Ahmad Syaihu

'Manulislah dengan hati, dan niatkan untuk ibadah, karena tulisan anda akan menjadi warisan peradaban bagi generasi yang akan datang' Guru di MTsN 4 kota Surab...

Selengkapnya
Navigasi Web
Pelatihan Mandiri PINTAR Kemenag Bersertifikat Nasional, Numerasi untuk Pembelajaran

Pelatihan Mandiri PINTAR Kemenag Bersertifikat Nasional, Numerasi untuk Pembelajaran

Kementerian Agama kembali menyelenggarakan Pelatihan Mandiri Bersertifikat yang kali ini berfokus pada penguatan numerasi. Pelatihan ini dirancang untuk memberikan pemahaman mendalam tentang numerasi melalui berbagai pendekatan praktis dan permainan yang kaya numerasi. Pelatihan yang berbasis Massive Open Online Course (MOOC) ini akan berlangsung selama lima hari, dari tanggal 18 hingga 22 Mei 2024. Pendaftaran peserta akan dibuka pada tanggal 15 hingga 17 Mei 2024 melalui platform Pintar Kemenag.

Konsep Pelatihan: MOOC dan Asynchronous

Pelatihan ini diselenggarakan sepenuhnya secara online dengan pendekatan asynchronous, yang memungkinkan peserta untuk belajar kapanpun dan dimanapun sesuai dengan kenyamanan mereka. Tidak ada jadwal Zoom atau sesi tatap muka, sehingga peserta dapat mengatur waktu belajar mereka sendiri selama periode pelatihan.

Manfaat Pelatihan

Pelatihan ini dirancang untuk meningkatkan kemampuan numerasi peserta melalui berbagai materi yang komprehensif dan praktis. Berikut adalah beberapa topik utama yang akan dipelajari dalam pelatihan ini:

A. Numerasi di Mana-Mana

Pengantar Penguatan Numerasi dalam Kurikulum Merdeka: Peserta akan mendapatkan pemahaman tentang pentingnya numerasi dalam Kurikulum Merdeka dan bagaimana mengintegrasikannya dalam pembelajaran sehari-hari.

Pendekatan Numerasi Lintas Kurikulum: Topik ini membahas cara-cara mengintegrasikan numerasi ke dalam berbagai mata pelajaran, sehingga siswa dapat melihat keterkaitan numerasi dengan kehidupan nyata.

Numerasi di Lingkungan Sekitar: Peserta akan diajak untuk mengeksplorasi bagaimana numerasi dapat diterapkan dalam konteks lingkungan sekitar, menjadikan pembelajaran lebih relevan dan menarik.

B. Ide-Ide Praktis Penggunaan Alat Matematika

Numerasi Berbasis Alat Elektronik: Peserta akan belajar menggunakan alat-alat elektronik seperti kalkulator, aplikasi mobile, dan perangkat lunak untuk memperkuat keterampilan numerasi.

Numerasi Berbasis Alat Non Elektronik: Sesi ini akan memperkenalkan berbagai alat non-elektronik, seperti papan tulis, manipulatif matematika, dan bahan ajar tradisional, untuk mengajarkan konsep numerasi.

C. Permainan Kaya Numerasi

Permainan Berbasis Digital Kaya Numerasi: Peserta akan dikenalkan pada berbagai permainan digital yang dirancang untuk meningkatkan kemampuan numerasi dengan cara yang menyenangkan dan interaktif.

Permainan Berbasis Non Digital Kaya Numerasi: Topik ini mencakup permainan tradisional dan aktivitas berbasis keterampilan tangan yang dapat digunakan untuk mengajarkan konsep-konsep numerasi.

Kelebihan Pelatihan

Dengan durasi pelatihan yang cukup singkat namun padat selama lima hari, peserta akan mendapatkan banyak manfaat dari materi yang disampaikan. Fleksibilitas dalam memilih waktu belajar memungkinkan peserta untuk menyesuaikan pelatihan dengan jadwal pribadi mereka, menjadikannya pilihan ideal bagi para guru dan pegawai yang memiliki kesibukan lain.

Cara Mendaftar dan Bergabung dengan Grup Diskusi

Setelah mendaftar melalui Pintar Kemenag, peserta diwajibkan untuk bergabung dengan grup diskusi melalui tautan atau scan QR code yang disediakan. Grup ini akan menjadi platform untuk berdiskusi, bertukar informasi, dan mendapatkan dukungan selama proses pelatihan. Link untuk bergabung dengan grup diskusi dapat diakses melalui tautan berikut: LINK GRUP.

Persyaratan Peserta

Pelatihan ini terbuka bagi semua guru kelas awal dan kelas tinggi jenjang SD/MI, baik PNS maupun Non-PNS di lingkungan Kementerian Agama. Tidak ada batasan pangkat/golongan ruang, jenis kelamin, atau pendidikan umum, sehingga semua guru yang berminat dan memenuhi kriteria dapat ikut serta.

Penutup

Pelatihan Mandiri Bersertifikat Kementerian Agama ini merupakan kesempatan yang sangat baik bagi para guru dan pegawai untuk meningkatkan kemampuan numerasi mereka. Dengan berbagai topik yang relevan dan praktis, peserta akan mendapatkan keterampilan baru yang dapat langsung diterapkan dalam pembelajaran di kelas. Segera daftarkan diri Anda pada tanggal 15-17 Mei 2024, dan ikuti pelatihan yang akan berlangsung dari tanggal 18 hingga 22 Mei 2024. Jangan lewatkan kesempatan emas ini untuk belajar dan berkembang dalam bidang numerasi!

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar




search

New Post