Agus Sukamto

Belum menuliskan informasi profilenya.

Selengkapnya
Navigasi Web

Cara baru dan cara lama

Cara baru atau cara lama

Oleh: Agus Sukamto

01/01/2021

Tahun baru 2021 sudah datang. Semester 2 juga sebentar lagi akan berjalan. Sudah siapkah kita menjalaninya?

Pengalaman pertengahan semester 2 awal Pandemi kita semangat untuk belajar dari rumah. Belajar daring maupun luring. Pembelajaran dengan internet seolah asik-asik saja. Walaupun beberapa masih kesulitan menggunakannya

Semester 1 kemarin sepertinya semangat belajar daring mulai menurun. Siswa mulai jenuh dengan pembelajaran daring dan pembelajaran jarak jauh. Mahalnya kuota juga menjadi masalah buat beberapa siswa. Beruntung ada bantuan kuota dari Kemdikbud. Walau, kuota bantuan tidak sepenuhnya terpakai. Karena hanya aplikasi tertentu yang bisa digunakan dengan koluota belajar. Kurangnya pengetahuan dan sosialisasi juga jadi penyebab kurang maksimalnya penyaluran kuota internet tersebut.

Menurunnya kualitas belajar juga datang dari beberapa aspek. Diantaranya adalah Pembatasan pembelajaran hanya sebatas kompetensi esensial, keluhan para orang tua yang memanjakan siswa akan tugas yang diberikan guru, bahkan diikuti himbauan dari kepala daerah.

Keluhan orang tua yang ditanggapi oleh SKB menteri yang melahirkan kebijakan membolehkan pembelajaran tatap muka. Walaupun kebijakan masih harus dengan persetujuan kepala daerah, kebijakan ini harus disiapkan dengan baik. Bagi yang diperbolehkan tatap muka, harus siap protokol. Harus siap juga membantu beberapa siswa mengejar ketertinggalan selama pembelajaran jarak jauh.

Perlu inovasi untuk membantu siswa mengejar ketertinggalannya. Cara belajar yang lama perlu ditingkatkan. Sharing antar guru perlu terus dilakukan. Dengan begitu akan mendapatkan metode yang tepat untuk mengejar ketertinggalan.

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Ua sangat menjemukan kondisi daring....

01 Jan
Balas

Benar Bu.Ada solusi bagaimana agar tidak menjemukan?

01 Jan



search

New Post