Drs. Ade Sukarna, M.Pd.

Drs. Ade Sukarna, M.Pd. , Penulis artikel di UC News dan Bernas.id, lahir di Cirebon, 13 September 1963. Menyelesaikan pendidikan S1 di IKIP Band...

Selengkapnya
Navigasi Web
5 Manfaat Ubur-Ubur Bagi Kehidupan Manusia. Nomor 2 Paling Menakjubkan!
5 Manfaat Ubur-Ubur Bagi Kehidupan Manusia (Foto : bernas.id)

5 Manfaat Ubur-Ubur Bagi Kehidupan Manusia. Nomor 2 Paling Menakjubkan!

Ubur-ubur adalah salah satu jenis mahluk laut atau air yang sangat menawan. Banyak orang menilai bahwa jenis ikan ini bisa menyebabkan bahaya karena sengatan yang bisa menyemburkan racun untuk kulit. Dampaknya orang yang terkena semburan racun ubur-ubur akan menderita gatal-gatal. Hewan air yang memiliki nama latin Rhizotomae dan termasuk ke dalam kelas Scyphozoa ini tidak memiliki tulang belakang, sehingga gerakan ubur-ubur saat di air terlihat seperti sedang melayang. Badan ubur-ubur terdiri atas 95 persen air dan 5 persen bahan padat.

Ada berbagai jenis ubur-ubur dengan berbagai jenis warna yang berbeda-beda. Hewan air yang mirip parasut ini bisa bertahan hidup sekitar tiga hingga enam bulan dan tergantung dari bagaimana cara mereka bisa hidup. Bagian sel tubuh ubur-ubur bisa meremajakan diri, sehingga saat di laut mereka terlihat sebagai hewan air yang tidak bisa mati.

Ternyata paling tidak ada 5 manfaat ubur-ubur bagi kehidupan manusia sebagaimana dilansir merdeka.com (27/1/18):

1. Pupuk tanaman organik yang lebih sehat. Pupuk ubur-ubur menjadi solusi untuk pupuk tanaman yang lebih sehat. Serat ubur-ubur yang kering merupakan pupuk organik yang meningkatkan kandungan gizi tanah dan dapat menghambat pertumbuhan gulma. Pupuk ubur-ubur kini banyak digunakan di Jepang dan Korea.

2. Riset mendalam terhadap penyakit akut. GFP (Green Fluorescent Protein) yang terkandung dalam ubur-ubur membuat ubur-ubur 'glow in the dark,' ternyata sangat berguna untuk mendiagnosis kesehatan manusia. Melalui penggunakan GFP, ilmuwan bisa memasang tanda di sel tertentu dan melacak perkembangan sel di dalam tubuh terhadap suatu penyakit seperti sel pada penderita diabetes dan HIV.

3. Penyelamat lingkungan. Potongan plastik mikroskopik (mikroplastik) telah menjadi masalah lingkungan. Salah satu sumber mikroplastik adalah microbeads yaitu sebuah bola plastik kecil yang ditemukan di sabun muka. Kini, microbeads telah dilarang di beberapa negara. Tak cuma dari sabun, mikroplastik juga datang dari pemecahan serat sintetis ketika baju dicuci di mesin cuci. Adanya proyek Go Jelly yang menggunakan ubur-ubur menjadi solusi sebagai penyelamat lingkungan, karena salah satu spesies dari ubur-ubur berikatan dengan mikroplastik. Proyek tersebut membuat biofilter dari ubur-ubur dan limbah pabrik yang mengandung mikroplastik diarahkan ke filter tersebut, sehingga limbah mikroplastik tak terlanjur lepas ke perairan.

4. Penolong si mata kering. Protein yang terkandung dalam ubur-ubur adalah mucin. Mucin adalah rantai protein panjang yang mengandung karbohidrat yang dapat mempertahankan kelembaban. Ubur-ubur menggunakan mucin untuk membersihkan diri dan melawan predator. Pembuatan air mata palsu bahannya berasal dari jeroan ubur-ubur. Bagi orang yang memiliki mata kering, mucin dari ubur-ubur ini bisa bermanfaat untuk menjaga bola mata agar tetap lembab.

5. Penyelamat lingkungan karena bisa dijadikan bahan pembuat popok yang biodegradable. Popok kini menjadi salah satu masalah lingkungan. Satu buah popok membutuhkan waktu ratusan tahun untuk biodegradasi.Untunglah, salah sebuah perusahaan membuat sebuah popok biodegradable dengan menggunakan ubur-ubur. Ilmuwan material bernama Shachar Richter, menemukan bahwa daging ubur-ubur mampu menahan cairan dalam jumlah besar tanpa melarutkannya. Manfaat absorpsi yang baik ini dialokasikan menjadi material baru bernama Hydromash. Proses pembuatan popok ini cukup rumit. Pertama, daging ubur-ubur diurai terlebih dahulu dan mencampurnya dengan nanopartikel antibakteri. Bahan ini bisa digunakan ke popok bayi serta dewasa, produk kebersihan wanita, serta perban medis. Menurut informasi, hydromash bisa terdegradasi selama 30 hari saja.

Itulah 5 manfaat ubur-ubur bagi kehidupan manusia yang perlu diketahui, sehingga kita tidak selalu beranggapan bahwa ubur-ubur merupakan hewan air yang tidak berguna, tidak ada manfaatnya dan menjadi hewan pengganggu lingkungan di air/ laut.

Mau berlangganan Quipper Video? Silakan dapatkan kode promosinya di sini agar harganya lebih murah.

http://bit.ly/kodepromosiQV

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar




search

New Post