Ahmad Nur Khalim

Sabar, Ikhlas, Syukur, Makmur...

Selengkapnya
Navigasi Web
AHMAD NUR KHALIM.M.Pd
KURIKULUM KOREA SELATAN SEKARANG DAN MASA DEPAN

AHMAD NUR KHALIM.M.Pd

KURIKULUM DI KOREA SELATAN SEKARANG DAN MASA DEPAN

( Reportase hari ke-4 )

Nara sumber : Kim Daesung kepala sekolah Chung Ryeol High School.

Diawal pemaparan tentang kurikulum di Korea Selatan, Kim Daesung memberikan gambaran orang yang sedang menenun kain.Ada penenun kain, ada benang, dan alat penenun.Benang diumpamakan kehidupan siswa dan orang yang menenun kain perumpamaan dari kepala sekolah. Kepala sekolah berperan penting dalam kehidupan murid-murid.Seorang penenun kain ( kepala sekolah ) akan menghasilkan kain yang bagus dan indah jika mampu berkreatifitas.

Pembelajaran yang mengutamakan hafalan harus ditinggalkan.Ke depan kita harus membuat obyek yang baru ( berinovasi ).Siswa harus kita ajak untuk selalu berpikir kritis, memiliki kreatifitas tinggi. Dan memiliki fleksibilitas.

Kepala sekolah harus sering bertemu dan berkomunikasi , misalnya dari sejak pagi ikut menyambut kedatangan siswadan juga sering berkeliling di lingkungan sekolah untuk memantau dan berinovasi dalam segala hal untuk kemajuan sekolah. Pendidikan karakter harus betul-betul ditanamkan sejak dini. Tanamkan pada diri anak bahwa sekolah itu rumahnya, agar pola berpikirnya berubah sehingga merasa ikut memiliki. Mereka secara sadar akan selalu menjaga kebersihan sekolah.

Ke depan kurikulum harus bisa menumbuhkan banyak pengetahuan , memunculkan bakat dan minat siswa, serta pembentukan attitude atau sikap yang baik.

Menurut Mr Kim Daesung , di sekolahnya dibiasakan pada hari rabu selalu rapat dengan guru tentang pembelajaran yang sudah dilakukan.

Sekolah harus mampu membuat dan mengembangkan kurikulum agar siswa memiliki banyak informasi dan menguasai teknologi. Siswa tidak boleh hanya melihat buku saja, tetapi harus melihat di luar ( situasi yang sebenarnya ). Kita harus menghormati anak-anak. Aspirasi anak-anak harus diperhatikan.

Di Korea Selatan , penilaian PTS dan PAS ditiadakan. Nilai diambil dari kegiatan sehari-hari.

Kurikulum diubah dari sistem kompetisi menjadi kebersamaan. Penilaian diukur dari seberapa anak bisa, bukan seberapa anak hafal.

Kreatifitas adalah KUNCI masa depan.

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Ayoo dupak one , kita bangkit ,,, !

25 Oct
Balas

Ready work with you Mr Khalim... Waiting your plan for our school... Thank you

25 Oct

Mr Nurkhalim is the best... As headmaster.. Or a manager in standart school... Sending success from Surabaya city...

24 Oct
Balas

Learning is never stop in life... Appreciate to you Mr Khalim... Happy life and family... You are always success... We are sending pray for you

24 Oct
Balas

Move forward for a career and achievement ... Surabaya needs heroes like Mr Khalim and his comrades in arms Surabaya is indeed amazing...

24 Oct
Balas

Tuan Ahmad Nur Khalim adalah kepala sekolah di salah satu sekolah di Indonesia yang berprestasi dan terbaik, semoga Allah memberkahi segala, Aamiin..

24 Oct
Balas

Succes Bpk mg ilmunya bermanfaat

25 Oct
Balas

Bismillah sukses selalu untuk bapak AHMAD NUR KHALIM.

24 Oct
Balas

aamiin

24 Oct

Selamat buat bapak AHMAD NUR KHALIM. Semoga tambah sukses buat kedepan nya.....Aamiin

24 Oct
Balas

Selamat bapak ,semoga bertambah sukses ke depannya

24 Oct
Balas

Pembentukkan karakter, berfikir kritis, dan kreativitas tinggi yg kita harapkan pada anak didik kita kelak, membutuhkan seorang penenun yg handal sehingga menjadikan hasil tenunan yang indah. Semoga penenun kita dpt kita andalkan dan mampu menghasilkan tenunan2 yang luar biasa

24 Oct
Balas

Pembentukkan karakter, berfikir kritis, dan kreativitas tinggi yg kita harapkan pada anak didik kita kelak, membutuhkan seorang penenun yg handal sehingga menjadikan hasil tenunan yang indah. Semoga penenun kita dpt kita andalkan dan mampu menghasilkan tenunan2 yang luar biasa

24 Oct
Balas

Alhamdulillah.... Mr. Ahmad Nur Khalim is the one of the best headmaster in Surabaya. May Allah always gives Mr. Ahmad Nur Khalim success and healthy... Aamiin yaa Robb

24 Oct
Balas

Alhamdulillah....Buat Bpk Ahmad Nur Khalim sukses selalu.

24 Oct
Balas

Sukses untuk Bapak ...maju terus pantang mundur

25 Oct
Balas

Sukses untuk Bapak selalu

25 Oct
Balas

Sukses selalu untuk Bapak...

25 Oct
Balas

Our school principle, Mr. Khalim, already implements those habbits. Greet students, all both teachers and staffs every morning. Breefing and sharing about school achievenent before teaching learning activity. He is a very disciplined person. Hope all his new knowledges would be implemented.

25 Oct
Balas

Great and very nice support

25 Oct

Semoga selalu sukses dalam segala cita" , harapan n doa

25 Oct
Balas

Selamat dan sukses selalu ....Bismillah Bangkit Dupak one ...never tired fight ...thank you

25 Oct
Balas

Selamat smg ilmunya manfaat dan berkah

26 Oct
Balas

Selamat smg ilmunya manfaat dan berkah

26 Oct
Balas



search

New Post