Ahmad Hanapiyah

Guru di MTsN 2 Tangerang, Banten. Penulis buku "Madrasah Literasi: Best Practice Literasi Sekolah". www.madrasahliterasi.blogspot.co.id (buku lite...

Selengkapnya
Navigasi Web
Tips Membiasakan Siswa Menulis

Tips Membiasakan Siswa Menulis

INI TIPS MEMBIASAKAN SISWA MENULIS!

Pada umumnya, siswa mengalami kesulitan untuk menulis karangan yang baik. Mengapa demikian? Hal itu dapat terjadi karena siswa belum terbiasa menulis. Lalu, bagaimana cara membiasakan siswa menulis? Ada banyak cara yang dapat guru lakukan. Salah satu caranya dengan membiasakan siswa menuliskan hasil bacaan ke jurnal membaca setelah kegiatan membaca 15 menit pada awal pembelajaran.

Kegiatan itu rutin dilakukan siswa-siswi MTsN 2 Tangerang, Banten. Setelah siswa membaca buku selama 15 menit di awal jam masuk, mereka menuliskan ringkasan hasil bacaan dan komentar ke dalam buku jurnal membaca senyap selama 5 menit. Kegiatan rutin dibiasakan setiap Selasa, Rabu, Kamis pagi di kelas masing-masing dari pukul 07.00-07.20 WIB.

Bahan bacaan berasal dari buku-buku di rak Sudut Baca kelas yang merupakan bawaan siswa. Guru mempersilakan siswa memilih sendiri buku yang disukai. Siswa duduk di tempatnya masing-masing untuk membaca buku selama 15 menit.

Selesai membaca mereka menuliskan kembali hasil bacaan ke buku jurnal membaca dengan bahasa sendiri. Buku jurnal ini terdiri dari halaman sampul, petunjuk penggunaan, dan daftar isian. Isian berupa nomor, hari, tanggal, judul buku, pengarang, halaman baca, ringkasan isi bacaan, komentar, dan paraf guru yang mengajar di jam pertama.

Buku jurnal ini disimpan di rak perpustakaan kelas atau sudut baca. Setiap minggu ada pengecekan buku jurnal oleh guru bahasa Indonesia. Kelas progresif dalam membaca dan menulis mendapat penghargaan.

Jika setiap pagi siswa terbiasa menuliskan hasil bacaan ke dalam dua-tiga paragraf, tentu mereka akan terbiasa menulis beberapa halaman dalam seminggu. Harapannya, siswa juga akan terbiasa menulis makalah, laporan hasil penelitian, atau skripsi di jenjang pendidikan yang lebih tinggi.

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Mantap idenya pak. Saya suka nih

14 Jul
Balas

Terima kasih apresiasinya. Salam following Pak Yudha.

14 Jul

Inspiratif.terima kasih ilmunya Pak

15 Jul
Balas

Sama-sama Bu. Salam kenal, mohon following!

15 Jul

Terimaksih sudah mau berbagi, Pak

14 Jul
Balas

Terima kasih apresiasi Bu Umul dan sudah singgah untuk ke sekian kalinya di halaman saya.

15 Jul

Luar biasa Pak Ahmad, sangat menginspirasi! Insyaallah nanti coba sy aplikasikan pengalaman bapak ini. Keren!

20 Jul
Balas

Terima kasih apresiasi Bapak. Berkenan follow back

29 Jul

Ide bagus. Saya ikut adopsi untuk siswaku. Mantab pak.

14 Jul
Balas

Dengan senang hati! Silakan Pak Wiyono. Salam!

14 Jul

Mantap pak. Ijin copy buku jurnalnya..thank u

02 Aug
Balas

Silakan pak! semoga bermanfaat!

02 Aug

BAGUS SEKALI PAK

20 Jul
Balas

Terima kasih apresiasi Bapak.

02 Aug

Keren pak... Luar biasa sangat menginspirasi. Emang dari dulu bapak ini guru saya.

02 Aug
Balas

Terimakasih Pak Dian. Saya juga terinspirasi oleh program sekolah-sekolah lain yang keren!

03 Aug



search

New Post