Ahmad Syaihu

'Manulislah dengan hati, dan niatkan untuk ibadah, karena tulisan anda akan menjadi warisan peradaban bagi generasi yang akan datang' Guru di MTsN 4 kota Surab...

Selengkapnya
Navigasi Web
Masjid Qiblatain di Madinah Saksi Perubahan Arah Kiblat (H1226)
Masjid Qiblatain di Madinah (foto: infohaji.com)

Masjid Qiblatain di Madinah Saksi Perubahan Arah Kiblat (H1226)

Ini kisah perjalanan Ibadah haji penulis pada 2016 silam, ketika puncak kegiatan Ibadah haji telah usai seluruh jamaah haji gelombang dua akan melanjutkan kegiatan ibadah dan ziarah ke kota Madinatul Munawaroh untuk melaksanakan Arbain, Ziarah ke makam Rasulullah dan dua sahabatnya Abu Bakar Ash Shidiq dan Umar bin Khattab yang terletak di Masjid Nabawi.

Mengunjungi tempat-tempat bersejarah dalam perjalanan dakwah Nabi Muhammad di Kota Madinah adalah bagian yang bisa dilakukan di saat pagi Antara waktu sesudah Subuh dan harus kembali sebelum waktu salat duhur tiba agar tetap bisa melaksanakan Arbain yaitu salat fardu 40 waktu (8 hari berturut-turut) secara berjamaah di Masjid Nabawi.

Kali ini ada jadwal city tour kota Madinah dengan mengunjungi masjid bersejarah yang ada di Madinah yaitu Masjid Qiblatain (Masjid 2 kiblat), Penulis berusaha keras mengingat kembali pelajaran Pendidkan Agama Islam dan juga buku Sirah Nabi yang pernah dibaca. Ingatannya tertuju pada berdirinya masjid Qiblatain yang ada di dalam Al Quran.

"Sungguh Kami (sering) melihat muka mumenengadah ke langit, maka sungguh Kami akan memalingkan kamu ke kiblat yang kamu sukai. Palingkanlah mukamu ke arah Masjidil Haram. Dan di mana saja kamu berada, palingkanlah mukamu ke arahnya. Dan Sesungguhnya orangorang (Yahudi dan Nasrani) yang diberi al Kitab (Taurat dan Injil) memang mengetahui bahwa berpaling ke Masjidil Haram itu adalah benar dari Allah, dan Allah sekalikali tidak lengah dari apa yang mereka kerjakan". (Q.S. Al Baqarah 144)

Masjid Qiblatain sesuai dengan namanya yaitu masjid 2 qiblat, terletak sekitar 7 km dari masjid Nabawi. Dulunya masjid ini bernama Masjid Bani Salamah karena di bangun di atas tanah keluarga Bani Salamah.

Pada masa awal kerasulan Nabi Muhammad SAW salat menghadap ke kiblat masjidil Aqso di Yerussalem Palestina, berarti menghadap ke arah Utara dari kota Madinah. Padahal seluruh Nabi sebelum Nabi Muhammad, sebelum masa Nabi Musa dan Nabi Isa seluruh umat Nabi salatnya menghadap ke Baitullah di Mekkah, yang merupakan tempat ibadah yang pertama dibangun di muka bumi pada masa Nabi Adam AS.

Semoga kita diberikan kemudahan oleh Allah SWT bisa melaksanakan ibadah haji atau umrah sehingga bisa salat di Masjid yang penuh sejarah ini

Istanaku, 29 Mei 2023

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar




search

New Post