Agustina Susi Utami

Agustina Susi Utami adalah nama pemberian bapakku yang berasal dari Pamekasan-salah satu kota di pulau Madura dan ibukku yang berasal dari Madiun yang terkenal ...

Selengkapnya
Navigasi Web

Penerapan PPK

Sepulang dari Jakarta langsung kuadakan koordinasi dengan waka dan staff. Dari koordinasi tersebut akhirnya kudapatkan info bahwa salah satu guru di sekolahku juga alumni pelatuihan kegiatan PPK. Bak gayung bersambut langsung dibentuklah tim dengan target kegiatan PPK tersebut benar-benar bisa diterapkan di sekolah yang kupimpin.

Sesuai dengan hasil pelatihan bahwa basis PPK dibagi menjadi 3 yaitu (1) berbasis kelas, (2) berbasis buidaya sekolah , dan (3) berbasis masyarakat). Maka , akhirnya tim PPK dibagi berdasarkan 3 basis tersebut. Tiap basis mempunyai rencana, program dan pelaksanaan kegiatan. Dan, berdasarkan hasil koordinasi tersebut maka sosialisasi PPK segera dilaksanakan. Kegiatan tersebut bertepatan dengan moment untuk pembagian rapot sisipan dan pertkenalan (tatap muka untuk pertamakalinya) denganku sebagai kepala sekolah. Akhirnya satu persatu program bisa berlangsung dan para orang tua peserta didik juga mendukung program tersebut setelah mereka paham maksud dan tujuan PPK.

PPK berbasis kelas dimandegani oleh guru yang sebelumnya telah mewakili sekolah. Beliau menjelaskan hal-hal yang berkaitan dengan integritas PPK dalam pembelajaran. Sementara itu yang berbasus sekolah menumbuhkan kegiatan-kegiatan yang bertujuan membentuk akhlsk yang baik. Di antaranya adalah melatih peserta didik agar bisa menerspkan 3 S, Sapa , Senyum, Salim . Melaksanakan upacara, meningkatkan kegiatan peribadatan seperti melaksanakan sholat Dhuha, sholat Dhuhur, dan Ashar, serta hafalan juz Amma. Alhamdulillah respon wali murid positif. Mereka senang anaknya sudah melaksanakan sholat Ashar sebelum pukang sekolah. Semrntara itu untuk kegiatan berbasis masyarakat di antaranya adalah denganmengundang para walmur untuk menceritakn "how to be succes", mengadakan pameran karya siswa dengan menghadirkan para orang tua agar mereka tahu akan kelebihan putra-putrinya. Selain itu juga melibatkan para ortu dan stake holder agar target sekolah tercapai, di antaranya mereja sangat mendukung kegiatan Adiwiyata sekolah dan juga kegiatan ekskul, misalnya KIR.

Dengan berjalannya 3 basis PPK itu juga membantu sekolah untuk mengantarkan peserta didikku untk menjadi pelajar yg bisa menerapkan PPK yaitu religius, nasionalis, gotohg royong, dan imtretùù

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar




search

New Post