Matrasit

Salam kenal... Namaku Ahmad Rasyid (nama pena) atau Matrasit, terlahir di Sumenep pada tanggal 6 Mei 1967. Mulai Maret 1988 berprofesi guru di Kabupaten ...

Selengkapnya
Navigasi Web

AKANTHA ETAPOK EKALA' ODHENGNGA

#06 SERI PAREBASAN MADURA

Akantha Etapok Ekala' Odhengnga

Setiap orang pasti menginginkan kehidupan sakinah, hidup tenang dan damai. Ia dipastikan selalu bermunajah mohon keselamatan pada Allah SWT. Namun, cukupkah dengan hanya berdoa untuk meraih keselamatan itu? Tentu tidak. Suatu keniscayaan apabila berbicara dengan budi bahasa yang santun dan bertindak sesuai dengan norma yang baik dan benar. Jikalau menginginkan keselamatan dari wabah pandemi corona, ikutilah protokol kesehatan dengan disiplin dan tanggung jawab.

Yang tak kalah penting, yaitu senang berbagi kebaikan secara sadar dan ikhlas, terutama bagi yang membutuhkan. Berbagi dalam bentuk harta benda, tenaga, dan pandangan (ide, krisan, atau motivasi) dapat menjadi solusi terbaik sesuai kebutuhannya. Wabah pandemi corona hakekatnya untuk menggugah wujud rasa syukur dan kepedulian. Yaitu tumbuhnya semangat berulur tali asih, tali asah, dan tali asuh antar sesama. Terlebih bagi mereka yang terpapar, terdampak secara ekonomi, dan atau bagi mereka yang sedang berjuang di garda terdepan dalam "melawan" corona.

Kehadiran corona adalah ujian bagi bangsa-bangsa di dunia, termasuk Indonesia. Mereka yang terpapar harus diisolasi, dijauhkan dari sanak keluarga pun handai taulan. Apabila meninggal dunia, bagaikan manusia yang terasing, semuanya harus menjauh. Tak satupun yang boleh memandikan, mengkafani, dan menguburkannya. Baginya, hanyalah iringan doa dan air mata, tak mampu berbuat lebih daripadanya. Perlakuan demikian, "akantha etapok ekala' odhengnga". Yang disandarkan pada seseorang yang ditempeleng (etapok) masih diambil ikat kepalanya (ekala' odhengnga). Ia sudah jatuh (terkena musibah) masih ditimpa tangga (plus bonus musibah yang lain) pula. Na'udzu billahi min dzalik.

#ArtikelTigaAlinea

#by. Ahmad Rasyid

#Sidoarjo, 11 Juni 2020

#AtarhemAntaraSumenepSidoarjo

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar




search

New Post