Agus Sumarno, S.Pd.,MM.,M.Pd.

Belum menuliskan informasi profilenya.

Selengkapnya
Navigasi Web
UANG ITU PENTING, TAPI BUKAN PALING PENTING  (73)

UANG ITU PENTING, TAPI BUKAN PALING PENTING (73)

Opini:

UANG ITU PENTING,

TAPI BUKAN PALING PENTING

Oleh: Agus Sumarno, S.Pd.,MM.,M.Pd.

Siapa yang tak butuh uang? Semua orang hidup butuh uang. Tak aneh jika uang sering menjadi akar semua permasalahan hidup di berbagai sektor. Uang sering menjadi pemicu korupsi, meraih jabatan, dan kehormatan.

Orang hidup bekerja untuk mencari uang. Namun, jika cara mencarinya dengan menghalalkan segala cara, uang justru akan mendatangkan malapetaka. Banyak terjadi kasus pembunuhan, perceraian, penipuan, kriminalitas, dan politik uang. Bobroknya moralitas bisa datang dari urusan uang.

Uang bukan hanya memenuhi kebutuhan primer, sekunder, tertier, sosial dan rohani, tetapi uang bisa juga mengangkat ego. Dengan memiliki uang, harga diri bisa terangkat, rasa percaya diri bertambah, berani mengeluarkan pendapat, berbicara di muka umum, dan berani mengambil tugas-tugas sosial.

Sebaliknya, bila Anda tidak punya uang orang bisa minder, rasa percaya diri bisa berkurang, bisa diam seribu bahasa dalam pertemuan dan tidak berani bicara. Bisa muncul rasa takut untuk terlibat pada aktifitas sosial.

Ironisnya, karena uang juga orang berperilaku 'aneh'; etika universal ditinggalkan. Ada yang mau disuruh melakukan apa saja- tidak perduli apakah itu benar atau salah.

Ada yang mau menjadi penjilat, pura-pura bersikap sopan, tidak berani mengemukakan kritik, 'menjual diri', melakukan hubungan seks dengan siapa saja, melakukan kejahatan bahkan sampai membunuh orang lain.

FUNGSI UANG

Uang sebagai alat tukar. Yaitu uang mempermudah dan memperlancar dalam melakukan transaksi tukar menukar. Uang sebagai satuan hitung. Yaitu uang berfungsi sebagai satuan ukuran besarnya nilai suatu harga dan memudahkan untuk menentukan nilai atau harga suatu barang yang diinginkan.

Fungsi asli dari uang sendiri juga terbagi menjadi 3 kategori. Fungsi yang pertama adalah uang sebagai alat tukar yang sah. Fungsi asli kedua sebagai sebuah satuan hitung, dan fungsi asli uang yang ketiga adalah sebagai alat penyimpan nilai.

Alat tukar merupakan fungsi utama uang karena pada dasarnya penggunaan uang adalah untuk memudahkan pertukaran. Adanya uang menjadikan kamu lebih fleksibel dalam menentukan pilihan antara pembeli dan penjual sehingga tidak perlu lagi memiliki keinginan timbal balik seperti pada pola barter.

UANG BUKAN SEGALANYA

Kata-kata uang bukan segalanya memang menjadi salah satu pepatah yang sering kali didengar. Pepatah ini mengandung arti bahwa uang bukan menjadi hal yang paling penting dalam hidup.

Uang itu alat tukar yang menjadi sarana untuk hidup. Jika cara mendapatkan uang dengan menghalalkan segala cara, sesungguhnya melanggar norma-norma kehidupan. Hidup bukan untuk menghamba uang, tapi hanya menempatkan uang sebagai sarana hidup.

Syekh Ali Jaber mengingatkan bahwa uang bukanlah segalanya. Dengan semakin meningkatnya kebutuhan hidup, manusia semakin mengejar dunia, contohnya uang.

“Uang bukan segalanya, tapi segalanya butuh uang” adalah kalimat yang tak asing, tidak mustahil, dan realistis. Untuk mencapai kebahagiaan sejati, bukan uang yang menjadi tolok ukurnya. Akan tetapi segala sesuatu yang dibutuhkan bahkan diimpikan perlu uang untuk menukarnya.

Penelitian yang dilaksanakan oleh Angus Deaton dan psikolog Daniel Kahneman, ekonom yang pernah memenangkan Hadiah Nobel Ekonomi ini menyebutkan bahwa uang memang memegang peran penting dalam menentukan kebahagiaan seseorang. Namun demikian, uang tidak bisa membeli kebahagiaan seseorang.

***

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar




search

New Post