Ahmad Kamara,S.Ag

Guru SMP Negeri 3 Kusan Hilir Kabupaten Tanah Bumbu, Lulusan IAIN Antasari Banjarmasin Fakultas Tarbiyah Jurusan Pendidikan Agama Islam, Hoby Menulis dan Bermai...

Selengkapnya
Navigasi Web

Materi PAI Kelas 7 (Bab 12 Al-Khulafa'u Ar-Rasyidun Penerus Perjuangan Nabi Muhammad Saw.)

Bab 12

Al-Khulafa'u Ar-Rasyidun Penerus Perjuangan Nabi Muhammad Saw

Ketahuilah bahwa Al-Khulafa'u Ar-Rasyidun artinya pemimpin yang diberikan petunjuk oleh Allah Swt. Al-Khulafa'u Ar-Rasyidun adalah pengganti Rasulullah Saw. mereka berjumlah empat orang, yaitu Abu Bakar as-Shiddiq, Umar bin Khattab, Usman bin Affan, dan Ali bin Abi Thalib.

Abu Bakar As-Shiddiq lahir pada tahun 573 M. Nama aslinya adalah Abdullah ibn Abu Kuhafah. Ia dapat gelar as-Shiddiq artinya yang benar setelah masuk Islam.

Umar bin Khattab dilahirkan dikota Mekah. Umar memiliki julukan yang diberikan oleh Nabi, yaitu al-Faruk yang berarti orang yang bisa memisahkan antara kebenaran dan kebatilan.

Usman bin Affan adalah Al-Khulafa'u Ar-Rasyidun yang ke-3 setelah Umar bin Khattab. Ia mendapat julukan zunnurain yang berarti pemilik dua cahaya. Julukan ini didapat karena Usman telah menikahi putri kedua dan ketiga Rasulullah, yaitu Ruqayah dan Ummu Kulsum.

Ali bin Thalib mempunyai nama asli Haydar (singa) bin Abu Thalib. beliau adalah seorang pemeluk Islam pertama dan juga keluarga Nabi Muhammad Saw. dan menantunya setelah menikah dengan Fatimah.

Jawablah soal-soal berikut ini sesuai dengan pernyataan!

1. Mengapa Abu Bakar diberi gelar as-Shiddiq?

2. Sebutkan sifat-sifat yang dimiliki Abu Bakar as-Shiddiq!

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar




search

New Post