Drs. Ade Sukarna, M.Pd.

Drs. Ade Sukarna, M.Pd. , Penulis artikel di UC News dan Bernas.id, lahir di Cirebon, 13 September 1963. Menyelesaikan pendidikan S1 di IKIP Band...

Selengkapnya
Navigasi Web
9 Trik Mengatasi Rasa Malu Bagi Pelajar. Nomor 1 dan 2 Perlu Perhatian!
9 Trik Mengatasi Rasa Malu Bagi Pelajar

9 Trik Mengatasi Rasa Malu Bagi Pelajar. Nomor 1 dan 2 Perlu Perhatian!

Pelajar sering kali harus mempresentasikan tugas makalah, mengajukan pertanyaan saat diskusi atau menjawab pertanyaan guru. Namun, beberapa pelajar terkendala karena memiliki rasa malu yang berlebihan. Rasa malu berlebihan bisa menjadi penghalang dalam berbagai aktifitas pembelajaran, sehingga guru tidak mengetahui kemampuan yang sesungguhnya dari pelajar tersebut. Akibatnya pelajar yang pemalu tidak bisa berprestasi akademik dan non akademik secara optimal.

Berikut ini ada 9 trik untuk mengatasi rasa malu yang berlebihan bagi pelajar :

1. Menyadari bahwa menjadi pemalu sangat merugikan. Pelajar hendaknya menyadari bahwa memiliki sifat malu berlebihan akan merugikan diri sendiri. Membiasakan membuka percakapan saat berkenalan atau ketika berkumpul dengan teman-teman merupakan salah satu solusi untuk mengatasi rasa malu.

2. Menemukan berbagai hal yang menjadi kelebihan pelajar. Untuk mengatasi rasa malu, pelajar harus memiliki percaya diri. Percaya diri bisa tumbuh ketika pelajar mempunyai kelebihan tertentu dari pelajar lainnya. Berbagi kelebihan (ilmu, kemampuan atau harta) bisa mengikis rasa malu dan meningkatkan respek dan salut orang lain terhadap dirinya.

3. Mencoba untuk lebih mencintai diri sendiri. Terkadang pelajar membenci dirinya, minder dan malu denga kondisi fisik ataupun keterbatasan kemampuan ekonomi orangtuanya. Untuk mengatasi hal ini, pelajar hendaknya mencintai dirinya sendiri dan menemukan kelebihan pada dirinya agar merasa nyaman dengan kondisi fisik yang ada ataupun kemampuan ekonomi orangtuanya yang terbatas.

4. Fokus kepada orang lain. Rasa malu mungkin timbul, karena pelajar khawatir dan takut untuk berbuat kesalahan yang bisa membuat orang lain menertawakan dan mengejek. Untuk mengatasinya, fokuslah kepada orang lain. Ternyata, orang lain pun bisa berbuat kesalahan.

5. Melakukan teknik pernapasan untuk menghindari gugup dan cemas. Ketika rasa cemas, gugup, malu mulai berkecamuk, hendaknya pelajar memejamkan mata, mengampil napas dalam-dalam, tahan sekitar 5 detik, kemudian hembuskan. Semoga dengan teknik ini membuat tubuh pelajar menjadi lebih rileks, santai dan nyaman.

6. Mencoba menghadapi kenyataan, tidak melarikan diri dari permasalahan. Menghadapi permasalahan jauh lebih mudah dan efisien daripada melarikan diri dari permasalahan. Metode ini bisa membuat pelajar menjadi lega dan berani. Pelajar mulai tumbuh keberaniaannya dan rasa malu perlahan menghilang sehingga potensi pelajar bisa berkembang optimal

7. Mengurangi idelisme dan ingin selalu sempurna. Rasa malu pelajar biasanya muncul karena adanya idealisme berlebihan dan ingin tampil sempurna di hadapan teman-temannya. Hendaknya pelajar berikhtiar untuk menerima dan memaafkan kesalahan-kesalahan dirinya dan membuang jauh-jauh rasa minder, khawatir dan malu, karena dari kesalahan yang diperbuat bisa menjadikan dirinya lebih baik di lain kesempatan.

8. Berlatih berbagai teknik untuk bergaul di lingkungan sekolah dan sosial lainnya. Pelajar bisa mempelajari berbagai teknik dan cara untuk bergaul dan bersosialisasi di sekolah dan lingkungan sosial lainnya sehingga menjadi pribadi yang lebih baik lagi dan tidak malu lagi ketika bergaul di lingkungannya. Menambah dan memperluas berbagai keterampilan membuat pelajar menjadi pemberani tampil di hadapan khalayak ramai.

9. Percaya pada diri sendiri. Pelajar hendaknya punya kepercayaan diri yang kuat bahwa dirinya bisa berubah ke arah lebih baik. Dulunya pemalu. Namun, kini dirinya telah berubah menjadi berani tampil berbicara di hadapan orang banyak, berani mengemukakan pendapat, berani bertanya dan hal positif lainnya.

Demikianlah 9 trik mengatasi rasa malu bagi pelajar. Apabila pelajar sudah tidak minder dan tidak malu lagi ketika proses pembelajaran berlangsung, bergaul di kelas dan lingkungan sosial lainnya, diharapkan pelajar Indonesia berkarakter pemberani. Berani berdiri di forum resmi untuk berbicara, mampu bergaul di lingkungan lebih luas, sehingga dapat meningkatkan prestasi akademik, non akademik dan kepribadiannya serta mampu bersaing dengan pelajar mancanegara.

Mau berlangganan Quipper Video? Silakan dapatkan kode promosinya di sini agar harganya lebih murah.

http://bit.ly/kodepromosiQV

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar




search

New Post