Agus Siswanto

Alumni D 3 Pendidikan Sejarah IKIPN Yogyakarta tahun 1988, pernah mengajar di Baucau Timor Timur (1989 - 1999). Kini mengajar di SMAN 5 Magelang, hobby olah rag...

Selengkapnya
Navigasi Web
Uniknya 'Profesi' Guru Penulis
sumber: pixnoi

Uniknya 'Profesi' Guru Penulis

Menjadi guru yang juga penulis, atau menjadi penulis yang juga guru itu tidak semua orang bisa, lho. Sehingga mereka yang meniatkan diri terjun di dua bidang ini, dapat dipastikan orang keren. Seperti teman-teman yang ada di sini.

Lalu muncul pertanyaan, terus di mana letak kerennya? Jelas kelihatan. Mereka yang sudah meniatkan diri di bidang ini harus mempunyai pengaturan waktu yang luar biasa. Antara mengajar dan menulis. Dua bidang yang seharusnya berhubungan, tapi terkadang saling mengganggu. Lucu, kan. Berhubungan kok mengganggu.

Inilah uniknya ‘profesi’ seorang guru penulis. Sebagai seorang guru, dijamin semua atau apa yang kita lihat, dengar, dan lakukan dapat menjadi ide tulisan. Jadi tidak ada alasan untuk tidak menulis. Apalagi jika guru tersebut juga mempunyai aktivitas di luar mengajar. So, pasti banyak banget yang bisa ditulis.

Di sisi lain, sebagai penulis sudah jelas dia ‘wajib’ membuat tulisan paling tidak sehari satu tulisan. Sebab ini adalah jalan yang sudah dipilih. Masalah yang muncul adalah waktu yang akan dipergunakan untuk menulis. Ini bukan masalah kecil, tapi big big big problem, alias masalah besar. Alasannya sudah jelas. Guru zaman now, banyak banget kesibukannya. Mulai dari kegiatan mengajar, tugas tambahan, dan pemenuhan administrasi.

Urusan administrasi inilah yang menguras pikiran dan energi kita. bahkan terkadang adiministrasi yang tidak berkaitan langsung dengan profesi kita sebagai guru. Sampai berdarah-darah kita mengerjakannya. Terkadang sampai kegiatan mengajar sejenak kita tinggalkan gegara mengejar deadline berkaitan urusan itu.

Nah, kembali ke keunikan ‘profesi’ guru penulis. Bagi mereka mampu mengatur kegiatan keduanya sehingga mampu berjalan seiring, benar-benar luar biasa. Mereka layak disebut the special one.

Lembah Tidar, 20 Januari 2023

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Mantap surantap Pakdhe. Sukses selalu

23 Jan
Balas

Sangat inspiratif, siap ngangsu kawruh

20 Jan
Balas

Keren ulasannya Pak Agus, sukses

20 Jan
Balas

Guru Penulis plus petani dan semuanya ya Pak dhe

11 Feb
Balas

Pentingnya manajemen waktu ya Pak Agus

20 Jan
Balas

Lama gak skss..makin keren mas

21 Jan
Balas

Mantap pakde semoga kita semua terus berkarya meski jadi guru

11 Feb
Balas

Mantap ulasannya Pak, sukses selalu

20 Jan
Balas

Siip, Pak Dhe, Menjadi Special one... Salam sukses.

11 Feb
Balas

Keren pak De..maaf jarang SKSS

21 Jan
Balas



search

New Post