Ahmad Syaihu

'Manulislah dengan hati, dan niatkan untuk ibadah, karena tulisan anda akan menjadi warisan peradaban bagi generasi yang akan datang' Guru di MTsN 4 kota Surab...

Selengkapnya
Navigasi Web
Pesona 5 Pantai Indah di Pulau Jawa, Ada Pantai Kutang sampai Parangtritis (H-1192)
Pantai Kukup di Gunungkidul Yogyakarta

Pesona 5 Pantai Indah di Pulau Jawa, Ada Pantai Kutang sampai Parangtritis (H-1192)

Indonesia adalah negara kepulauan terbesar di dunia, ada hampir delapan belas ribu pulau terbentang dari Sabang sampai Papua. Semua pulau di Indonesia disatukan oleh selat, laut dan samudera.

Oleh karenanya hampir semua pulau di Indonesia dikelilingi oleh pantai yang indah memesona. Penulis setidaknya sudah beberapa kali berwisata atau berkunjung ke pantai-pantai di Jawa, Bali dan Lombok.

Kerena tidak mungkin penulis ceritakan semuanya di sini maka penulis pilihkan pantai yang pernah penulis kunjungi dari tahun 2018-2022 dan masih tersimpan foto kenangan di pantai-pantai indah tersebut.

Foto yang penulis sertakan sebagi bukti autentik bahwa penulis pernah bermain pasir, bermain air laut dan mencar kerang di pantai baik sendirian, maupun yang bersama keluarga dan kerabat.

1. Pesona Pantai Kukup di Gunungkidul Yogyakarta

Lokasi pantai Kukuh ada di Desa Kemadang, Kecamatan Tanjungsari, Kabupaten Gunungkidul, Daerah Istimewa Yogyakarta 55881, Indonesia.

Pantai Kukup termasuk deretan pantai di pantai selatan Pulau Jawa, sehingga ombaknya besar, berpasir putih dan ada pulau di seberang laut yang dibuatkan jembatan seperti Pantai Tanah Lot di Bali.

Pasir putih di pantai Kukup banyak dimanfaatkan oleh pengunjung untuk bermain air, pasir, bermain bola dan yang paling banyak sekarang digunakan sebagi tempat foto selfi, membuat konten dan sebagainya.

Tiket masuk 10.000/orang dewasa

Sepanjang perjalanan dari tempat parkir menuju pantai yang berjarak sekitar 300 meter di kiri kanan terdapat banyak warung atau kedai makanan juga kedai untuk menjual kaos, batik dan semacamnya dengan gambar Pantai Kukup.

2. Pesona Pantai Kutang di Lamongan Jawa Timur

Pantai Kutang Lamongan-Jawa Timur (dokpri)

Pantai Kutang termasuk deretan pantai di Laut Jawa sebelah utara. Karena bukan samudera, maka rata-rata pantai di deretan Pantai Utara (Pantura) Jawa tergolong ombaknya tidak besar, jadi sangat aman dan nyaman untuk bermain ombak dan bermain pasir di pantai berpasir putih ini.

Pantai Kutang jangan dibayangkan banyak kutang(BH) atau pantai yang bentuknya seperti Kutang (BH), tapi dahulu kala banyak ditemukan sampah berupa BH atau Kutang. Itu yang saya dapatkan informasi dari penjaga tiket masuk Pantai Kutang.

Kadang nama menjadi daya tarik untuk orang ingin tahu seperti apa Pantai Kutang itu

Bila Anda ingin mengunjungi Pantai Kutang bisa menggunakan Jalur Pantura Jawa Timur. Dari Kota Tuban menuju ke arah Timur, dan akan memasuki perbatasan Tuban Lamongan, setelah bertemu Desa Sidomukti berbelok ke arah Utara ke Desa Labuhan sekitar 2 Km dari Jalan Raya Pantura di sanalah Pantai Kutang berada.

Bila dari arah Timur yaitu dari Gresik, dan Lamongan, setelah Wisata Bahari Lamongan di Paciran, terus ke arah Barat sekitar 15 Km, sampai di desa Sidomukti, lalu berbelok ke kanan atau ke Utara menuju Desa Labuhan dan Anda akan menikmati Pantai Kutang yang luar biasa.

3. Bermain Banana Boat di Pantai Utama Raya Situbondo Jawa Timur

Bermain Banana Boat di Pantai Hutama Raya (foto dokpri)

Utama Raya Beach atau Pantai Utama Raya terletak di Jalur Jalan Nasional Surabaya-Banyuwangi, tepatnya di Jalan Raya Pantura Banyuglugur, Banyuglugur, Situbondo, Jawa Timur, Indonesia, 68359.

Pantai Papuma termasuk deretan pantai utara Jawa yang berombak tidak besar, oleh karenanya pengelola menyediakan berbagai permainan air, spot foto dan lainnya.

Pantai Utama Raya menyediakan berbagai fasilitas pendukung, mulai dari hotel, hom stay, restoran, rumah makan, masjid dan mushollah, pusat oleh-oleh dan berbagai permainan air seperti banana boat, sky air, dengan tarif per orang antara Rp. 45,000-60.000,-

Untuk tiket masuk ke Pantai Utama Raya adalah Rp. 5.000,-/orang

4. Pantai Papuma Jember Jawa Timur Nan Eksotis

Pantai Papuma Jember Jawa Timur (dokpri)

Ini adalah perjalanan liburan awal tahun baru 2020 sebelum ada Pandemi Covid-19. Selama dua hari penulis bersama keluarga mengadakan wisata akhir dan awal tahun 2020.

Di hari kedua penulis mengunjungi bersama rombongan yang menggunakan kendaraan pribadi setelah bermalam di Hotel di Kota Jember , pagi harinya langsung menuju ke arah selatan kota Jember untuk mengunjungi destinasi wisata yang paling terkenal dan menjadi ikon Kabupaten Jember yaitu Pantai Papuma (Pantai Pasir Putih Malikan)

Pantai Papuma termasuk dalam deretan Pantai Selatan Jawa dengan ciri ombak dan gelombang besar karena langsung menghadap Samudera Hindia (Samudera Indonesia) yang merupakan salah satu diantara 6 samudera di dunia.

Alhamdulillah Penulis bersama keluarga menghabiskan hampir setengah hari di pantai Pasir Putih yang eksotik dan menarik ini. Para pengunjung bisa berperahu, bermain ombak dan pasir, berfoto dan menikmati kuliner yang disediakan di sepanjang 1 km panjang pantai Papuma ini.

Dengan harga tiket Rp. 20.000 /orang saat liburan dan akhir pekan, dan hanya 7.500 saat hari biasa para pengunjung tak akan menyesal untuk menikmati salah satu keindahan ciptaan Allah Swt ini.

Pantai ini merupakan pantai andalan di wilayah Jember bagian selatan, selain Pantai Papuma, Jember juga memiliki beberapa pantai seperti Pantai Watu Ulo, Pantai Paseban, Pantai Puger dan lainnya

5. Pantai Parangtritis Kediaman Nyi Roro Kidul yang Melegenda

Pantai Parangtritis (foto dokpri)

Parangtritis adalah obyek wisata pantai selatan pulau Jawa, terletak sekitar 27 km sebelah selatan kota Yogyakarta. Merupakan obyek wisata pantai terkenal di Yogyakarta, ada beberapa pantai lainnya, seperti: pantai Glagah, Samas, Baron, Kukup dan Krakal. Pantai Parangtritis mempunyai keunikan tersendiri dan tidak ditemukan di objek wisata lainnya, yaitu: ombak besar dan mini gurun sahara di bibir pantai yang disebut Gumuk Pasir.

Obyek wisata pantai Parangtritis dikelola oleh Pemerintahan Daerah Kabupaten Bantul dengan baik, mulai dari fasilitas hotel penginapan hingga toko cindera mata khas Parangtritis. Terdapat sebuah tempat pemandian air panas bernama Parang Wedang, dipercaya oleh warga setempat, bahwa airnya dapat menyembuhkan berbagai macam penyakit kulit.

Sumber air panas Parangwedang berasal dari pegunungan Seribu dan mengandung belerang. Terdapat sebuah pantai lainnya disebelah barat, yaitu Parangkusumo. Pantai Parangkusumo mempunyai tempat petilasan pertemuan antara Panembahan Senopati dengan Nyai Roro Kidul atau Ratu Pantai Selatan.

Pada waktu bulan Suro, dilakukan upacara persembahan sesajian Labuhan yang diperuntukan kepada Nyai Rara Kidul. Penduduk setempat percaya, bahwa seseorang dilarang menggunakan pakaian berwarna hijau jika berada di seputar pantai Parangtritis. Sebuah pantai selatan yang menjadi tempat favorit kunjungan wisatawan domestic untuk wisata akhir pekan, dan akan ramai dikunjungi pada malam tahun baru Jawa (1 Muharram/ 1 Suro).

Terdapat kereta kuda atau Bendi, kuda tunggang dan ATX yang dapat disewa untuk berwisata menyusuri bibir pantai dan menikmati keindahan alam pantai Parangtritis dan batu karang.Itulah 5 pantai indah nan memesona yang pernah penulis kunjungi, dan tentu masih ada ribuan pantai di seluruh nusantara, yang merupakan anugerah dari Allah SWT, untuk manusia sebagai kholifah di bumi, maka kita wajib melestarikan dan mensyukuri dengan bertindak yang baik saat berada di destinasi wisata pantai merupakan kekayaan Alam Indonesia.

Istanaku, 27 April 2023

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Luar biasa deskripsinya pak Haji

28 Apr
Balas

Masya Allah...ulasanya yang keren

28 Apr
Balas

Pecinta pantai ya Pak guru?

27 Apr
Balas

Alhamdulillah Pak

27 Apr

Alhamdulillah Pak

27 Apr

Alhamdulillah Pak

27 Apr

Alhamdulillah Pak

27 Apr

Sangat bermanfaat informasinya

27 Apr
Balas

Alhamdulillah

27 Apr

Semoga jadi amal ibadah...dan bisa menularkan cara menulis yang baik bagi saya pendatang baru ini...

28 Apr
Balas



search

New Post