Ahmad Syaihu

'Manulislah dengan hati, dan niatkan untuk ibadah, karena tulisan anda akan menjadi warisan peradaban bagi generasi yang akan datang' Guru di MTsN 4 kota Surab...

Selengkapnya
Navigasi Web
Indahnya Pantai Indrayanti Yogyakarta (H-1196)

Indahnya Pantai Indrayanti Yogyakarta (H-1196)

Ini adalah kisah perjalanan wisata bersama keluarga si awal tahun 2022, kami berenam dengan anak dan menantu mengadakan perjalanan wisata ke Jawa Tengah dan Yogyakarta.

Destinasi wisata pertama yang kami tuju adalah pantai Indrayanti di Kabupaten Gunungkidul Yogyakarta.

Pantai Indrayanti adalah salah satu tempat wisata pantai di Jogja yang sering direkomendasikan pada wisatawan. Nama pantai Indrayanti sendiri sudah cukup dikenal di kalangan wisatawan baik lokal ataupun manca negara.

Sama seperti tipikal pantai selatan di wilayah gunung kidul, pemandangan disini tidak kalah indahnya. Bentang pantai yang cukup luas, pasir halus, dan laut biru lepas yang bersih.

Tiket masuk lokasi wisata Pantai Indrayanti sebesar Rp. 10.000/orang ditambah parkir kendaraan bermotor Rp.3.000,- Kendaraan mobil Rp.6.000, sementara untuk Bis Rp. 15.000,-

Dari penginapan di Yogyakarta perlu perjalanan sekitar 1,5-2 jam menuju pantai berpasir putih ini

Sejarah Pantai Indrayanti

Pantai ini memiliki latar belakang yang cukup unik. Kalau kita dengar namanya, rasanya berbeda dengan pantai lain di daerah ini. Pantai lain biasanya menggunakan nama tempat, sedangkan pantai yang satu ini berbeda.

Nama pantai Indrayanti sebetulnya bukan nama resmi. Nama ini di ambil dari nama restoran Indrayanti yang berada tidak jauh dari sini.

Restoran ini cukup dikenal pengunjung, dan seolah menjadi landmark tempat ini. Akhirnya, tanpa disengaja dari mulut ke mulut, tempat ini lebih dikenal dengan nama Pantai Indrayanti. 

Nama Indrayanti sendiri diambil dari gabungan nama pemilik restoran; bapak Indra dan ibu Yanti.

Fasilitas yang Tersedia di Pantai Indrayanti Yogyakarta (Pantai Pulang Sawal):

Selain dari restoran yang ada di pinggiran pantai, Pantai Indrayanti juga memiliki fasilitas berupa penginapan dan jetski yang dapat digunakan untuk pengunjung. 

Tarif yang dipasang untuk menikmati fasilitas ini relatif terjangkau, untuk menginap di penginapan selama satu malam, anda hanya akan dikenakan biaya sebesar 350 ribu sampai 650 ribu dimana anda juga akan mendapatkan fasilitas bermain jetski di pantai. 

Penginapan tersebut langsung berada di pinggir pantai sehingga sangat menarik untuk langsung melihat pemandangan pantai.

Fasilitas lengkap termasuk prasarana jalan yang mulus

Pasir yang bersih dan putih

Ada hiburan karawitan bagi para pengunjung

Ada life guard atau petugas yang bertugas menjaga dan menolong ketika ada pengunjung yang tenggelam

Hotel di pinggir pantai

Pemandangan alam yang memanjakan mata di pantai Indrayanti membuat rombongan gembira dengan bermain air, berfoto, bahkan ada yang berenangan di pantai yang cukup besar ombaknya tersebut.

Saya sempat mengabadikan momen-momen yang membahagiakan ini dengan berfoto dengan anak dan istri di tempa-tempat foto yang disediakan oleh warga sekitar, dengan membayar Rp. 5.000 per orang kita bisa mengabadikan foto kita dengan latar belakan Pantai Indrayanti dengan deburan ombak yang memukau dan memanjakan mata.

Berpuas foto-foto dan bermain ombak dan pasir di Pantai Indrayanti, beristirahat di warung-warun dekat pantai dengan menu sarapan yang bernaneka ragam, saya dan keluarga malah milih Bakso Solo pinggir pantai, yang masih hangat ditambah dengan lontong untuk menggantikan nasi untuk mengganjal perut di pagi hari.

Ayo, bagi anda yang mau liburan ke Yogyakarta, maka Pantai Indrayanti adalah salah satu alternatif yang harus anda kunjung selain Pantai Parangtritis, Panta Kukup dan lainnya,

 

Salam wisata, 01 Mei 2023

 

 

 

 

 

 

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar




search

New Post