amk affandi

Guru matematika di SMP Muhammadiyah 4 Yogyakarta. Alamat rumah di Klaten....

Selengkapnya
Navigasi Web

Tahapan Pengetahuan dalam RPP

Bisa jadi, ada beberapa guru yang belum bisa membedakan antara fakta, konseptual, prosuderal dan meta kognitif. Karena keempat definisi tersebut kalau tidak teliti, hampir sama maknanya. Keempat definisi ini termaktub dalam materi pembelajaran. Bagaimana mungkin, guru professional tidak bisa membedakan.

Guru profesional berarti guru yang menguasai ilmu pengetahuan yang diajarkannya atau materi pelajaran. Persyaratan menguasai ilmu mutlak untuk semua guru, baik yang berpengalaman maupun yang belum berpengalaman. Tak ada pemakluman bagi guru yang baru sekali pun dalam penguasaan pengetahuan sekurang-kurangnya harus menguasai sampai level mampu menjelaskan.

Untuk lebih mudahnya, marilah kita kaji empat hal di atas, dengan contohnya.

Fakta. Fakta berkaitan dengan benar dan salah. Atau lebih jelasnya ujudnya. Contoh : gelas, air, pensil, buku, dll. Seorang guru menguji pengetahuan faktual siswa jika pernyataan yang dibuatnya sesuai dengan kondisi yang senyatanya.

Konseptual. Konsep berkaitan langsung dengan klasifikasinya, prinsip, teori, model dll. Lebih mudahnya, orang bisa menjelaskan atau membedakan dari fakta. Misalnya, siswa bisa membedakan antara gelas dengan air. Pensil dengan buku.

Prosedural. Prosedural terkait dengan penguasaan proses. Ada tahapan-tahapan yang harus dilalui sehingga sesuai dengan aturan yang berlaku. Bila proses tersebut tidak diurutkan, maka hasil akhir tidak sesuai yang diharapkan.

Sebagai contoh : orang menanak nasi. Pertama yang dipersiapkan adalah, menyiapkan tungku/kompor, mengambil beras. Tahap kedua, beras dicuci dan diberi air secara proporsional, tahap yang ketiga menyalakan kompor dengan skala tertentu, dan waktu tertentu, sehingga berujud nasi.

Meta Kognitif. Tahap pengetahuan yang paling tinggi adalah berfikir. Berfikir membutuhkan pengetahuan dan pengalaman/ketrampilan. Setelah menerima beberapa materi pelajaran, siswa mampu membangun pengetahuan baru. Atau bisa juga disebut dengan pemahamn mengenai belajar tentang cara belajar.

Tahap ini, bisa jadi, seseorang yang akan menanak nasi tak perlu lagi menggunakan kompor. Sebagai gantinya listrik, atau panel tenaga surya. Pengganti nasi, bisa jadi dengan mengganti jenis makanan lain yang berbentuk karbo hidrat.

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar




search

New Post