Agus Salen

Belum menuliskan informasi profilenya.

Selengkapnya
Navigasi Web

Motivasi Berbuat (Tagur248)

Ada tiga motivasi bagi seseorang untuk berbuat atau melakukan tindakan ketiga motivasi tersebut terdiri dari dua motivasi berupa motivasi eksternal dan satu motivasi internal. Kadang orang berbuat sesuatu atau melaksanakan tugas oleh karena untuk menghindari hukuman atau sanksi. Seorang siswa akan melaksanakan kewajibannya mengerjakan PR karena takut dimarahi oleh guru atau takut berdiri di depan kelas. Sehingga motivasinya untuk berbuat hanya karena ingin menghindari hukuman.

Akibatnya kualitas kerja dari motivasi ini tidaklah terlalu penting yang penting dia sudah terhindar dari hukuman fisik. Seseorang berusaha memenuhi tugas dan kewajibannya meski dengan menggunakan berbagai cara meskipun cara yang digunakannya sesungguhnya tidak benar. Inilah bahanya jika pekerjaan itu dilakukan hanya semata-mata untuk menghindari hukuman atau sanksi.

Terkadang perbuatan seseorang hanya ingin memperoleh reward atau penghargaan atau hadiah. Kebaikan motivasi kedua ini adalah anak akan berlomba-lombah memperoleh yang terbaik, karena diiming-iming diberikan hadiah. Bagi siswa yang mendapatkan hadiah akan sangat senang karena diperolehnya melalui kerjakeras usaha pentang menyerah.

Kelemahan dari motivasi ini adalah siswa merasa kesal, jengkel karena hadiah yang diperoleh tidak sebanding dengan kerja keras yang selama ini diberikan. Akaibatnya timbul rasa kecewa dan penyesalan serta membebani perasaannya. Pemberian hadiah itu bisa dilakukan di akhir pelajaran sehingga tidak memberikan pengaruh negative kepada siswa.

Kedua motivasi tersebut merupakan motivasi eksternal sehingga tidak akan berlangsung lama. Siswa akan patuh pada saat itu saja untuk menghindari sanksi atau untuk mendapatkan hadiah setelah itu kepatuhannya akan berkurang. Pengaruh dari motivasi ini langsung memberikan dampak akan tetapi sifatnya tidak berlangsung lama.

Llantas bagaimana agar pekerjaan yang dilakukan seseorang itu dapat dilaksanakan meskipun tidak ada guru yang melihatnya. Motibasi ketiga adalah motivasi yang dilakukan dengan berdasar pada kesadaran diri untuk berbuat. Motivasi ini akan berlangsung agak lama meskipun tidak ada guru yang melihat dia tetap melaksanakan tugasnya sebagaimana mestinya karena siswa tersebut telah memiliki kesadaran yang timbul dari dirinya sendiri.

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar




search

New Post