AGUSTIA LENI, S. Pd

Belum menuliskan informasi profilenya.

Selengkapnya
Navigasi Web

Jurnal Dwi Mingguan Modul 1.3 VISI GURU PENGGERAK

Assalamualaiku Wr, WbSalam dan Bahagia untuk kita semuaTidak terasa kita sudah sampai di penghujung modul 1.3. Banyak pelajaran berharga yang saya petik dari modul 1.3 ini termasuk diantarntya “Visi Guru Penggerak “. Banyak juga pengalaman berharga yang saya pelajari dari rekan-rekan guru hebat, pengajar praktik, fasilitator atau instruktur. Melalui jurnal dwi mingguan ini saya mencoba menggambarkan pengalaman belajar yang saya alami selama mempelajari modul 1.3. Pengalaman - pengalaman berharga saat mempelajari modul 1.3 saya sajikan dengan model 4F (Fact, Feeling, Findings, dan Future atau 4P yaitu Peristiwa; Perasaan; Pembelajaran; dan Penerapan.Selamat membaca !1. Fact (Peristiwa)Kamis, 25 April 2024, Saya mulai mempelajari modul 1.3. dengan membuka tautan mulai dari diri. Di sini saya mendapat tugas untuk membuat gambaran imajiku tentang murid di masa depan. Jadi, saya harus membuat satu gambar mengenai murid yang saya dambakan 5-10 tahun mendatang. Saya juga menjelaskan situasi murid, peran guru, juga suasana sekolah sesuai dengan cita-cita saya.Pada tugas ini impian murid saya adalah murid yang unggul dan religius, yang tentunya juga gambaran dari profil Pelajar Pancasila. Mengimajinasikan sosok murid impian adalah hal yang selama ini tidak terpikirkan, saya baru tersadarkan bahwa seharusnya seorang guru memiliki impian indah tentang murid-muridnya di masa depan dan memotivasi diri untuk mewujudkannya.Tugas ini dapat dilihat pada link berikut:

https://drive.google.com/file/d/1T8LVbdz9D4xqbm78kXVf_GdKBT6yx-n7/viewusp=drive_link

Jum’at, 26 April 2024, Di bagian eksplorasi konsep, saya diberi pengantar tentang paradigma inkuiri apresiatif. Di bagian pengantar, saya juga diberi puisi pemantik yang berjudul “Aku Melihat Indonesia” karya Soekarno. Setelah itu, saya mempelajari materi tentang “Berpikir Strategis”, “Inkuiri Apresiatif sebagai Paradigma”, “Inkuiri Apresiatif sebagai Pendekatan Manajemen Perubahan (BAGJA)”, “Tahapan BAGJA”, “Proses Inkuiri dalam BAGJA”, dan “Amati – Tiru – Modifikasi”.Setelah itu, saya melakukan refleksi mandiri tentang pengalaman yang sudah dilakukan menggunakan kanvas BAGJA. Tugas ini dapat diakses melalui tautan:

https://drive.google.com/file/d/1QC3UIdPN71cnKhXVJWSplLFYTnZ07QGF/view?usp=sharing

Senin, 29 April 2024, Di bagian eksplorasi konsep, saya diberi pengantar tentang paradigma inkuiri apresiatif. Di bagian pengantar, saya juga diberi puisi pemantik yang berjudul “Aku Melihat Indonesia” karya Soekarno. Setelah itu, saya mempelajari materi tentang “Berpikir Strategis”, “Inkuiri Apresiatif sebagai Paradigma”, “Inkuiri Apresiatif sebagai Pendekatan Manajemen Perubahan (BAGJA)”, “Tahapan BAGJA”, “Proses Inkuiri dalam BAGJA”, dan “Amati – Tiru – Modifikasi”.Setelah itu saya, melakukan diskusi asinkron. Ada dua topik dalam diskusi asinkron : Berbagi Visi Murid Impia dan Berbagi Tugas Kesimpulan tentang Inkuiri Apresiatif

Selasa, 30 April 2024 adalah kegiatan Pendampingan Individu I oleh Pengajar Praktik Ibu Yossa Rahmalia. Melalui pendampingan individu pertama ini dilakukan refleksi dan berdiskusi mengenai penerapa dan perubahan kelas sesuai pemikiran Ki Hajar Dewantara, membuat Portofolio Digital di Google Site. Peta posisi diri dan rencana pengembangan diri dalam kompetensi sebagai guru penggerak

Selasa, 30 April 2024 adalah modul 1.3.a.5. Pada kegiatan ini kami sesama CGP berdiskusi secara mandiri mengenai Visi Guru Penggerak. Ruang kolaborasi dibagi menjadi dua bagian. Bagian pertama adalah diskusi dengan anggota kelompok yang dipandu oleh fasilitator yaitu Bapak Akhyar Rosidi. dan yang kedua adalah bagian presentasi hasil diskusi kelompok. Semua itu dilakukan melalui Google Meet.Kami dibagi menjadi 2 kelompok yang masing-masing kelompok terdiri dari 6 orang. kemudian hasil diskusi kami tulis dalam bentuk canva untuk dipresentasikan pada hari Kamis tanggal 2 Mei 2024Kamis, 2 Mei 2024 adalah modul 1.3.a.5.1 Ruang Kolaborasi presentasi. Pada kegiatan ini kami secara bergantian mempresentasikan hasil diskusi kami di depan kelompok lain secara daring. Secara bergantian juga kami saling berkomentar, memberi tanggapan san saling bertanya. Sungguh pengalaman yang sangat luar biasa karena mendapatkan ilmu pengetahuan dari Bapak Fasilitator dan teman CGP lainnya. Diakhir modul ini kami diminta mengunggah hasil diskusi kami ke LMSDi dalam kelompok ini, kami diminta membuat atau menyusun rencana BAGJA dari kalimat Prakarsa perubahan. Hasil dari diskusi ruang kolaborasi kelompok saya, bisa dilihat melalui tautan beriktut: https://drive.google.com/file/d/1cB1ddUW1iqEW4vFdGNzEt3oHEm9iGft1/view? usp=sharing

Jum’at, tanggal 3 Mei 2024 saatnya modul 1.3.a.6 yaitu Demonstrasi Kontekstual. Di bagian Demontrasi kontekstual ini, saya mendapatkan tugas tentang penerapan inkuiri apresiatif dengan membuat Prakarsa perubahan dengan tahapan BAGJA. Tugas demontrasi kontekstual yang saya buat dapat diakses melalui tautan berikut: https://www.youtube.com/watch?v=eo-LD_jlNM0

Selasa, 7 Mei 2024 adalah modul 1.2.a.7 kegiatan dilajutkan dengan Elaborasi pemahaman. Di bagian ini, saya ditugaskan untuk memberikan pertanyaan yang dapat menguatkan pemahaman saya tentang isi modul 1.3. Beberapa pertanyaan yang akan mengguatkan pemahaman saya akan materi konsep di modul 1.3 adalah:Saat menyusun Kanvas Bagja secara kolaborasi dengan sesama CGP, Apakah harus sama dengan yang lain?

Apakah ada aturan tertentu dalam pembuatan visi sekolah?Bagaimana cara mengolaborasikan visi sekolah jika setiap guru memiliki visi yang berbeda- beda dan mereka kukuh dengan visinya masing-masing?

Saya juga melakukan elaborasi pemahaman dengan instruktur melalui Gmeet pada tanggal 7 Mei 2024 pukul 15.30 – 17.00 WIB. Instruktur yang memandu kegaiatan elaborasi adalah ...........................................

Selasa, 7 Mei2024 adalah saatnya Koneksi Antar Materi modul 1.2.a.8 kegiatan koneksi antar materi. Bagian ini adalah pengaitan antar materi yang sudah saya pelajari mulai dari modul 1.1, 1.2, dan 1.3. Tugas di bagian ini adalah menjawab kaitan peran pendidik dalam mewujudkan filosofi Pendidikan Ki Hajar Dewantara, dan Profil pelajar Pancasila pada murid-murid dengan paradigma inkuiri apresiatif.

Selain itu, saya juga harus membuat revisi dan merumuskan dengan penuh keyakinan visi yang telah dibuat berdasarkan jawaban pertanyaan di atas, ke dalam sebuah visi yang membuat saya bersemangat ketika membacanya, dan menggerakkan hati setiap orang yang melihatnya.Adapun koneksi antar materi ini dapat dilihat pada link di bawah ini: .................

Senin, 13 Mei 2024 adalah saatnya action atau aksi nyata. Aksi nyata berisi pemahaman saya tentang modul 1.3. yang diterapkan secara nyata. Di aksi nyata ini saya melakukan Prakarsa Perubahan untuk mewujudkan peserta didik yang mencerminkan profil pelajar Pancasila dengan visi peserta didik dengan membangun peserta didik yang memiliki generasi pemimpin yang berkarakter memiliki nilai-nilai Pancasila yang berakhlak mulia, nasionalisme, kreatif, mandiri, dan berkolaboratif, mandiriAlhamdulillah saat ini modul 1.3 telah selesai saya pelajari. Semoga ilmu yang saya dapat dari modul 1.3 dapat bermanfaat untuk saya dan orang lain sehingga saya dan orang-orang di sekitar saya dapat tergerak, bergerak dan menggerakkan.

2. Feeling (Perasaan)

Selama saya mempelajari Modul 1.3., saya merasakan perasaan yang semangat, bangga, senang, dan tentunya tertantang. Saya semangat karena di modul 1.3. ini saya bisa mempelajari materi tentang visi guru penggerak yang cukup mencerahkan bagi saya dan tentunya menambah semangat saya sebagai guru. Saya bisa lebih paham tentang apa itu inkuiri apresiatif, Prakarsa perubahan, dan tahapan BAGJA.Saya bangga karena saya memiliki kesempatan untuk mempelajari materi yang sangat luar biasa dan sangat bermanfaat ini. Saya senang karena bisa berkolaborasi dengan teman CGP lain untuk membuat presentasi tentang pembuatan prakarsa perubahan dengan tahapan BAGJA. Saya juga sangat tertantang dengan tugas-tugas yang diberikan di sela kesibukan saya sebagai guru di sekolah.

3. Finding (Pembelajaran)

Di Modul 1.3. saya mendapatkan materi tentang paradigma inkuiri apresiatif (IA), yakni pendekatan manajemen perubahan yang kolaboratif dan berbasis kekuatan. IA menggunakan prinsip-prinsip utama psikologi dan pendidikan positif.

Pendekatan IA percaya bahwa setiap orang memiliki inti positif yang dapat memberikan kontribusi pada keberhasilan. Pendekatan IA dimulai dengan menggali hal-hal positif, keberhasilan yang telah dicapai dan kekuatan yang dimiliki organisasi. Saya juga mempelajari tahapan BAGJA sebagai salah satu kegiatan dalam manajemen perubahan.

Adapun tahapan dalam BAGJA adalahBuat pertanyaan utama,Ambil pelajaran,Gali mimpi,Jabarkan rencana,Atur eksekusi.

4. Future (Penerapan)

Setelah mempelajari modul 1.3 tentang visi guru penggerak, saya termotivasi untuk menjadi bagian dari perubahan dan mencoba mulai dari diri sendiri untuk melakukan hal terbaik dalam menentukan prakarsa perubahan guna mewujudkan pembelajaran yang berpihak pada murid agar tujuan pendidikan dapat tercapai sejalan dengan pemikiran filosofis Ki Hajar Dewantara yaitu mewujudkan murid agar mencapai keselamatan dan kebahagiaan.

Saya akan menerapkan inkuiri apresiatif untuk melaksanakan manajemen perubahan di sekolah saya. Saya akan membuat prakarsa perubahan untuk mewujudkan kebiasaan- kebiasaan baru yang tentunya akan mendorong peningkatan kualitas pembelajaran. Ke depannya peningkatan kualitas pembelajaran itu akan lebih cepat dalam mewujudkan siswa dengan karakter profil pelajar Pancasila.

Sebelum itu, saya termotivasi untuk berkolaborasi dengan rekan sejawat dan berkonsultasi dengan kepala sekolah dalam rangka merumuskan Visi Sekolah yang berpihak pada murid. Selain itu, saya juga akan mensosialisasikan paradigma inkuiri apresiatif dengan tahapan BAGJA untuk mempermudah pencapaian Visi Sekolah. Demikian refleksi dwi mingguan modul 1.3. yang bisa saya tuliskan. Terima kasih dan semoga bermanfaat.

Demikianlah refleksi dari perasaan saya selama mempelajari modul 1.3 yang coba saya ungkapkan dalam jurnal ini. Semoga jurnal ini dapat menginspirasi dan dapat memberikan manfaat bagi orang lain. Terkahir saya minta maaf apabila dalam penulisan jurnal ini masih terdapat banyak kesalahan dan kekurangan.

Wassalamualaikum Wr, Wb

Salam Guru Penggerak !Tergerak, Bergerak, Menggerakkan !

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar




search

New Post