Agustina Susi Utami

Agustina Susi Utami adalah nama pemberian bapakku yang berasal dari Pamekasan-salah satu kota di pulau Madura dan ibukku yang berasal dari Madiun yang terkenal ...

Selengkapnya
Navigasi Web
PERUBAHAN

PERUBAHAN

Ketika aku ditanya apa yang paling menakutkan di dunia ini, aku terdiam. Aku berpikir mungkinkah bila terpapar Covid-19 itu yang paling menakutkan? Ternyata yang paling menakutkan itu adalah sebuah perubahan. Ya perubahan itu memang menakutkan, karena tidak mudah bagi kita untuk mengubah minsed kita. Ketika mendengar kata perubahan kita cenderung berpikiran negatif dan prasangka buruk sehingga kita khawayir bahwa kita akan kehilangan sesuayu dan berakhir lebih buruk dari yang sudah dimulai.

Sama dengan kondisi pembelajaran jarak jauh yang sekarang ini kita alami sekarang ini. Kita semua tidak pernah membayangkan bahwa musibah ini ternyata mengantarkan perubahan yang luar biasa . Suka tidak suka guru-guru akhirnya harus mau belajar IT. Karena untuk menghadapi situasi pandemi ini pemanfaatan IT dianggap yg paling tepat untuk mengatasi permasalahan yang dihadapi oleh para pendidik. Kondisi ini bisa menghantarkan perubahan untuk anak didik kita menghadapi era 4.0.

Akankah posisi guru tergantikan oleh IT. Tentu saja jawabannya tidak. Posisi guru masih belum tergantikan, namun bila guru itu tidak menguasai IT maka guru tersebut akan tertinggal. Maka untuk memberikan pelayanan yang terbaik guru harus menjadi guru pembelajar sehingga bisa mengikuti atau menyesuaikan dengan perubahan yang terjadi. Karena tidak ada kemajuan tanoa perubahan. Ini sesuai dengan firman Alkah yang terdapat di surat ar Rad ayat 11 yang artinya " Sesungguhnya Allah tidak akan mengubzh keadaan suatu kaum sebelum mereka menguvah keadaan diri mereka sendiri ... ."

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Mantap bu Agustina

02 Aug
Balas

Luar biasa

03 Aug
Balas



search

New Post