Agus Sumarno, S.Pd.,MM.,M.Pd.

Belum menuliskan informasi profilenya.

Selengkapnya
Navigasi Web
MEMAKNAI HIDUP  (72)

MEMAKNAI HIDUP (72)

Pesan Inspiratif:

MEMAKNAI HIDUP

Oleh: Agus Sumarno, S.Pd.,MM ,M.Pd.

Hidup adakalanya terasa manis, adakalanya terasa pahit. Saat terasa manis, janganlah langsung ditelan. Saat terasa pahit, janganlah langsung dimuntahkan. Nikmatilah apa adanya, maknailah sisi positifnya. Semua akan indah pada waktunya.

Apa sesungguhnya visi dan misi hidup ini? Visi yaitu sesuatu motivasi yang akan mendorong seseorang untuk meraih cita-citanya. Di sisi lain, misi pribadi merujuk pada pernyataan yang mendefinisikan makna dan tujuan dalam hidup. Pernyataan ini akan menuntun Anda untuk mengambil keputusan dan menentukan perilaku.

Makna hidup adalah hal-hal khusus yang dirasakan penting dan diyakini sebagai sesuatu yang benar serta layak dijadikan sebagai tujuan hidup yang harus diraih.

Chopra (2007) menjelaskan bahwa yang dimaksud dengan makna hidup dalam hidup manusia adalah jika manusia mampu melepaskan diri dari sifat keduniawian, serta memiliki sifat-sifat kemanusiaan yang mendekati sang pencipta.

Prof Mardan menambahkan bahwa dalam Al-Quran ada 3 makna dasar hidup yaitu : rasa, tahu dan sadar, serta gerak dinamis. "Seorang dikatakan hidup menurut Al-Quran jika memiliki perasaan dalam hidup," ujarnya.

Tujuan hidup sendiri diartikan sebagai suatu panduan bagi diri Anda dalam menjalani kehidupan. Hal ini berguna untuk memandu, membentuk cita-cita, serta menemukan makna dibalik Anda menjalani hidup. Selain itu, itu dapat membantu Anda dalam mengambil berbagai keputusan dalam hidup, baik skala kecil maupun besar.

Tujuan hidup dalam Islam bagi manusia adalah menunaikan penghambaan dan pengabdian (dalam makna yang luas) kepada Allah Ta'ala. Sedangkan perannya di muka bumi adalah sebagai khalifah (pemimpin) di alam semesta ini.

Cara menjalani kehidupan di dunia yang baik adalah dengan melakukan perbuatan sesuai pedoman Al Quran dan hadits. Yaitu dengan bertakwa kepada Allah SWT, melaksanakan perintah dan menjauhi larangannya. Juga mengimani bahwa masih ada kehidupan akhirat setelah kematian, sehingga tidak menjadikan dunia itu segalanya.

Semoga kita selalu sehat dan tetap semangat. Jalanilah hidup ini dengan persaudaraan yang erat. Syukurilah, segalanya akan terasa nikmat. Sesungguhnya Anda adalah orang-orang yang hebat. Semoga hidup kita bermanfaat.

***

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar




search

New Post