Ahmad Kamara,S.Ag

Guru SMP Negeri 3 Kusan Hilir Kabupaten Tanah Bumbu, Lulusan IAIN Antasari Banjarmasin Fakultas Tarbiyah Jurusan Pendidikan Agama Islam, Hoby Menulis dan Bermai...

Selengkapnya
Navigasi Web

Materi PAI Kelas 8 (Bab 1 Meyakini Kitab-Kitab Allah, Mencintai Al-Qur'an)

MATERI PAI KELAS 8

Bab 1 Meyakini Kitab-Kitab Allah, Mencintai Al-Qur'an

A. Pengertian Iman kepada Kitab-Kitab Allah SWT

Sebelum membahas tentang kitab-kitab Allah SWT. terlebih dahulu kita jelaskan tentang pengertian kitab dan suhuf. Kitab ialah wahyu Allah swt. yang disampaikan kepada para Rasul untuk diajarkan kepada manusia sebagai petunjuk dan pedoman hidupnya. Sedangkan yang dimaksud suhuf ialah wahyu Allah swt. yang disampaikan kepada para rasul, yang merupakan dasar atau nasehat secara umum tetapi tidak wajib disampaikan atau diajarkan kepada umat manusia. Suhuf dapat pula diartikan dengan lembaran-lembaran yang tertulis.

Beriman kepada kitab-kitab Allah swt. berarti mempercayai dan meyakini dengan sepenuh hati bahwa Allah swt. telah menurunkan kitab-kitab-Nya kepada rasul yang berisi wahyu untuk disampaikan dan diajarkan kepada umat manusia.

B. Nama-nama Kitab Allah dan Rasul yang menerimanya

Diantara kitab-kitab Allah swt yang wajib kita yakini ada 4 yaitu :

1. Kitab Taurat

2. Kitab Inzil

3. Kitab Zabur

4. Kitab Al-Qur'an

C. Hikmah Beriman kepada Allah Swt.

1. Memberikan petunjuk kepada manusia yang benar dan mana yang salah.

2. Pedoman agar manusia tidak berselisih dalam menentukan kebenaran.

3. Memberikan informasi sejarah orang-orang terdahulu.

4. Manusia dapat mengetahui betapa besarnya perhatian dan kasih sayang Allah Swt.

5. Manusia yang beriman akan dapat mengetahui dan membedakan mana yang baik dan mana yang buruk, karena di dalam kitab dijelaskan tentang perilaku yang baik dan buruk.

Kerjakan soal-soal berikut ini

1. Jelaskan pengertian iman kepada kitab Allah Swt. !

2. Sebutkan 4 kitab yang diturunkan Allah Swt ?

3. Apa hikmah beriman kepada Kitab Allah Swt ?

4. Apa perbedaan antara kitab dengan suhuf ?

5. Apa pengertian Al-Qur'an?

Selamat beraktivitas jangan lupa bismillah, selesai Alhamdulillah.

Katakan pada dirimu, AKU BISA.

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar




search

New Post