amk affandi

Guru matematika di SMP Muhammadiyah 4 Yogyakarta. Alamat rumah di Klaten....

Selengkapnya
Navigasi Web
Reward
sumber gambar : https://www.123rf.com/photo_34171406_rewards-word-in-colorful-stars-illustrating-a-reward-bonus-prize-enticement-or-incentive-for-good-pe.html

Reward

Pernahkan pembaca memberikan reward(penghargaan)? Seberapa sering pembaca memberikan punishment (hukuman)? Kepada orang lain, baik terikat dalam sebuah komunitas ataupun bukan merupakan satu ikatan kerja. Andai sudah pernah memberikan penghargaan, seberapa pantas yang telah pembaca ikhlaskan kepada orang lain.

Pemberian penghargaan kepada orang lain, apalagi kepada karyawan sama artinya dengan menghargai kinerja yang sudah dilakukan dengan baik. Seringkali perusahaan masih belum paham pentingnya memberikan reward untuk karyawan.

Penghargaan adalah sebuah bentuk apresiasi kepada orang lain atas prestasi tertentu yang diberikan, baik oleh dan dari perorangan ataupun suatu lembaga yang biasanya diberikan dalam bentuk material atau ucapan

Apa manfaat pemberian penghargaan? Memperkuat motivasi untuk memacu diri agar mencapai prestasi yang optimal, Memberikan tanda bagi seseorang yang memiliki kemampuan lebih. Menciptakan prestasi diri (bagi si penerima).

Sebaliknya, bila seseorang dalam melakukan aktifitas terlihat biasa saja, maka sangat wajar bila tak memperoleh reward. Atau bahkan melawan aturan, tata cara yang berlaku sehingga menimbulkan gangguan bagi orang lain, maka diganjar dengan punishment atau hukuman.

Hukuman adalah sebuah cara untuk mengarahkan sebuah tingkah laku agar sesuai dengan tingkah laku yang berlaku secara umum. Dalam hal ini, hukuman diberikan ketika sebuah tingkah laku yang tidak diharapkan ditampilkan oleh orang yang bersangkutan atau orang yang bersangkutan tidak memberikan respon atau tidak menampilkan sebuah tingkah laku yang diharapkan. Reward tidak harus berupa materi. Reward bisa juga bisa berujud rasa senang, rasa penasaran yang terpuaskan, perasaan asyik dan juga rasa bangga. Reward semacam ini adalah hasil jerih payah yang telah didapatkan. Sehingga memunculkan gairah untuk selalu berbuat yang lebih baik. Tanpa adanya reward besar kemungkinan, seseorang tidak akan mengulangi aktivitas itu secara rutin

Kebiasaan yang baik hingga menimbulkan gairah untuk berprestasi, harus dipupuk secara terus menerus. Prestasi diri akan menjadi energi, sehingga sumbu hidup akan terus menyala.

Bila pembaca melihat rekan sejawat terlihat lesu dan kurang bergairah dalam melakukan aktifitas, janganlah langsung ditegur. Bisa saja ia sedang membutuhkan apresiasi dan penghargaan. Ada saat-saat tertentu orang membutuhkan imbalan yang lebih karena telah bekerja melebihi dari orang lain.

Pemberian reward tidak hanya untuk tali ikatan dengan orang lain lebih erat, namun juga untuk memotivasi agar orang lain mau bekerja lebih giat. Dengan memberikan reward kepada orang lain, dapat mendorong teman memiliki perilaku dan sikap yang lebih positif dalam bekerja yang dapat meningkatkan produktivitas.

Selain itu pemberian reward mampu meningkatkan motivasi dan loyalitas. Ini juga merupakan cara untuk menghargai dan menciptakan kesejahteraan positif dalam suatu komunitas.

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Hal yang sering terlupakan yang pak. Padahal efeknya luar biasa

08 Apr
Balas



search

New Post