Ahmad Syaihu

'Manulislah dengan hati, dan niatkan untuk ibadah, karena tulisan anda akan menjadi warisan peradaban bagi generasi yang akan datang' Guru di MTsN 4 kota Surab...

Selengkapnya
Navigasi Web
Presiden Jokowi Hentikan Liga 1(H-275(993))
Kerusuhan suporter di Stadion Kanjuruhan Malang

Presiden Jokowi Hentikan Liga 1(H-275(993))

Kerusuhan sepak bola terjadi lagi di Indonesia, ketika Arema FC selaku tuan rumah kalah 2-3 dari Persebaya Surabaya.

Setelah pertandingan usai suporter bikin ulah dengan melakukan turun ke stadion untuk menyerang pemain dan ofisial kedua kesebelasan.

Polisi lalu turun tangan dengan menyemprotkan gas air mata yang menimbulkan keributan di pihak suporter dan berusaha lari ke segala penjuru dan berusaha keluar stadion sehingga mereka saling berebut pintu keluar saling terinjak dan timbullah banyak korban jiwa yang sampai saat ini tercatat 129 orang meninggal.

Kerusuhan suporter di Stadion Kanjuruhan Malang, setelah Arema FC kalah dari Persebaya Surabaya 2-3 yang memakan korban meninggal 129 suporter Arema menjadi berita viral di dalam dan luar negeri.

Bayangkan 129 nyawa melayang sia-sia sementara puluhan korban lain sedang dalam penanganan di beberapa rumah sakit di Kota dan Kabupaten Malang.

Orang nomor satu di Indonesia Presiden Joko Widodo juga memberikan perhatian serius terhadap tragedi kerusuhan Suporter di Stadion Kanjuruhan Malang, Jokowi menyampaikan duka yang mendalam khususnya kepada keluarga yang anggota keluarganya meninggal

Selanjutnya Presiden Joko Widodo memerintahkan Persatuan Sepakbola Seluruh Indonesia (PSSI) untuk menghentikan sementara Liga 1 sampai evaluasi menyeluruh dilakukan.

"Saya juga memerintahkan PSSI untuk menghentikan sementara Liga 1 sampai evaluasi dan perbaikan prosedur pengamanan dilakukan," kata Presiden Jokowi dalam keterangan pers yang ditayangkan dalam YouTube Sekretariat Presiden, Minggu (2/10/2022).

Lantas ada apa dengan kerusuhan yang menimbulkan korban dengan jumlah yang cukup besar ini?

Ada beberapa hal yang mungkin menjadikan kerusuhan ini banyak korban

1. Penggunaan gas air mata oleh aparat keamanan untuk menghalau penonton yang anarkis di stadion dianggap salah karena penonton akhirnya liar dan berusaha keluar lewat pintu stadion yang berujung pada saling dorong, injak dan jadilah banyak korban jiwa berjatuhan.

2. Kurang siapnya petugas stadion dalam membuka pintu stadion sehingga terjadi penumpukan orang dan akhirnya saling dorong, saling injak dan menimbulkan banyak orang yang terjebak dan akhirnya meninggal dunia.

3. Petugas medis yang disiapkan oleh panitia sangat kurang di sekitar stadion sehingga korban banyak yang meninggal saat perjalanan ke rumah sakit.

4. Panpel diduga menjual tiket melebihi kapasitas stadion sehingga stadion penuh sesak.

Istanaku, 2-10-2022

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Semoga ini pembelajaran yang berharga, Pak haji. Kereeen ulasannya. Salam literasi!

02 Oct
Balas

Semoga kejadian ini menjadi sejarah yang tak akan terulang lagi Pak Haji

03 Oct
Balas

Duka bersama ya Pak

02 Oct
Balas

Duka bersama ya Pak

02 Oct
Balas

Sedih rs nya dengar yg spt ini. Smga terakhir kali ya p Haji gr

02 Oct
Balas



search

New Post