AHMAD RIKIYANTO

Namaku Ahmad Rikiyanto bisanya nama panggilan Riki, lahir 16 Januari 1998 tidak sama dengan yang lain melainkan ada keistimewaan yang di dapat olehku, Allah men...

Selengkapnya
Navigasi Web
Tradisi Akhir Tahun Bakar-bakaran

Tradisi Akhir Tahun Bakar-bakaran

Tradisi dalam menyambut tahun baru Masehi yang sering dilakukan sebagian besar warga Indonesia adalah membakar ikan laut atau ikan daging, diantranya kabupaten Jember itu sendiri, banyak sekali berbondong-bindong memesan ikan, beli ikan langsung di tempat dermaga seperti pantai Puger yang notabene sebagai acuan utama dalam membeli ikan, dari berbagai kecamatan yang ada.

Tradisi ini biasanya di lakukan berkelompok, keluarga besar, teman, saudara dan tetangga, sehingga kegiatan membakar ikan terasa lebih seru, bagi-bagi tugas, mulai membersihkan ikan, masak beras, menghidupkan arang untuk bakar ikan dan bagian yang tidak kalah penting adalah sambal yang tidak boleh ketinggalan, apapun lauknya tanpa sambal serasa hampa hidup ini canda sambal hahahh.

Sebenarnya bagus dalam melakukan bakar ikan bersama, bisa melekatkan persaudaraan antar keluarga dari bapak atau ibu, bisa guyup, rukun dan tentram alangkah lebih baik dalam meyambut tahun baru Masehi 2023 di awali dengan berbagai kegiatan seperti sholat bersama, pembacaan istighotsah bersama anggota keluarga, tetangga, berdo'a bersama dengan harapan tahun depan bisa mencapai target yang sudah direncanakan.

Tahun baru ini menjadi moment untuk muhasabah binafsi bukan hanya bakar ikan melainkan bakar semua hal-hal yang pernah dilakukan pada tahun 2022, apa saja yang belum tercapai ulangi lagi pada tahun 2023, tidak segampang dalam mencapai rencana tanpa ada usaha yang sangat keras, kerjakan, lakukan dan ulangi lagi.

Pesan terdalam jangan buat tahun baru kamu menjadi sebuah peristiwa yang menyedihkan, karena akan terkenang sepanjang tahun pergantian, hal buruk jauhi, ingat hidup hanya satu kali saja ..

See next year...

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar




search

New Post