Ahmad Syaihu

'Manulislah dengan hati, dan niatkan untuk ibadah, karena tulisan anda akan menjadi warisan peradaban bagi generasi yang akan datang' Guru di MTsN 4 kota Surab...

Selengkapnya
Navigasi Web
Gempa Cianjur Duka Indonesia Ini Penyebabnya (H-1044))
Lokasi Gempa Cianjur (sumber : BMKG)

Gempa Cianjur Duka Indonesia Ini Penyebabnya (H-1044))

Senin 21 November 2022 terjadi Gempa Bumi di Kabupaten Provinsi Jawa Barat, dengan kekuatan 5,6 pada skala Richther yang mengakibatkan ratusan jiwa melayang dan ratusan lainnya mengalami luka-luka.

Indonesia merupakan daerah yang sering terjadi gempa bumi, terutama gempa tektonik yaitu gempa yang diakibatkan oleh pergeseran letak batuan di dalam bumi Indonesia, karena memang secara geologis wilayah Indonesia merupakan wilayah yang rawan gempa.

Tiga Faktor yang menyebabkan Indonesia menjadi daerah yang rawan gempa

1. Indonesia Berada di Pertemuan 3 Lempeng Bumi.

Lempeng benua adalah bagian terluar dari interior bumi yang terbentuk dari dua lapisan yaitu lapisan silisium magnesium (Si Ma) dan silisium aluminium (Si Al) lempeng benua berada di bawah kerak bumi.

Wilayah Indonesia merupakan wilayah pertemuan tiga lempeng benua yaitu lempeng Pasifik, lempeng Eurasia, dan lempeng Indo-Australia. Pergeseran ketiga lempeng ini yang bisa menyebabkan gempa terjadi.

Besar kecilnya gempa umumnya tergantung pada besar tekanan yang terjadi karena pergerakan lempeng ini.

Tak hanya itu, kalau antar lempeng bumi ini saling bertabrakan, maka ini akan mengakibatkan gempa bumi dan tsunami sekaligus..

Misalnya, gempa bumi dan tsunami yang terjadi di Aceh pada Desmber 2004 silam.

Beberapa daerah di Indonesia yang rawan gempa bumi dan tsunami, antara lain Aceh, Sumatra Utara, Lampung, Banten, Bali, hingga Jawa Timur bagian selatan.

2. Indonesia Berlokasi di Sabuk Alpine

Selain merupakan tempat pertemuan tiga lempeng benua Indonesia juga merupakan wilyah pertemuan dua jalur pegunungan aktif dunia, yang menyebabkan wilayah Indonesia rawan gempa.

17 persen dari gempa bumi terbesar atau 5-6 persen dari gempa bumi yang terjadi di seluruh dunia terjadi di daerah sabuk alpine (alpine belt).

3. Terletak di Wilayah Cincin Api Pasifik

Penyebab yang kedua kenapa di Indonesia sering terjadi gempa bumi adalah karena terletak di wilayah cincin api pasifik.

Kondisi gografis inilah yang menjadikan Indonesia sebagai wilayah yang rawan akan letusan gunung berapi, gempa, dan tsunami.

Maka lengkaplah syarat terjadinya gempa di Indonesia karena secara geologis, geografis dan geomorfologis wilayah Indonesia merupakan wilayah yang rawan gempa baik gempa tektonik, gempa vulkanik maupun gempa laut yang berpotensi terjadinya Tsunami.

Akibat kondisi geologis Indonesia yang begitu rawan gempa maka hampir setiap saat kita mendengar terjadinya gempa meskipun skalanya berbeda-beda.

Gempa Bumi Cianjur, 21 November 2022

Gempa bumi di wilayah yang terjadi pada Senin, 21 November 2022 dengan kekuatan 5,6 pada skala Richther, mengakibatkan kerusakan yang cukup parah.

Menurut Gubernur Jawa Barat yang dikutib BBC News Indonesia, akibat gempa Cianjur setidaknya 162 korban meninggal, ratusan luka-luka, 2.345 rumah rusak berat dan sekitar 13.400 warga mengungsi ke tempat yang aman.

Bangunan rusak tidak haanya rumah penduduk tapi fasilitas umum seperti sekolah, pondok pesantren, gedung pemerintahan hingga RSUD Cianjur.

Menurut data BMKG terctat ada 88 gempa(getaran) susulan setelah gempa utama dengan skala 5,6 skala Richther.

Gempa Cianjur menurut BMKG termasuk jenis gempa dangkal akibat aktivitas sesar Cimandiri.

Para korban sebagian besar ditangani di RSUD Cianjur yang dibangunkan tenda-tenda darurat di lapangan parkir rumah sakit karena jumlah pasien yang mencapai ratusan sementara ketersediaan kamar tidak mencukupi.

Solusi Menghadapi Gempa Tektonik

1. Edukasi tanggap darurat gempa

2. Pembangunan rumah atau gedung tahan gempa yang tebuat dari bambu, kayu dengan atap ijuk

3. Memberikian pelatihan menghadapi kondisi darurat gempa

4. Memberikan bantuan kepada korban gempa Cianjur

Penulis turut prihatin dan ikut berduka kepada keluarga korban baik yang meninggal dunia maupun yang luka-luka, juga yang rumahnya mengalami kerusakan, semoga diberikan kesabaran, ketabahan dan ikhlas karena ini musibah alam.

Madrasahku, 22 November 2022

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Yaa Allah, Indonesia berduka, semoga keluarga korban selalu dalam kesabaran, menerima pemberian Allah Ta'ala. sukses selalu Ustadz Ahmad Syaihu.

22 Nov
Balas

Aamiin Ustadzah

22 Nov

Semoga Allah memberikan pertolongan dan peringatan bagi manusia Pak Haji

22 Nov
Balas

Barokallah Bu Doktor

22 Nov

Siip ulasannya,Pak Haji. Indonesia ga bisa menghindar dari gempa karena geografisnya. Salam sukses selalu.

23 Nov
Balas

Mantap ulasannya, pak Haji. Semega yang terkena musibah diberikan ketabahan dan abar oleh Allah SWT.

22 Nov
Balas



search

New Post