Ahmad Syaihu

'Manulislah dengan hati, dan niatkan untuk ibadah, karena tulisan anda akan menjadi warisan peradaban bagi generasi yang akan datang' Guru di MTsN 4 kota Surab...

Selengkapnya
Navigasi Web
Keutamaan Surat Ar Rahman (H-1199)
SiswaMTsN 4 Kota Surabaya sedang tadarus al quran

Keutamaan Surat Ar Rahman (H-1199)

Ada kebiasaan baik yang dilakukan oleh siswa siswi MTsN 4 Kota Surabaya di pagi hari yaitu pembiasaan Salat Duha berjamaah dilanjutkan Tadarus Al-Qur'an dengan membaca surat-surat pilihan yaitu untuk hari Selasa, membaca surat Al Waqiah, Rabu membaca surat Al Mulk, Kamis surat Ar Rahman dan Jumat surat Yasin, untuk hari Senin pagi diadakan Apel/Upacara rutin setiap pekan sekali di awal pekan, sebagai pembentuk karakter disiplin , cinta tanah air dan kebhinekaan.

Kamis ini penulis sesuai dengan jadwal piket harian penulis dan beberapa guru yang piket di hari ini mendampingi sekitar 400 siswa di masjid, sementara untuk siswa kelas 7 pembiasaannya adala kegiatan Baca Tulis Al Qur'an di kelas-kelas sesuai dengan tingkat kemampuannya, ada kelas dasar, kelas Qiroati juz 1-6, ada

5 Keutamaan Membiasakan Membaca Surat Ar Rahman

Dalam Al-Quran, Ar Rahman merupakan surat ke-55 yang terdiri dari 78 ayat.

Surat ini tergolong dalam surat makkiyah. Ar Rahman artinya Yang Maha Pemurah. Nama ini diambil dari kata Ar Rahman yang terdapat pada ayat pertama surat ini.

Membiasakan membaca Surat Ar Rahman memiliki banyak manfaat.

Mengutip buku 9 Surat Al Qur'an Pilihan yang disusun Tim Minebooks, berikut beberapa keutamaan yang bisa didapatkan ketika membaca surat Ar Rahman. Keutamaan ini dapat diraih di dunia maupun di akhirat.

1. Selalu mensyukuri nikmat Allah SWT

Sebagai mahluk ciptaan Allah SWT, manusia telah diberikan kedudukan yang mulia bahkan Allah mengangkat manusia sebagai wakilnya atau Khalifah di bumi.

Kehidupan manusia di bumi telah dilengkapi dengan berbagai macam kelengkapan dan segala rezeki agar bisa dimanfaatkan oleh manusia dalam kehidupan sehari-hari.

Dengan membaca surat Ar Rahman, kita akan diajak oleh Al-Qur'an untuk mengingat kenikmatan yang telah diberikan Allah SWT.

Pengulangan ayat fa bi'ayyi ālā'i rabbikumā tukażżibān (Surat Ar Rahman Latin) yang artinya Maka nikmat Tuhan kamu yang manakah yang kamu dustakan?

2. Matinya dihitung sebagai syahid

Anda ingin mati syahid tapi takut berperang membela agama Allah? Mungkin ini salah satu caranya, yaitu dengan membiasakan diri selalu membaca Surat Ar Rahman setiap hari.

Rasulullah SAW bersabda:

"Barang siapa membaca Ar-Rahman, dan ketika membaca kalimat fabiayyi aala'i Robbikuma tukadzibaan kemudian jika dia mengucapkan: tidak ada satupun nikmat Mu dari Tuhanku yang aku dustakan, maka jika membacanya di malam hari kemudian mati, maka matinya seperti mati syahid, jika membacanya di siang hari kemudian ia mati, maka matinya seperti mati syahid." (HR. Imam Ja'far)

3. Mendapat ridha Allah SWT.

Manusia hidup di dunia ada satu tujuan yang diinginkan yaitu Ridho Allah SWT, karena bila hidup kita diridhoi oleh-Nya kita sudah dijamin masuk surga, sebagaima sabda Rasulullah SAW bersabda:

"Barangsiapa membaca surat Ar Rahman, Allah akan menyayangi kelemahannya dan meridhai nikmat yang dikaruniakan padanya."

4. Mendapat syafaat di hari kiamat.

Membaca Al-Qur'an salah satu manfaatnya adalah akan mendapatkan syafaat dari Al-Qur'an yang dibacanya saat hidup di dunia, sebagaimana Sabda Rasulullah SAW :

"Jangan tinggalkan membaca surat Ar Rahman, bangunlah malam bersamanya, surat ini tidak menentramkan hati orang-orang munafik, kamu akan menjumpai Tuhan bersamanya (Ar Rahman) pada hari kiamat, wujudnya seperti wujud manusia yang paling indah dan baunya paling harum, pada hari kiamat tidak ada seorangpun yang berdiri di hadapan Allah yang paling dekat dengan-Nya selainnya.

5. Meningkatkan keimanan

Dengan membaca surat Ar Rahman, kita senantiasa mengingat Allah SWT dan memuji kebesarannya. Cara ini dapat meningkatkan keimanan sehingga selalu merasa dekat dengan Allah SWT.

Semakin tinggi keimanan seseorang maka kecintaannya kepada Al-Qur'an semakin menggebu, membaca, menghafal, mempelajari kandungan dan mengamalkan isi Al-Qur'an adalah wujud dari kecintaan kepada Allah SWT juga kepada Rasulullah SAW, maka orang yang paling beriman adalah yang paling baik dalam mengaplikasikan Al-Qur'an dalam kehidupan sehari-hari.

Itulah beberapa keutamaan membaca surat Ar Rahman. Semoga kita dimudahkan dalam mengamalkannya setiap hari, Aamiin Ya Mujibassailiin.

Madrasahku, 04 Mei 2023

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar




search

New Post