Agus Sumarno, S.Pd.,MM.,M.Pd.

Belum menuliskan informasi profilenya.

Selengkapnya
Navigasi Web
PESONA WISATA WONOGIRI   (95)

PESONA WISATA WONOGIRI (95)

Wisata:

PESONA WISATA WONOGIRI

Oleh: Agus Sumarno, S.Pd.,MM.,M.Pd.

Bumi Wonogiri dikaruniai geografis yang indah. Di Wonogiri terdapat pantai dan pegunungan yang menyimpan sumber mata air yang membentuk air terjun. Pantai dan air terjun-air terjun itu menjadi daya tarik bagi warga. Kabupaten ini punya banyak potensi wisata apik yang didukung topografi perbukitan karst yang menawan.

Tak hanya itu, tawaran wisata pantai yang natural bak milik pribadi juga tak boleh terlewatkan. Kabupaten Wonogiri mempunyai segudang objek wisata yang bisa dijadikan pilihan alternatif untuk mengisi liburan Lebaran mendatang. Tempat wisata itu dinilai tak kalah memukau dari objek wisata utama yang dimiliki Kabupaten Gaplek, yakni Waduk Gajah Mungkur (WGM).

Pada hari Minggu dan musim liburan sekolah kawasan Waduk Gajah Mungkur banyak dikunjungi oleh wisatawan sebagai tempat rekreasi yang nyaman dan indah. Di kawasan ini sering digelar lomba gantole, road race, dan kini mulai digalakkan lomba dayung. Berbagai atraksi seni, jamasan pusaka Mangkunegaran, dan arena hiburan keluarga selalu digelar di objek wisata Sendang Asri.

Di sekitar waduk terdapat banyak rumah makan yang menawarkan menu spesial ‘Nila Bakar’ sebagai cirikhas hasil budidaya nelayan. Sebut saja kawasan Cakaran yang terdapat puluhan petani ikan dengan system karamba apung. Hasil budidaya ikan ini selain untuk mencukupi kebutuhan lokal, juga sudah diekspor ke luar negeri. Hasil tangkapan ikan nelayan Wonogiri sudah menyebar ke berbagai daerah seperti Jogjakarta, Pacitan, Solo, Semarang, bahkan Surabaya.

Ada beberapa tempat wisata alam yang bisa menjadi objek wisata alternatif bagi warga, selain Wisata WGM untuk mengisi libur Lebaran mendatang. Objek wisata itu seperti Pantai Nampu-Sembukan-Klotok-Parangjono-Waru yang berada di satu garis pantai di Kecamatan Paranggupito. Pantai-pantai itu berjarak sekitar 92 km dari pusat kota Wonogiri. Sedangkan jarak antara pantai satu dengan pantai lainnya hanya kurang lebih 50 meter.

Di Desa Setren, Kecamatan Slogohimo ada tiga air terjun namanya Air Terjun Girimanik. Letaknya sekitar 7 km dari pusat pemerintahan kecamatan. Di sana sudah ada tiga pos dan kendaraan bisa masuk sampai ke pos III. Dari pos III menuju air terjun bisa melintasi jalan setapak yang jaraknya hanya 500 meter.

Selain itu, ada pula Air Terjun Watujadah di Jatipurno. Tempat itu jaraknya hanya 1 km-2 km dari tempat parkir. Informasi yang dihimpun Solopos.com, air terjun juga terdapat di Kecamatan Karangtengah, yakni Air Terjun Jurug Kemukus di Desa Purwoharjo. Desa tersebut berbatasan dengan Pacitan, Jawa Timur. Di Dusun Melati, Desa Keloran, Selogiri terdapat Air Terjun Melati. Air terjun itu bisa ditempuh hanya dalam waktu 30 menit dari kawasan kota.

Kecamatan Manyaran juga menyimpan air terjun yang tak kalah memukau, yakni Banyunibo di Dusun Ngluwur, Desa Kepuhsari dan Beton di desa yang berbatasan dengan Weru, Sukoharjo. Selain itu di Manyaran juga terdapat sebuah sumber mata air yang biasanya cukup banyak dikunjungi warga, yakni Umbul Nogo di Desa Karang Lor.

Setelah Lebaran tiba biasanya ada banyak warga dari berbagai daerah dan provinsi lain berduyun-duyun ke Gedong Giyono di Dusun Wotgaleh, Desa Bakalan, Purwantoro. Di sana ada tempat wisata religi. Selain Pantai Nampu, Sembukan, dan Air Terjun Girimanik, belum terfasilitasi. Selama ini tempat wisata itu dikelola pihak desa atau warga sekitar. Pengelola dengan upayanya membuat akses jalan dan lainnya. Gedong Giyono menjadi daya tarik tersendiri. Pengunjung kebanyakan dari Solo dan Jawa Timur. Jumlah pengunjung paling ramai saat Syawalan atau sepekan setelah Lebaran.

Anda bisa mengunjungi Telaga Claket yang terletak di Desa Sendangijo, Kecamatan Selogiri.Kawasan wisata ini berbatasan langsung dengan Sukoharjo, sehingga banyak yang mengira Telaga Claket menjadi bagian dari kabupaten itu. Terlebih, letaknya hanya selemparan batu dari Bendung Colo. Telaga Claket atau juga dikenal sebagai Claket Riverside ini punya pesona indah telaga yang berpadu sempurna dengan bukit hijau di sekelilingnya. Suasana hening bercampur hembusan angin seolah membawa siapapun yang datang ke sana untuk rileks sejenak.Pantulan deretan pepohonan tergambar jelas di permukaan telaga. Beberapa pengunjung pada sore itu tampak berkumpul di dermaga kayu tepi telaga.

Objek wisata kawasan karst di Wonogiri selatan terdapat di Kecamatan Pracimantoro, Eromoko, Paranggupito, Giritontro, dan Giriwoyo. Kawasan ini berciri khas banyak memiliki gua-gua berstalaktit dan stalakmit dengan nilai alami yang menarik. Di antaranya Gua Ngantap di Bayemharjo, Gua Platar di Platarejo, Gua Song Putri di Eromoko, dan Gua Putri Kencana di Wonodadi Pracimantoro.

Di Desa Gebangharjo Kecamatan Pracimantoro - yang menjadi pusat penelitian kawasan karst - terdapat puluhan gua yang unik dan menakjubkan. Di sana terdapat Gua Tembus, Gua Mrica, Gua Sodong, Gua Potro, Gua Sapen, dan Gua Gilap. Berdasarkan penelitian para ahli sejarah dan geologi, kawasan gua-gua di Pracimantoro Wonogiri layak dijadikan sebagai Museum Kawasan Kars Indonesia.

***

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Kereeen ulasannya, Pak. Salam literasi!

14 Oct
Balas

Keren, Wonogiri ternyata menyimpan destinasi yang indah. Dulu waktu kecil, kalau mendengar Wonogiri, yang terbayang tanah gersang bebatuan. Tks Pak Agus, sudah berbagi informasi

15 Oct
Balas

Mantab ulasannya, pak. Jadi penasaran tempatnya. Salam kenal!

14 Oct
Balas



search

New Post