Ahmad Syaihu

'Manulislah dengan hati, dan niatkan untuk ibadah, karena tulisan anda akan menjadi warisan peradaban bagi generasi yang akan datang' Guru di MTsN 4 kota Surab...

Selengkapnya
Navigasi Web
Profil Pelajar Pancasila sebagai Benteng Kesaktian Pancasila(H-274(992))
Petugas pengibar bendera merah putih seusai melaksanakan tugas

Profil Pelajar Pancasila sebagai Benteng Kesaktian Pancasila(H-274(992))

Hari ini, 1 Oktober 2022 kita Memperingati Hari Kesaktian Pancasila, sebagai sebuah peristiwa sejarah yang harus tetap kita ingat dan waspadai bahwa masih ada kelompok yang ingin mengganti Pancasila dengan ideologi lain.

Di MTsN 4 Kota Surabaya pagi ini, seluruh guru, tenaga pendidik dan siswa bersama mengikuti acara Peringatan Hari Kesaktian Pancasila di lapangan madrasah, dengan Pembina Upacara Kepala MTsN 4 Kota Surabaya.

Kepala Madrasah bertindak selaku Pembina Upacara.

Dalam sambutannya Choirur Roziqin selaku Pembina Upacara menyampaikan bahwa Pelajar yang akan menjaga dan mengamankan Pancasila sebagai dasar negara dan ideologi bangsa adalah pelajar yang sudah diproses dan dibentuk menjadi Profil Pelajar Pancasila.

Apa itu Profil Pelajar Pancasila?

Profil Pelajar Pancasila sesuai yang tertuang dalam Permendikbud Nomor 22 Tahun 2020 dikatakan bahwa Pelajar Pancasila adalah perwujudan pelajar Indonesia sebagai pelajar sepanjang hayat yang memiliki kompetensi global dan berperilaku sesuai dengan nilai-nilai Pancasila, yang memiliki enam ciri yaitu :

1. Beriman dan bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, dan berakhlak mulia. Pembiasaan salat duha berjamaah dan mengaji Al quran sebelum memulai pembelajaran bagi siswa MTsN 4 Kota Surabaya, merupakan nutrisi hati agar terbentuk karakter beragama yang baik, dilanjutkan jamaah salat duhur dan salat asar sebelum kembali ke rumah.

2. Berkebinekaan Global, perubahan zaman adalah suatu keniscayaan yang harus kita terima dengan menyiapkan diri menghadapi perubahan itu dengan melakukan seleksi terhadap arus informasi dan budaya yang berasal dari luar yang tidak sesuai dengan kepribadian bangsa, membiasakan peserta didik untuk selalu bijak dalam menggunakan internet adalah salah satu upaya menangkal kemajuan teknologi khususnya dalam penyebaran budaya dan paham-paham yang tidak sesuai dengan norma bangsa Indonesia.

3. Gotong Royong, salah satu nilai luhur bangsa Indonesia adalah semangat kegotong royongan yang harus kita kenalkan dan biasakan semangat ini untuk membangun kebersamaan dalam hidup bermasyarakat di lingkungan sekolah atau madrasah. Dengan kegotong royongan maka akan menghilangkan adanya superioritas dari satu kelompok kepada kelompok lainnya di lingkungan pendidikan.

4. Mandiri, menanamkan kemandirian sejak dini merupakan salah satu upaya menjadikan siswa menjadi kuat dan tidak tergantung pada orang lain, memberikan ruang kreasi dan pengembangan potensi diri peserta didik agar bisa menjadi generasi yang tangguh dan siap untuk bersaing di persaingan global.

5. Bernalar kritis, merupakan salah satu kemerdekaan siswa menyampaikan ide dan gagasannya sesuai dengan jalur yang benar, sebagai pendidik kita harus bisa mengarahkan ide, dan nalar peserta didik dalam bidang-bidang penelitian remaja, atau membentuk klub science untuk menampung aspirasi mereka yang biasanya jumlahnya tak terbatas.

6. Kreatif, kemerdekaan siswa sebenarnya adalah kreativitasnya yang sedang dalam puncaknya di masa remaja, berilah ruang pada mereka melalui kegiatan intra dan ekstrakurikuler yang bisa mewadahi kreativitas mereka dalam berbagai bidang seni, olah raga, penelitian, keagamaan, kuliner, dan kewirausahaan agar mereka siap menjadi dirinya sendiri dengan segala potensinya.

Dengan menjadi Pelajar Pancasila kalian para siswa akan mengawal dan mempertahankan Pancasila sebagai dasar negara dan ideologi bangsa Indonesia.

Selamat memperingati Hari Kesaktian Pancasila semoga Pancasila tetap jaya.

Istanaku, 1 Oktober 2022

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Mantap...sukses selalu Pak Haji

02 Oct
Balas

Luar biasa, sukses selalu Pak Syaihu.

02 Oct
Balas

Mantap ulasannya, Pak Haji. Selamat Hari Kesaktian Pancasia. Salam sukses selalu.

02 Oct
Balas

terimakasih atas informasinya

01 Oct
Balas



search

New Post