Agus Siswanto

Alumni D 3 Pendidikan Sejarah IKIPN Yogyakarta tahun 1988, pernah mengajar di Baucau Timor Timur (1989 - 1999). Kini mengajar di SMAN 5 Magelang, hobby olah rag...

Selengkapnya
Navigasi Web
Masyarakat Garda Depan Pencegahan Penyebaran Covid-19

Masyarakat Garda Depan Pencegahan Penyebaran Covid-19

Mencermati perkembangan penyebaran Covid-19 saat ini, benar-benar membuat miris. Dalam release laporan pemerintah angka keterjangkitan sudah menyentuh 200 ribu orang. Sedangkan jika kita menengok angka keterjangkitan Covid-19 di dunia, lebih mencengangkan lagi, 28 juta orang. Bahkan India yang menjadi tetangga kita saat ini telah menduduki peringkat kedua keterjangkitan Covid-19 di dunia dengan 4 juta penderita!

Pemandangan ini jelas sangat meresahkan siapapun yang peduli. Bagi dunia Pendidikan, kenyataan ini hanya akan menambah Panjang derita anak-anak kita. Termasuk juga derita teman-teman guru. Tanggung jawab kita sebagai garda depan pembentukan generasi muda pemegang tongkat estafet kepemimpinan negara ini terhambat. Pembelajaran Daring tetap tidak bisa menggantikan pembelajaran tatap muka. Tugas mendidik yang menjadi salah satu tugas kita, hanya dapat dilakukan secara tatap muka. Harus ada interaksi langsung antara guru dan murid.

Perkembangan penderita Covid-19 yang demikian massif ini sebenarnya telah diperhitungkan sebelumnya. Saat fase New Normal diterapkan, sebenarnya menjadi pintu masuk peningkatan penyebaran Covid-19. Lihat saja, jika dahulu penyebaran hanya terjadi di tempat-tempat keramaian saja, saat ini penyebaran Covid-19 sudah masuk dalam lingkup keluarga. Sehingga tidak mengherankan jika muncul berbagai klaster keluarga di mana-mana. Sungguh miris. Karena jika lingkup keluarga telah terjangkit, maka bukan tidak mungkin akan menyebar ke sekitar keluarga tersebut.

Situasi semacam ini disebabkan oleh 2 hal yaitu, rendahnya kedisiplinan masyarakat dan adanya sebagian masyarakat yang menganggap bahwa Covid-19 itu hanya ilusi semata. Ketidakpatuhan masyarakat dalam menerapkan protocol Kesehatan menjadi salah satu bukti dari 2 hal di atas. Anggapan bahwa Covid-19 itu tidak ada, membuat mereka berbuat semaunya. Padahal New Normal sebenarnya dijalankan tetap dengan protocol Kesehatan yang ada. Sehingga secara garis besar mau selesai atau tidak semua tergantung pada masyarakat. Semakin rendah kesadaran masyarakat dengan protocol Kesehatan, maka semakin lama juga kita akan hidup dalam situasi tak menentu semacam ini. Sehingga tepatlah jika sejatinya kita adalah garda depan pencegahan penyebaran Covid-19.

Magelang, 9 September 2020

#edisiberbagi

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Terima kasih telah berkunjung. Ayo menulis terus, Pak. Salam sukses.

04 Nov
Balas

Masya Allah

22 Sep
Balas

Semoga covid segera berlalu...Aamiin

26 Sep
Balas

Penyebaran covid sudah sangat mengerikan. Kita mesti waspada dan berhati hati...tq tulisannya pak.

21 Oct
Balas

Awali dari diri sendiri dan keluarga. Ingatkan baik-baik kepada mereka yang abai terhadap protokol pencegahan COVID-19. Terimakasih telah berkunjung ke sriyonospd.gurusiana.id untuk saling SKSS.

03 Nov
Balas

Pamekasan seminggu ini naik cepat. Semoga kita semua dilindungi olrh Allah dan wabah ini segera berakhir. Aamiin. Keren ulasannya pak de

28 Nov
Balas

Semoga kita garda depan selalu sehat Wal Afiat, amin

15 Oct
Balas

Semoga pandemi ini segera berlalu

26 Oct
Balas

Kita tidak bisa mengetahui apakah covid ada disekitar kita? Semoga kita selalu waspada dan hati-hati serta melakukan protokol covid selalu.

12 Sep
Balas

Saya kadang patuh kadang tidak, aduh

15 Oct
Balas

Semoga Covid-19 cepat berlalu....

26 Sep
Balas

Mudahan segera aman dan Covic-19 segera hengkang dr kehidupan kita....amin

19 Sep
Balas

Pengen jadi garda terdepan. Tapi dimana-mana sudah rame...

18 Oct
Balas

Semoga badai cepat berlalu...eeeh...corona segera berlalu...

03 Oct
Balas

Semoga covid segera berlalu...AamiinSemoga selalu sehat dan sukses selalu

26 Oct
Balas

Semoga masyarakat segera sadar risiko covid sangatlah besar.

09 Sep
Balas

Semoga musibah dunia ini segera berlalu, aamiin...

28 Oct
Balas

Benar pak. Longgarnya kedisiplinan dalam menjalankan protokol kesehatan sudah sangat mengkhawatirkan...

17 Sep
Balas

Iya pak. Setuju. Analisisnya tajam pak. Salam

30 Oct
Balas

Is oke pak salam literasi selalu

01 Oct
Balas

MashaaAllah semoga badai cepat belalu bahagia dunia akhirat selau Amiin Sukses pak

15 Oct
Balas

Doa kita semua semoga wabah Corona segera berakhir. Salam sukses selalu.

16 Sep
Balas

Semoga pandemi ini cpt berlalu...

22 Oct
Balas

Semoga pandemi ini cpt berlalu...amin

27 Oct
Balas

Sayogyanya masyarakat harus paham dan mematuhi protokol kesehatan. Keren artikelnya pak.

14 Sep
Balas

Semoga pandemi covid segera berlalu....dan kita tetap hrs disiplin diri utk keesehatan kita dan menjaga kebersihan lingkungan.....salam sukses pa...,paparan yg keren...,salam literasi

15 Sep
Balas

Ya Allah ....semoga Covid-19 segera berlalu....AamiinTerimakasih Pak Pencerahannya....dalam literasi

04 Oct
Balas

Semoga semuanya cpt berlalu

27 Sep
Balas

Doa kita semua semoga wabah Corona segera berakhir. Salam sehat dan su*ses selalu....

26 Oct
Balas

Semoga wabah cepat berlalu. Salam sukses selalu untuk bapak

13 Sep
Balas

Semoga Covid-19 segera pergi...salam sukses

16 Oct
Balas

Covit oh covit

18 Sep
Balas

Ulasan yang bagus sekali.Terimakasih Guru.

03 Nov
Balas

Menganggap virus tak ada padahal faktanyaa ada, ilmiah dan terukur..slam pakDhe

01 Oct
Balas

Semoga masyarakat sadar bahwa covid sdg mengintai mereka dan tidak hnya keluarga mereka bahkan orang lain,,keren ulasannya pak..

31 Oct
Balas

Miris ya Pak, hmmm sejauh masyarakat nggak sadar diri ... Bisa2 lama juga pandemi ini.Salam literasi, sukses selalu ya Pak.

25 Oct
Balas

Semoga covid segera sirna ya pak, ulasan keren, izin sudah saya follow pak

25 Oct
Balas

Semangat untuk kita tim garda depan pencengahan Ovid, semangat.

21 Oct
Balas

Semoga pandemi segeraberlalu. Sukses selalu Pak. Salam kenal dan salam literasi

26 Oct
Balas

Semoga masyarakat bisa berdisiplin menjalankan protokol kesehatan, dan covid segera berlalu

28 Sep
Balas

Semoga covid cepat berlalu....salam literasi sukses selalu Pak dhe...

23 Sep
Balas

Harapan dan doa tak pernah putus smoga Allah yang menciptakan segalanya smoga ceoat menarik kembali wabah covid bg kita semua...Aamiin..

15 Sep
Balas

Mantab tulisannya pak. Salam sukses selalu

26 Oct
Balas

Negeri ini butuh literasi yang mencerahkan..selamat sukses dan sehat selalu sahabat..

27 Sep
Balas

Tulisannya mantap, semoga Pandemi ini lekas berlalu. Salam literasi

26 Oct
Balas

Ulasannya keren habis, semoga Pandemi lekas berlalu

20 Nov
Balas

Semoga kita selalu dilindungi Allah SWT... Covid-19 segera berlalu... Sukses selalu Pak Agus Siswanto...

30 Oct
Balas

Sangat setuju bapak, PJJ tak bisa menggantikan tatap muka, bagus ulasannya

25 Nov
Balas



search

New Post