Drs. Ade Sukarna, M.Pd.

Drs. Ade Sukarna, M.Pd. , Penulis artikel di UC News dan Bernas.id, lahir di Cirebon, 13 September 1963. Menyelesaikan pendidikan S1 di IKIP Band...

Selengkapnya
Navigasi Web
3 Tips Rahasia Selalu Sehat dan Aktif di Usia Lanjut

3 Tips Rahasia Selalu Sehat dan Aktif di Usia Lanjut

Siapa yang tidak ingin tetap sehat dan aktif di usia lanjut? Walaupun usia sudah tidak lagi muda, semua orang ingin hidup sehat, bugar dan bebas beraktivitas. Bebas beraktivitas tanpa masalah, bebas dari masalah kesehatan, dan bebas bahagia di usia lanjut. Mau tahu rahasianya? Simak 5 tips berikut ini :

1. Perubahan seiring bertambahnya usia. Seiring dengan bertambahnya usia, fungsi-fungsi tubuh akan semakin menurun. Hal ini berkaitan dengan berbagai gangguan kesehatan seperti mudah lelah, osteoporosis dan mudah jatuh, konstipasi, serta berbagai penyakit kronis (seperti diabetes dan penyakit jantung). WHO (World Health Organization) menyebutkan bahwa beberapa gangguan kesehatan yang umum dialami di usia lanjut antara lain gangguan pendengaran, gangguan penglihatan, nyeri pada leher dan punggung, gangguan dan nyeri sendi, gangguan sistem pernapasan, diabetes, serta demensia.

2. Rutin olahraga untuk selalu aktif. Usia lanjut bukan halangan untuk tetap aktif bergerak dan rutin berolahraga. Bahkan, rutin berolahraga di usia lanjut justru dapat memberikan banyak manfaat kesehatan termasuk membantu pengaturan berat badan, menurunkan risiko penyakit kronis, mempertahankan massa otot, menjaga kesehatan tulang dan sendi, menjaga kebugaran jantung dan sistem pernapasan, serta mengurangi risiko jatuh. Jika kamu baru mulai berolahraga, lakukan secara perlahan dan bertahap. Pastikan juga untuk melakukan pemanasan dan peregangan sebelum dan sesudah berolahraga. Lakukan latihan aerobik seperti jalan sehat, jalan cepat, senam aerobik, bersepeda, berenang, atau berdansa minimal 30 menit setiap harinya. Kombinasikan dengan latihan beban 2-3 kali setiap minggu untuk membantu menjaga kekuatan tulang dan otot yang penting untuk aktivitas sehari-hari

3. Pentingnya pola makan sehat di usia lanjut. Menjalankan pola makan sehat di usia lanjut akan sangat bermanfaat. Pola makan yang sehat dan seimbang akan bisa membantu memenuhi keperluan nutrisi harian, mencapai dan mempertahankan berat badan dalam kisaran normal, menurunkan risiko terkena berbagai penyakit kronis (seperti diabetes, penyakit jantung, dan hipertensi), serta membantu agar tetap berenergi saat beraktivitas. Pola makan sehat merupakan salah satu pilar utama untuk bisa tetap sehat dan bahagia di usia lanjut.

Berikut ini terdapat pola makan sehat :

a. Perbanyak serat. Buah, sayur, dan biji-bijian utuh (seperti oat, gandum utuh, dan beras merah) merupakan sumber serat yang berkhasiat menjaga kesehatan saluran pencernaan dan mencegah konstipasi. Variasikan dan kombinasikan berbagai macam buah dan sayur dengan jenis dan warna yang berbeda, seperti sayuran hijau, pepaya, pisang, jeruk, apel, anggur, atau pir.

b. Cukupi protein. Protein berkhasiat untuk menjaga massa otot yang penting untuk mencegah jatuh. Pilihlah sumber protein yang sehat seperti telur, susu rendah lemak, ikan, atau kacang-kacangan.

c. Penuhi kebutuhan kalsium dan vitamin D. Kalsium dan vitamin D seperti terkandung pada susu, produk olahan susu, sayuran hijau, dan beberapa jenis ikan penting untuk menjaga kesehatan tulang.

d. Batasi asupan gula, garam, dan lemak. Konsumsi gula, garam, dan lemak yang tinggi berhubungan dengan masalah berat badan dan berbagai penyakit kronis. Selain itu, sering mengonsumsi makanan yang tinggi gula, garam, dan lemak juga bisa menurunkan asupan makanan kaya nutrisi yang penting untuk tubuh dan kesehatan.

Semoga bermanfaat. Ayo klik ikuti, bagikan dan beri komentar agar penulis terus termotivasi untuk berkarya.

Sumber : health.detik.com (8/11/19) / infopublik.id / suara.com / mausehat.

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Tip yang bagus, Pak Ade. Terima kasih atas pencerahannya. Salam literasi.

11 Sep
Balas

Luar biasa pak. Sangat bermanfaat sekali. Salam sukses selalu.

11 Sep
Balas

Sangat bermamfaat tulisannya. Salam literasi.

11 Sep
Balas



search

New Post