Agus Riyanto

Belum menuliskan informasi profilenya.

Selengkapnya
Navigasi Web

Kerugian Kita Menulis di Gurusiana

Menulis di Gurusiana sebenarnya sama saja dengan menulis di media lain. Hal yang membedakan, disini kita berkumpul dengan guru dari seluruh penjuru tanah air untuk saling berbagi, berinteraksi, dan memberikan motivasi untuk selalu menulis dan menulis. Gurusiana.id merupakan wadah tepat agar kita bisa memperkaya khasanah kepenulisan dan melatih ketajaman analisis dalam menerbitkan sebuah tulisan.

Beberapa bulan terakhir, banyak sekali akun dari guru baru yang mejadi member di gurusiana. Banyaknya member baru ini, bisa menjadi sangat merugikan kita sebagai member lama. Member baru biasanya akan sangat antusias dalam menerbitkan tulisan-tulisan mereka. Kerugian kita sebagai member lama antara lain:

1. Tersaingi

Kita sebagai member lama, pastinya akan tersaingi dari sisi produktivitas menulis dibanding member baru. Persaingan ini tentu harus dimanfaatkan secara baik agar kita tidak tertelan tulisan member baru. Sebagai member lama, selayaknya kita semakin termotivasi untuk selalu menulis disini. Persaingan ini harus kita nikmati, dan menjadikan member baru sebagai sparring partner yang tepat untuk mengasah jiwa kepenulisan kita.

Persaingan sebagai sparring partner ini harus kita wujudkan dengan saling memberikan apresiasi di kolom komentar. Akhir-akhir ini, saya melihat interaksi ini (di kolom komentar) sudah menjadi barang langka. Seolah tidak ada interaksi antar member, padahal marwah blog ini adalah media komunikasi dua arah dalam satu semangat yaitu menerbitkan tulisan yang semakin berkualitas. Jelas hal ini sangat merugikan, karena kita tidak bisa memanfaatkan kesempatan untuk saling melengkapi dalam pelatihan menulis ini.

2. Tidak Berguna

Adanya member baru menjadikan kita tidak berguna, dan sia-sia saja menulis di gurusiana.id ini. Tidak berguna apabila antar member saling bersifat individualis tanpa mau memberikan apresiasi kepda penulis lain. Tidak berguna kita menulis jika ternyata kita tidak mau peduli dengan tulisan orang lain, bahkan untuk saling mengikuti saja kita enggan. Saling mengikuti saling komentar merupakan kegunaan kita ada di grup gurusiana ini.

Adanya banyak member baru di grup gurusiana ini seharusnya bisa kita manfaatkan agar kita tidak mengalami kerugian. Kita justru harus bisa mengambil manfaat berupa pendapat dan atau saran kritik dari member baru hingga pada akhirnya kita akan saling menopang untuk kualitas yang semakin baik dalam tulisan-tulisan kita. Inilah kerugian adanya member baru, kalau kita tidak bisa memanfaatkannya sebagai sparring partner dalam menulis.

Salam.

*) Jangan terjebak pada judul yak

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Kerugian lain ndak dapat honot

20 Nov
Balas

Betul pak, salah satu kerugian yang menarik haha.

20 Nov

Dapatnya lbh dari honor Pak. Disini dpt ilmu, sahabat, dan keterampilan.

20 Nov

Paklek siap-siap gulung tikar

20 Nov
Balas

kula bantu nggelar malih. hahaha

20 Nov

Ckckck... Kerugianmu terbayar, saat artis papan atas Gurusiana turun gunung Bang Agus.. Colek Pak Leck Murman, dan Pak Edi Martani. Seperti kacang goreng ini tulisan. Renyah dan gurih.

20 Nov
Balas

Berdoaakah hamba jika menurunkan beliau berdua ke kolom kemontar kula? hehehe

20 Nov

Tulisan bagus pak, lanjut!

20 Nov
Balas

lanjut, dan semoga istiqomah.

20 Nov

Salah satu member yang paling dirugikan adalah saya. kenapa? karena saya harus terjun bebas di kolom komentar hanya untuk ikut memberikan apresiasi tulisan sahabat yang satu ini. kereeen.... lanjut!

20 Nov
Balas

matur nuwun...sukses selalu Pak. salam kenal

20 Nov

Ikutan komen ah.. Benar benar terjebak judul.. Sampe deg degan bacanya.. Hahaha..

20 Nov
Balas

Ikutan komen ah.. Benar benar terjebak judul.. Sampe deg degan bacanya.. Hahaha..

20 Nov
Balas

ssstt. ah masa terjebak?

20 Nov

Makanya buru buru baca... Ternyata...

20 Nov
Balas

hahaha...KCG beraksi

20 Nov

Makanya buru buru baca... Ternyata...

20 Nov
Balas

Hahaha...komen ahhh...sebagai bentuk apresiasi...anggeurrrr judulnya selalu menjebak....

20 Nov
Balas

Sssttt...ah

20 Nov

New member is coming.. Wkkkkkkkkkkkkkkkkkkk

21 Nov
Balas

new member dan sparring partner dalam menulis adalah GOOD

21 Nov

Benar kata, Pak Following saya lebih sedikit dari follower. Nanti saya tambah, biar tambah kaya dan menjadikannya sparring fartner.....

20 Nov
Balas

mantap Pak

20 Nov

Itulah ciri2 member lama, yang sudah mengenal asam garam kepenulisan di Gurusiana,

20 Nov
Balas

saya member baru Pak, tp sudah tua (lama) hahaha

20 Nov

Hehe keren

20 Nov
Balas

hehehe...awalnya ngernyitkan dahi

20 Nov



search

New Post