. Terima kasih berkenan berkunjung..

23 Jun

Keren pak

23 Jun
Balas

Kasiannya si Andi, bagus pak Pentigrafnya

23 Jun
Balas

Iya bu, kasihan andi dan teman2nya. Terima kasih Bu

23 Jun

Keren Pak.

23 Jun
Balas

Bagus. Mesakne ya. Wkwkwkw

23 Jun
Balas

Iya bu., kasihan si Andi.

23 Jun

Pentigraf lucu. Kereeern

23 Jun
Balas

Terima kasih bu.. Masih perlu byk belajar ini..

23 Jun

Bagus,pak ceritanya

23 Jun
Balas

Terima kasih bu..

23 Jun

Bagus Pak, salam literasi

23 Jun
Balas

Terima kasih Bu.. Salam literasi

23 Jun

Bagus Pak, salam literasi

23 Jun
Balas

Saya punya pengalaman seperti ini pak. Seorang pelajar yg dapat rangking 9 ketika duduk di bangku SMK. Bangganya luar biasa semua saudara dan teman di SMP dikabarinya termasuk saya. Eeeh begitu tau ternyata rangking 9 dari 9 orang. Wkwkwwk Bisa juga ya dijadikan cerita.

23 Jun
Balas



search

New Post