Ahmad Syaihu

'Manulislah dengan hati, dan niatkan untuk ibadah, karena tulisan anda akan menjadi warisan peradaban bagi generasi yang akan datang' Guru di MTsN 4 kota Surab...

Selengkapnya
Navigasi Web
Jumlah Penduduk Dunia 8 Milyar Permasalahan dan Solusinya (H-1040))

Jumlah Penduduk Dunia 8 Milyar Permasalahan dan Solusinya (H-1040))

          

Sejarah perkembangan manusia di muka bumi diawali dengan diturunkannya Nabi Adam dengan istrinya Siti Hawa ke bumi, yang sebelamunya adalah manusia pertama penghuni surga. Karena melanggar larangan AllaH SWT untuk tidak memakan buah Khuldi, nyatanya nabi Adam digoda oleh syetan dan iblis untuk memakan buah khuldi yang akhirnya mendapat hukuman dari Allah untuk keluar dari surga dan menjadi penghuni bumi, Adam ditetapkan sebagai Kholifah (wakil manusia di bumi).

Lalu berapa jumlah polulasi manusia saat ini?Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) pada Selasa (15/11), menyebut populasi dunia mencapai 8 miliar orang, angka yang sangat besar dan akan terus bertambah setiap detiknya, ternyata begitu mencengangkan karena data PBB menyebutkan setiap 5 detik lahir 25 bayi di dunia.

Persebaran Manusia di Dunia berdasarkan Benua :

Ternyata jumlah penduduk dunia yang sudah menembus angka 8 milyar per 15 November 2022, persebarannya tidak merata di setiap benua dan negara di dunia, benua dengan tingkat kesejahteraan rendah (Asia dan Afrika) justru di huni oleh manusia dengan jumlah yang banyak, bahkan benua Asia menyumbangkan lebih dari 4 milyar jiwa (50 persen populasi dunia).

Asia Timur dan Tenggara merupakan wilayah dengan penduduk terbanyak, yakni mencapai 2,34 miliar jiwa per Juli 2022. Jumlah ini setara dengan 29,47% dari total populasi dunia saat ini.

Lalu jumlah penduduk di wilayah Asia Tengah dan Selatan mencapai 2,07 miliar jiwa, Sub-Sahara Afrika 1,15 miliar jiwa, diikuti Eropa dan Amerika Utara 1,12 miliar jiwa.

Kemudian 658 juta jiwa penduduk berasal dari Amerika Latin dan Karibia, wilayah Afrika Utara dan Asia Barat 549 juta jiwa, Australia dan Selandia baru 31 juta jiwa, serta Oseania 14 juta jiwa.

Menurut proyeksi PBB, populasi dunia akan terus naik menjadi sekitar 8,5 miliar jiwa pada 2030, kemudian 9,7 miliar jiwa pada 2050, dan mencapai 10,4 miliar jiwa pada 2080.

Permasalahan Penduduk Dunia 8 Milyar

1. Beban alam dunia makin berat karena pertambhan penduduk tidak diimbangi dengan pertambahan luas lahan untuk pertanian dan perkebunan untuk menunjang bahan pangan dunia.

2. Ekosistem lingkungan makin memprihatinkan karena penebangan hutan untuk industri, penggusuran lahan pertanian untuk pemukiman dan industri.

3. Polusi tanah, polusi air, polusi udara makin besar yang menyebabkan ekosistem lingkungan makin merana karena kerusakan ada di mana-mana

4. Ketegangan antar negara akan semakin sering terjadi erkait masalah perbatasan, masalah ekonomi, energi dan politik yang akan mengarah terjadinya perang antar negara, regional bisa-bisa mengarah pada perang dunia.

Solusi Mengatasi Penduduk Dunia 8 Milyar

1. Setiap negara menyiapkan pembangunan berwawasan lingkungan yang mengutamakan kelestraian lingungan hidup.

2. Kerjasama bilateral, regional dan internasional harus berdasarkan kesamaan kedudukan sebagai sesama banagsa yang merdeka.

3. Maksimalkan peran Organisasi Regional, Mulitilteral dan Internasional sebagai nahkoda untuk meningkatkan kesejahteraan penduduk bumi lewat kerjasama ekonomi, sosial, budaya, agar semua negara merasakan kemakmuran bersama.

4. Menghindari konfilk antar negara dengan penyelesaian secara damai melalui meja perundingan sehingga menghasilkan solusi terbaik untuk negara yang berkonflik bersarkan prinsip kesamaan dan keadilan.

Bagaimana menurut pendapat Anda?

Istanaku, 18 November 2022

 

 

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Kereeen ulasannya, Pak haji. Sukses selalu. Salam literasi

18 Nov
Balas

Alhamdulillah Barokallah pak Dede Saroni

18 Nov

Luar biasa pak Syaihu penuh inspirasi dan mencerahkan

19 Nov
Balas

Informasi terkini nampak Haji,terima kasih tulisan yang keren

20 Nov
Balas

Ulasannya keren, informatif dan visioner. Sukses Pak Syaihu

19 Nov
Balas

Mantap ulasannya, Pak Haji. Bayangkan penuhnya dunia... Salam sukses.

19 Nov
Balas

Mantap pak ulasannya Pak Syaihu. Salam sehat selalu

19 Nov
Balas

Mantap pak ulasannya Pak Syaihu. Salam sehat selalu

19 Nov
Balas

Informatif sekali, semoga selalu sehat dan sukses

18 Nov
Balas



search

New Post