Ach Taufiqirrohman

Kepala Madrasah di MTs At Taqwa Bondowoso.Lulusan S1 FKIP/MIPA Universitas Bondowoso tahun 2003.Bekerja sebagai Guru PNS di MTsN 2 Bondowoso sejak tahun 2005 ...

Selengkapnya
Navigasi Web
Mengenal Lebih Dekat Zoom Meetings

Mengenal Lebih Dekat Zoom Meetings

Oleh : Ach Taufiqirrohman, S.Pd

( Guru MTsN 2 Bondowoso)

Tantangan hari ke - 89

#TantanganGurusiana

Zoom adalah Sebuah layanan konferensi video berbasiskan cloud computing. Aplikasi ini mengizinkan kamu untuk bertemu dengan orang lain secara virtual, entah itu dengan panggilan video, suara, atau keduanya. Menariknya, semua percakapan via Zoom bisa direkam untuk dilihat lagi nantinya. Aplikasi Zoom ini dinilai punya kualitas yang mumpuni. Buktinya, setengah dari perusahaan yang masuk ke Fortune 500 sudah menggunakan layanan tersebut. Bapak presiden RI Joko Widodo dan jajarannya juga menggunakan aplikasi tersebut untuk rapat online dengan anggota kabinet.

Ketika orang berbicara tentang Zoom, Anda biasanya akan mendengar frasa berikut: Zoom Meeting (rapat Zoom) dan Zoom Room (ruang Zoom). Zoom adalah istilah yang mengacu pada rapat konferensi video yang dihosting menggunakan Zoom. Anda dapat bergabung dengan rapat- rapat yang mengundang Anda melalui webcam atau smartphone secara online. Sementara itu ruang Zoom sendiri merupakan pengaturan perangkat keras fisik yang memungkinkan perusahaan untuk menjadwalkan dan meluncurkan rapat Zoom dari ruang konferensi mereka. Anda juga dapat memakai aplikasi ini untuk skala kecil, tetapi jika Anda mempunyai perusahaan yang besar, tidak ada salahnya untuk membeli layanan premium aplikasi Zoom agar lebih mewadahi pekerjaan Anda lebih mudah.

Dalam tahun ini saja jumlah pengguna aplikasi Zoom telah mengalami perkembangan pesat dengan merebaknya pandemi COVID-19. Diperkirakan, perusahan yang memimpin dalam konferensi rapat online ini, mendapatkan lonjakan pengguna aktif sebanyak 2,22 juta per bulan sejauh Maret 2020. Sebuah angka kenaikan yang tinggi jika di bandingkan dengan pengguna aktif 2019 yang berjumlah 1,99 juta pengguna.

Ada Banyak sekali Fitur-fitur Zoom yang bisa kita manfaatkan sesuai dengan kebutuhan baik itu grup, kerjaan, dan hal hal lainnya. Bahkan ada juga yang memanfaatkan aplikasi Zoom Meeting untuk melaksanakan Video Conference. Berikut adalah fitur- fitur inti aplikasi rapat Zoom yang sangat mempermudah konferensi rapat online Anda: Host atau tuan rumah dapat melakukan pertemuan persatuan atau one-one-one tanpa batas bahkan dengan paket gratis sekalipun. Anda juga dapat dengan mudah melakukan manage terhadap user yang bergabung pada Konferensi meeting Anda dengan menggunakan Aplikasi Zoom.

Anda dapat mengundang hingga 500 orang peserta jika Anda membeli add-on untuk rapat besar. Namun paket gratis memungkinkan Anda untuk menyelenggarakan konferensi rapat format video hingga 40 menit dan sampai 100 peserta. Zoom sangat mudah digunakan bahkan dengan koneksi yang lambat sekalipun.

Peserta dapat bertemu dalam format one-one-one atau dengan kelompok besar serta berbagi layar Anda dengan peserta lain sehingga mereka dapat melihat apa yang Anda lihat. Hal ini sangat berguna bagi kita yang menggunakan Zoom untuk rapat perkejaan, mempresentasikan proyek dengan client, dan lainnya.

Untuk peserta juga dalam melakukan Chat kesemua user atau juga keuser lain secara Private. Fitur ini sangat bermanfaat untuk diskusi antar peserta yang hadir untuk rapat dan Conference. Bisa juga dimanfaatkan untuk sesi FAQ atau tanya jawab dengan menginformasikan pertanyaan pada Fitur Chat ini.

Kita bisa melakukan Recording atau merekam Video Call yang kita lakukan, hal ini sangat bermanfaat bagi pengguna yang melaksanakan Video Conference dimana nantinya videonya akan di upload kembali atau di edit agar lebih baik sebelum di publikasi ke umum.

Bondowoso,

Baiti, Villa Kembang Asri, Selasa , 14 April 2020

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Mantab ustadz. Sgt informatif penjelasannya

14 Apr
Balas

Keren Ustadz

14 Apr
Balas

Makasih Pak infonya. Sukse selalu, salam literasi.

19 Aug
Balas

Mantul ustad

14 Apr
Balas



search

New Post