ACHMAD KANAPI

Belum menuliskan informasi profilenya.

Selengkapnya
Navigasi Web
Bersama atau Sendiri?

Bersama atau Sendiri?

Bersama atau Sendiri?

Menarik untuk direnungkan, kalimat yang diucapkan seorang guru di kelas ketika ia menyuruh siswanya untuk menyusun pasangan kata bermakna.

"Silakan membuat kelompok, kemudian bekerjalah bersama teman kelompok"!

Ada seorang siswa yang mengangkat tangan dan berkata:"Bu, saya mengerjakan sendiri saja, ya?"

Sambil berfikir sejenak, bu guru membolehkan siswa tadi untuk bekerja sendiri.

Sepertinya tidak ada yang salah dengan sikap bu guru tersebut. Ia memberikan tugas dengan bekerja kelompok, di sisi lain ada siswa yang diijinkan menyelesaikan tugas sendirian.

Namun demikian, yang perlu diperhatikan adalah ketika guru akan menilai kemampuan siswa dalam kerjasama, maka seharusnya semua siswa mau bergabung ke dalam kelompok.

Yang menjadi persoalan mungkin ketika ada siswa yang memiliki pengalaman tidak bisa leluasa mengekspresikan kemampuannya ketika harus bekerja bersama dengan yang lain. Ia lebih yakin ketika mengerjakan tugas sendiri. Dan memang hasilnya dia merasa yang terbaik.

Begitulah karakter yang dimiliki beberapa siswa. Bila mereka bisa menjaga konsistensi karakter tersebut, maka itu akan menjadi modal berharga pada masa depannya.

Ada pekerjaan yang harus diselesaikan dengan tim. Ada juga pekerjaan yang hanya bisa diselesaikan secara mandiri.

23-9-2022

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar




search

New Post