Agustus Magribi

Agustus Magribi, S.Pd. lahir di Jakarta, 28 Agustus 1970. Memperoleh gelar sarjana pendidikan jurusan Bahasa dan Sastra Indonesia dari IKIP Jakarta tahun 1995. ...

Selengkapnya
Navigasi Web

Berkreasi dengan limbah bahan makanan dan serelia #tantangan menulis 30 hari gurusiana har

Pada hari Rabu, 5 Februari 2020, siswa level 7 dan 8 SMP Al-Jannah melakukan pembelajaran Food Technology. Materi yang dipakai berdasarkan Kompetensi Dasar dari mata pelajaran Prakarya tentang Pengolahan. Level 7 membuat bolu dari kulit pisang dan level 8 membuat mochi dengan bahan dasar serelia atau biji-bijian.

Food technology adalah pengolahan bahan makanan menjadi jenis makanan yang wujudnya berbeda dari bahan dasar. Contoh paling mudah adalah pembuatan nugget, baik nugget yang rasanya gurih seperti nugget ayam, sayur ,atau tempe, maupun yang manis seperti nugget pisang.

Sebelum hari pelaksanaan, para siswa sudah mendapatkan materi dan menonton video cara pengolahan bahan-bahan tersebut. Sehingga saat pengolahan bahan-bahan dasar tadi menjadi makanan yang tidak mencirikan lagi dari bahan dasarnya.

Kulit pisang yang biasanya dibuang, oleh para siswa diolah menjadi kue bolu yang lezat. Setelah diolah bolu ini diberi topping atau hiasan berupa coklat, biskuit, keju, juga permen.

Sementara dari bahan tepung yang berasal dari serelia, yaitu beras, dibuat menjadi mochi dan diberi isian kacang tanah atau kacang merah. Agar lebih menarik mochi ini berwarna-warni dengan pewarna alami. Untuk warna merah para siswa menggunakan sari buah naga dan warna biru atau ungu menggunakan seduhan bunga telang.

Pelajaran yang dapat diambil oleh para siswa adalah memanfaatkan bahan sisa yang biasanya dibuang, penggunaan pewarna alami, dan pemahaman perubahan bentuk pada olahan makanan.

Untuk karakter yang dapat dikembangkan yaitu; mandiri, tanggung jawab, kerjasama, bersyukur kepada Allah, berpikir kritis, analitis, dan komunikatif

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Mau dong resep kulit pisang nya pak

18 Feb
Balas



search

New Post