Ahmad Hanapiyah

Guru di MTsN 2 Tangerang, Banten. Penulis buku "Madrasah Literasi: Best Practice Literasi Sekolah". www.madrasahliterasi.blogspot.co.id (buku lite...

Selengkapnya
Navigasi Web
Mau Mudah Terbitkan Buku?

Mau Mudah Terbitkan Buku?

TERNYATA INI RAHASIA SUKSES TERBITKAN BUKU

Pengalaman saya ini tentu juga pernah Anda alami. Sering menulis tapi belum bisa terbitkan buku. Saya hanya bisa mengamati sampul buku guru kreatif. Kapan tulisan saya jadi buku? Sejak itu, saya mulai menjadi detektif literasi. Saya cari informasi penerbitan. Ternyata, ada program MediaGuru.id yang menarik. Mengapa? Guru dilatih, dibimbing, dan diterbitkan bukunya. Wah, menarik sekali!

Impian saya untuk menerbitkan buku pun segera terwujud. Ya, pada 26-27 Agustus 2017, saya mengikuti kegiatan pelatihan menulis buku satu guru satu buku (sagusabu) di Cianjur. Pelatihan ini memotivasi saya untuk menuliskan ide, menata kalimat, hingga menghasilkan tulisan. Para pesertanya antusias. Berasal dari Kabupaten Cianjur, Bandung, Bogor, hingga Tangerang. Panitianya ramah sampai saya diinapkan gratis di mesjid sekolah, eh di losmen hehe.

Luar biasa dan inspiratif pematerinya! Itu kesan saya. Apa buktinya? Mohammad Ihsan tampil menggedor alam bawah sadar saya untuk meloncatkan kemampuan menulis saya. Ia sajikan sampul buku dan contoh-contoh tulisan ringan tapi inspiratif dari guru-guru penulis angkatan pelatihan sebelumnya. Pemateri lainnya, Eko Prasetyo dan Murman, alias Pak Leck, tampil aplikatif dan sabar dalam membimbing kami menulis kolom. Ini yang menarik, syaratnya 300 kata, mengandung kata kunci Cianjur, sagusabu, dan mengaitkan dengan pilihan daftar bahagia. Pemaksaan! Tapi kami menikmatinya hehe.

Daftar bahagia ini berisi harapan kebahagiaan selama ini. Saya mengerutkan dahi, jangan-jangan daftar bahaga ini merupakan tema. Siswa di kelas mata pelajaran bahasa Indonesia sering kesulitan menentukan tema. Aih, cerdas sekali pemateri mensugesti peserta untuk cepat menemukan ide. Tentu, semua orang akan senang menuliskan kebahagiaan. Tema daftar bahagia saya, menulis pengalaman gerakan literasi di madrasah saya.

Di kota lagu "Semalam di Cianjur" inilah saya merasa bahagia bersama seratus peserta lainnya. Kami akan menyusul guru penulis lain dan bertemu pada Hari Guru Nasional di Jakarta nanti dengan buku baru!

Penulis peserta pelatihan Sagusabu Cianjur dari MTsN 2 Tangerang

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Biyuh, tulisan dahsyat

26 Aug
Balas

Nah, ini motivator saya hehe

26 Aug

Mangtabs. Keren banget

26 Aug
Balas

Nah, pak Leck ini juga inspirator saya

26 Aug

Keren pak, tulisannya mengalir, hingga enak dibaca

26 Aug
Balas

Terimakasih Bu Atjih. Mari kita terus belajar!

26 Aug

Jd pengen ikutan sagu sabu

26 Aug
Balas

Daftar Pak di pelatihan berikutnya!

26 Aug

Jd pengen ikutan sagu sabu

27 Aug
Balas

Mari terus ikuti infonya di MediaGuru.id, Pak.

27 Aug

Asyik dibacanya...wong...Bapa penulis...saya juga harus bisa!Hidup Sagusabu!!!

26 Aug
Balas

Ayo, Bu Tuti! Kita bisaaa!!!

26 Aug

Kereeeenn..

26 Aug
Balas

Nuhuuuuun Bu Iis.

26 Aug

Semoga segera terwujud "sagu sabu"

26 Aug
Balas

Amin. Terima kasih Bu Siti dan semangat menulis!

26 Aug

Mantaaaapppppp pak...Ajarin saya yoooo pak...sagusabu kereeennnnn pokoke....

26 Aug
Balas

Ayo Bu kita makan sagu bareng!

26 Aug

bravo, Pak...

26 Aug
Balas

Merdeka, Bu !

26 Aug

Harus bnyk belajar dr pa navy. Ok bgt kolomnya

26 Aug
Balas

Manggaaa...kita belajar bareng Bu Susan.

26 Aug

Ingin tahu sagu sabu

26 Aug
Balas

Di sini Bu infonya: MediaGuru.id

27 Aug

Mantap pa Navy.....

27 Aug
Balas

Terima kasih. Bapak Ibu, saya perkenalkan, Pak Akidin adalah rekan tim saya yang cekatan menyiapkan sarana literasi: perpustakaan, sudut baca kelas, teras baca, dan lainnya.

28 Aug



search

New Post