Adrizal

Belum menuliskan informasi profilenya.

Selengkapnya
Navigasi Web

HARAU MENDUNIA

Harau Mendunia

Penulis : ADRIZAL

Instansi : SMPN 4 Kec. Bukik Barisan

Harau mendunia Wooww.. sesuatu banget. Pertama mendengar slogan ini dari Pemkab Limapuluh Kota penulis merasa bangga. Suatu cita cita yang mulia dan penuh optimisme untuk memajukan pariwisata di daerah ini. Beberapa tahun belakangan kita lihat masing masing daerah di Sumatera Barat memang sedang gencar membangun sektor pariwisatanya. Ada yang dibangun lansung oleh pemerintah daerah ada yang separo swasta sebagian pemerintah banyak juga yang dibangun swasta atau masyarakat di objek tersebut sepenuhnya.

Pariwisata sekarang menjadi sektor andalan dalam menggeliatkan perekonomian rakyat. Banyak keuntungan yang akan diperoleh masyarakat disekitar tempat wisata itu berdiri. Mulai dari pedagang kecil, asongan, kaki lima sampai ke pada pengusaha pemilik rumah makan dan penginapan akan kelimpahan rizki.

Lembah harau merupakan primadona pariwisata Limapuluh kota. Banyak wisatawan yang merasa takjub melihat lukisan alam yang terhampar dihadapan mata. Bukit bukit batu yang menjulang tinggi, seperti raksasa gagah berbaju hijau dibalut tumbuhan dan lumut yang menyejukkan. Ditambah air terjun yang mengalir dari bukit bukit batu, menambah keindahan yang sulit dilukiskan. Maha besar Allah dengan segala ciptaannya. Siapapun yang datang berkunjung niscaya akan terpuaskan dahaga wisatanya.

Banyak cerita rakyat tentang lembah harau, ini juga merupakan bagian kekayaan khasanah budaya daerah. Segala potensi yang ada adalah modal, tinggal bagaimana kita bisa merawat memoles dan berani berinovasi hingga suguhan alam yang luar biasa ini menjadi mutiara beharga yang bernilai tinggi.

Kedepan yang perlu dibenahi adalah para pelaku wisata dan masyarakat yang tinggal disekitar daerah tersebut. Bagaimana kita yang berdiam disekitar daerah tujuan wisata bisa memberikan pelayanan yang paripurna bagi pengunjung. Dengan segala keramahan dan sikap yang bersahabat konsumen akan ketagihan untuk datang lagi dan lagi.

Butuh kerjasama yang intens antara pihak dinas pariwisata dan dinas pendidikan terkait. Sikap dan karakter bisa ditumbuhkan mulai dari sekolah dasar. Bisa saja dibuat Kurikulum Muatan lokal tentang budaya daerah setempat yang mengarah pada penumbuhan sikap dan pelayanan yang baik terhadap tamu yang datang. Tidak ada yang tidak mungkin sekarang ini bagi sebagian kalangan uang bukan masalah, para turis yang datang butuh pelayanan, dan semua itu hanya bisa di dapat dari pendidikan yang mengarah kepada penumbuhan sikap tersebut.

Semoga kedepan apa yang diimpikan Pemerintah Limapuluh kota akan terujud. Kuncinya kerjasama semua pihak. Dengan kerja keras tidak ada yang tidak mungkin, Harau Menuju Dunia adalah sebuah harapan yang akan menjadi nyata.

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar




search

New Post