Ahmad Syaihu

'Manulislah dengan hati, dan niatkan untuk ibadah, karena tulisan anda akan menjadi warisan peradaban bagi generasi yang akan datang' Guru di MTsN 4 kota Surab...

Selengkapnya
Navigasi Web
Memperingati Hari Lahir Pancasila Untuk Memperkuat Profil Pelajar Pancasila (H-1228)
Penulis bersama Waka Humas dan Petugas Upacara Hari Lahir Pancasila

Memperingati Hari Lahir Pancasila Untuk Memperkuat Profil Pelajar Pancasila (H-1228)

Setiap tanggal 1 Juni bangsa Indonesia memperingati hari Lahir Pancasila, sebagai penghargaan kepada para pendiri bangsa yang telah menetapkan Pancasila sebagai ideologi bangsa pada 1 Juni 1945 padahal waktu itu Indonesia masih belum merdeka.

Para tokoh pendiri bangsa antara lain Sukarno, Mohammad Hatta, Achmad Subardjo, Sjahrir, dan tokoh lainnya lintas pulau, lintas suku dan lintas agama mengambil suara mufakat terhadap rumusan sila-sila dalam Pancasila seperti yang sekarang kita pahami bersama yaitu ada lima sila yang saling berkaitan satu dengan lainnya.

Di era modern khusus dalam bidang pendidikan munculnya Kurikulum Merdeka dengan salah satu muatan yang berupa Profil Pelajar Pancasila

6. Nilai Karakter dalam Profil Pelajar Pancasila

1. Beriman dan bertaqwa kepada Tuhan YME dan berakhlak mulia, melalui kegiatan pembiasaan salat duha berjamaah,

2. Mandiri,

3. Bernalar kritis, memfasilitasi siswa yang memiliki kemampuan akademik tinggi dalam kegiatan lomba, olimpiade, KSM (kompetisi sains madrasah) dan lomba akademik

4. Kreatif, menyalurkan hobi dan kemampuan siswa dalam berbagai bidang non akademik dalam wadah kegiatan ekstra kurikuler seperti futsal, bola voli, pencak silat, tari, paskibraka, paduan suara dan lainnya

5. Gotong royong, mengadakan kegiatan bersama dalam rangka mewujudkan slogan madrasah mandiri berprestasi

6. Berkebhinekaan global, tetap mengenalkan dan mengikuti perkembangan dunia yang semakin global namun tetap menjunjung tinggi semangat nasionalisme dan patriotisme, menghargai perbedaan dan toleransi terhadap keragaman.

Manfaat Peringatan Hari Lahir Pancasila Sebagai Pembentukan Karakter Siswa

1. Penanaman nilai-nilai patriotisme dan nasionalisme melalui kegiatan Pengibaran dan Pengormatan pada Bendera Merah Putih

2. Pembacaan Teks Pancasila, menyanyikan Lagu Indonesia Raya juga merupakan sarana untuk menambah rasa nasionalisme bagi siswa.

3. Penanaman disiplin dalam mengikuti upacara, menggunakan seragam yang sesuai ketentuan, hadir tepat waktu, sebagai penanaman karakter kepemimpinan.

4. Menanamkan penghargaan kepada para pahlawan khususnya pahlawan dari yang ikut serta dalam mempertahankan kemerdekaan

Dengan Peringatan Hari Lahir Pancasila sebagai upaya menjadikan siswa sebagai pelajar Pancasila yang berwawasan global tapi tetap berpijak pada bumi sebagai pijakan untuk berprestasi yang luar biasa.

Istanaku, 01-06-2023

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Ulasan yg luar biasa

04 Jun
Balas



search

New Post