Agus Sumarno, S.Pd.,MM.,M.Pd.

Belum menuliskan informasi profilenya.

Selengkapnya
Navigasi Web
MEMBACA KORAN BEKAS  (75)

MEMBACA KORAN BEKAS (75)

Kolom:

MEMBACA KORAN BEKAS

Oleh: Agus Sumarno, S.Pd.,MM.,M.Pd.

Kebiasaan membaca yang aku miliki berawal dari kegemaran membaca koran bekas di waktu kecil. Ini sungguh terjadi. Aku sangat suka tulisan-tulisan di koran apapun itu. Meskipun koran itu sudah lusuh bahkan sobek-sobek, aku tetap membacanya.

Dengan membaca aku merasa mendapatkan informasi dan wawasan baru. Apalagi jika di koran itu ada foto-foto atau gambar, aku sangat senang mengamatinya. Terbersit dalam benakku, betapa senang mereka yang dimuat di koran itu.

Setelah aku dewasa dan menekuni profesi jurnalis, aku sadar betapa pentingnya suatu ilustrasi foto dan gambar. Ternyata foto dan gambar bisa mewakili isi tulisan berita dan artikel yang ada di koran itu. Untuk itu, foto dan gambar sangatlah penting untuk memberikan dukungan fakta dalam isi berita.

Saat sekolah dasar, aku telah rajin berkunjung ke ruang perpustakaan sekolah dan getol meminjam buku. Bahkan saat belajar di SMP dan SMA, aku sering datang ke pondok baca untuk menyewa buku-buku cerita dan majalah. Kegemaran ini berlanjut dengan kegemaran menulis di mading sekolah.

Buku seolah menjadi teman hidupku. Banyak yang aku dapatkan dari kebiasaan membaca buku. Selain mendapatkan ilmu pengetahuan, wawasanku tentang dunia semakin luas. Berbagai hal kebutuhan hidup dapat aku temukan dari buku dan surat kabar.

Pada umumnya, isi yang terpenting dalam terbitan surat kabar antara lain: berita, tajuk rencana (editorial), artikel, pojok, surat pembaca, opini, dan gambar karikatur. Ditemui pula kolom-kolom advertensi atau iklan berbagai ukuran yang ditempatkan di halaman tertentu.

Surat kabar mempunyai empat fungsi yaitu informasi, edukasi, hiburan, dan persuasi. Dari keempat fungsi media massa tersebut, fungsi yang paling menonjol dalam surat kabar adalah informasi. Hal ini sesuai dengan tujuan khalayak pembaca surat kabar yaitu keingintahuan akan setiap peristiwa yang terjadi.

MEMBACA ITU HOBI

Membaca adalah salah satu hobi yang digemari banyak orang. Bahkan banyak orang yang menggunakan julukan 'kutu buku' bagi mereka yang memiliki hobi membaca. Dengan membaca, orang akan mendapatkan informasi mengenai perkembangan terkini atau peristiwa pada masa lalu.

Salah satu alasan mengapa membaca adalah salah satu hobi terbaik adalah karena membaca dapat memperluas wawasan. Membaca sesuatu dapat memberikan wawasan yang baru dan ilmu yang untuk dinikmati.

Selain menambah pengetahuan dan pengalaman, membaca juga memberikan hiburan bagi pembaca. Membaca bisa meningkatkan kualitas berpikir dan menambah kosa kata. Bahkan dengan gemar membaca, orang akan termotivasi untuk menulis dan menuangkan ide/gagasannya.

Nah, dunia akan maju jika orang rajin membaca dan menulis. Budaya literasi ini sangat bermanfaat bagi peradaban hidup manusia. Dengan adanya buku dan ensiklopedi tentunya ilmu pengetahuan semakin berkembang.

***

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar




search

New Post